Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
TUGAS SOFTSKILL
DATABASE FIREBIRD
Disusun Oleh :
• ADITYA HAFIZH ( 50410195 )
• MUHAMAD ROBY SAPUTRA ( 54410610 )
• RAKHMI...
Firebird
1. Pengenalan Firebird
Firebird adalah Perangkat Lunak Manajemen Database, seperti halnya DB2 oleh
IBM, Oracle, S...
• Firebird support stored procedure dan triggers dengan bahasa yang standard
sehingga tidak akan membingungkan bagi anda y...
4. Penggunaan Firebird
Banyak sekali yang menggunakan Firebird, salah satunya adalah gratis dan berkelas
enterprise. Selai...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Firebird

812 views

Published on

Tugas Softskill
Database Firebird

Published in: Education
  • Be the first to comment

Firebird

  1. 1. TUGAS SOFTSKILL DATABASE FIREBIRD Disusun Oleh : • ADITYA HAFIZH ( 50410195 ) • MUHAMAD ROBY SAPUTRA ( 54410610 ) • RAKHMI KHALIDA ( 55410602 ) • YONATHAN ELEAZAR ( 58410682 ) UNIVERSITAS GUNADARMA 2014
  2. 2. Firebird 1. Pengenalan Firebird Firebird adalah Perangkat Lunak Manajemen Database, seperti halnya DB2 oleh IBM, Oracle, SQL Server oleh Microsoft dan PostGresql. Perangkat Lunak Database mempunyai dua utama komponen, yaitu Server Database yang berjalan dikomputer yang sama sebagai Database dan aplikasi sebagai alat penghubung yang dikenal sebagai Client Library. Server Firebird berukuran sangat kecil “footprint” pada file system ketika diinstal pada server. Pada bagian ini memakan ruang kurang dari 1.5 Mb, sedangkan instalasi full server mencakup semua tool dan dokumentasi memakan ruang kurang dari 10 Mb. Firebird merupakan salah satu database open source yang tangguh dan dapat bekerja secara Client/Server serta dapat dijalankan pada sistem operasi yang berbeda. Firebird dapat berjalan pada sistem operasi Windows, Linux, FreeBSD, dan Mac OS. Firebird versi 1.5x mempunyai kapasitas mencapai 11 Terabytes, sedangkan pada satu table bisa menampung kira-kira 2.000.000.000 baris per table dan maksimum data yang di tampung 30 Gigabytes per table. 2. Perkembangan Firebird Firebird merupakan sistem manajemen basisdata relasional yang menawarkan fitur- fitur yang terdapat dalam standar ANSI SQL-99 SQL-2003. RDBMS ini berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix. Firebird ini diarahkan dan di- maintain oleh FirebirdSQL Foundation. Namun dalam perkembangannya, Firebird adalah interbase yang dikembangkan oleh komunitas Open Source, sehingga menjadikannya sebagai produk Database Server yang FREE. Jika dikaitkan dengan support tentunya jelas beda karena produk komersial dan free. Dalam konsep teknik programmingnya, ada banyak yang sama namun pengayaan Firebird lebih banyak dan menjadikannya lebih luwes, terutama dalam koneksi client-server (port) dan integritasnya. Modul-modul kode baru ditambahkan pada Firebird dan berlisensi di bawah Initial Developers Public License (IDPL), sementara modul-modul aslinya dirilis oleh Insprise berlisensi di bawah Interbase Public License 1.0. Kedua lisensi tersebut merupakan versi modifikasi dari Mozilla Public License 1.1. 3. Kemampuan dan Kelebihan Firebird Berikut ini kemampuan dari open source DBMS ini antara lain : • Firebird support dengan transaksi layaknya pada database komersial lainnya. Sebuah transaksi bisa di-commit atau di-rollback dengan mudah. Bahkan Firebird support dengan savepoint pada suatu transaksi dan kita bisa melakukan rollback kembali ke savepoint yang kita tentukan tadi (Sama seperti fasilitas Oracle). • Firebird menggunakan sintaks standard untuk menciptakan suatu foreign key. • Firebird support row level locks, secara default Firebird menggunakan apa yang disebut dengan multi-version concurrecy system, Ini artinya bahwa semua session pada database akan melihat data yang lama sampai data yang baru sudah di-commit ke dalam database.
  3. 3. • Firebird support stored procedure dan triggers dengan bahasa yang standard sehingga tidak akan membingungkan bagi anda yang ingin belajar. Triggers pada Firebird mirip seperti yang dijumpai dalam Oracle yaitu menggunakan before atau after insert, update atau delete. • Firebird bisa melakukan replikasi solusi untuk replikasi kebanyakan dibuat oleh pihak ketiga, tetapi sebenarnya teknik replikasi ini seperti konsep trigger yang selalu memonitor adanya operasi insert, update atau delete ke dalam database. • Firebird support dengan multiple data file, Firebird bisa menggunakan lebih dari satu file sebagai single logic database. Ini sangat berguna bagi para DBA untuk mengadministrasi database. • Software untuk mengadministrasi mudah didapat karena banyak sekali software unutk mengadministrasi database Firebird, misalnya saja EMS IB Manager, IBConsole, isql, FBManager, Marathon dan banyak lagi yang lainnya. Aplikasi tersebut ada yang komersial atau bahkan ada yang open source. • Library Connection untuk firebird yang sudah tersedia ada banyak yaitu ODBC, JDBC bahkan .NET database provider. Bahkan dari PHP juga sudah disediakan library untuk koneksi ke database Firebird ini. • Banyaknya fasilitas support dan maintenance karena banyaknya komunitas Firebird. Di Indonesia sendiri komunitas yang sering menggunakan Firebird biasanya adalah Delphi.
  4. 4. 4. Penggunaan Firebird Banyak sekali yang menggunakan Firebird, salah satunya adalah gratis dan berkelas enterprise. Selain itu Firebird juga digunakan para pelaku bisnis, mereka ingin solusi sistem informasi berskala besar (enterprise), namun mereka juga ingin menghindari harga yang sangat mahal dan biaya maintenance yang sangat mahal. Produk ini mampu bersaing dengan produk-produk berkelas seperti Ms-SQP Server atau Oracle sekalipun, dalam segala hal fitur, kecepatan, performa, apapun anda menamakannya. Jika benar Firebird memang hebat, berkelas, dan gratis, mengapa Firebird kurang populer saat ini ? Jawabannya sederhana yaitu Firebird mempunyai developer yang tangguh, support yang tangguh, tetapi Firebird tidak mempunyai marketing yang tangguh. Berikut ini perusahaan besar yang menggunakan Firebird : • Broadview Software Ltd, Toronto, Canada, vendor of information and control system and online service for broadcasters worldwide. • Morfik P/L, Hobart, Tas., developers and vendors of WebOS development suite for construction and maintenance of interactive website, stores web objects in a Firebird meta-layer (system database) as well as Firebird user data. • Communicare System Pty Ltd, Perth, WA, vendor of patient management and medical records software for hospitals, clinics, medical practices and mobile health units across Australia. • The Examiner newspaper, Launceston, Tas., high availability (24/7) business, information, production and news system. • U.S. Navy, broad range of management and logistical system.

×