13. sistem terdistribusi (dha13)

604 views

Published on

Published in: Technology, Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
604
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
16
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

13. sistem terdistribusi (dha13)

  1. 1. SISTEM TERDISTRIBUSI St. Mawaddatanwwarahmah Pert 13
  2. 2. MANAJEMEN CLIENT SERVER
  3. 3. PENGANTAR Kinerja Sister sangat tergantung padainfrastruktur dasarnya, yaitu jaringan Client Server.Oleh karena itu, proses manajemen Client Server sangatpenting untuk diperhatikan.
  4. 4. Manajemen client server meliputi proses- prosespengaturan dan pem,eliharaan keakuratan data. Manajemenclient server dapat dilakukan dengan menggunakan sistemkonkurensi berupa Multitasking, Multithereading, dansinkronisasi.
  5. 5. SISTEM KONKURENSI Sistem konkurensi adalah suatu sistem yangsejumlah aktivitasnya dapat berjalan bersamaan, yangmemiliki arti bahwa suatu proses dapat aktif berjalantanpa harus menunggu proses lainnya selesai seluruhnya.
  6. 6. Pada sistem yang tidak konkurens, suatu prosesakan dijalankan hanya jika proses yang mendahului telahselesai dikerjakan. Implementasi sistem konkurensi padasingle prosessor dengan menggunakan prinsip interleaveproses, sedangkan proses pada sistem multiprosessor,proses-proses yang aktif di interleave dan di overlap.
  7. 7. MULTITASKING Sistem multitasking adalah sistem yang mampumenjalankan banyak banyak proses atau task, yangdilakukan oleh satu komputer secara simultan dan tanpamengganggu satu dengan yang lain. Sistem ini umumnyaberkaitan dengan sistem operasi.
  8. 8. KONSEP DASAR DAN DEFINISI PROSES Secara informal, suatu proses adalah suatu programyang dieksekusi. Suatu proses bukan hanya sekedar kodeprogram, melainkan menggambarkan aktivitas yang sedangterjadi. Suatu proses pada umumnya terdiri atas prosesstack yang beriikan data temporer (seperti metode,alamat register, dan variabel lokal) dan sebuah datasection yang berisikan variabel global.
  9. 9. KEADAAN PROSES Apabilah sebuah proses bekerja maka proses akanmengubah sebuah state (keadaan). Kondisi sebuah prosesdidefinisikan sebagai bagian oleh aktivitas yang ada dariproses tersebut.
  10. 10. Tiap proses memiliki salah satu kondisi dari stateberikut:a. Newb. Runningc. Waitingd. Readye. terminated
  11. 11. PROSES CONTROL BLOCK (PCB) Setiap proses yang ada dalam sistem operasidigambarkan oleh sebuah proses control Block (PCB)atau sering juga disebut control block.
  12. 12. ISI PCB Pointer Keadaan proses Program Counter CPU register Batas memori Informasi pencatatan Informasi status I/O
  13. 13. TREADS Model proses yang didiskusikan sampai saat inimenunjukkan suatu proses program yang menjalankaneksekusi thread tunggal. Sebagai contoh, sebuah prosesyang menjalankan program word processor di dalamnyaterdapat sebuah thread tunggal dari instruksi- instruksiyang sedang dilaksanakan.
  14. 14. Thread tunggal ini hanya memungkinkan prosesuntuk menjalankan satu tugas pada satu waktu. Dalamperkembangannya, sistem operasi modern telahdikembangkan agar bisa menjalankan banyak prosessecara bersamaan atau dapat disebut multithreads.
  15. 15. KEUNTUNGAN THREAD Tanggap, multithreading mengizinkan program untuk berjalan terus walaupun bagian program tersebut di block atau sedang mengerjakan operasi yang lama/panjang.
  16. 16.  Pembagian sumber daya, secara default, thread akan membagi sumber daya proses. Keuntungan pembagian sumber daya ini adalah aplikasi memiliki aktivitas thread dengan alokasi memori yang sama.
  17. 17.  Pemberdayaan arsitektur multiprosessor, keuntungan multithreading dapat ditingkatkan dengan arsitektur multiprosessor, dimana tiap thread yang di bentuk dapat berjalan secara paralel pada prosessor yang berbeda.
  18. 18. SINKRONISASI Sinkronisasi adalah mekanisme koordinasi proses-proses konkuren yang saling memengaruhi satu sama lainagar pemakaian resource secara bersama dapat terjaminvaliditasnya.
  19. 19. . Ada 2 hal yang melatarbelakangi penggunaan sinkronisasi: Pengaksesan yang dilakukan secara bersama- sama ke data yang sama sehingga data menjadi tidak konsisten. Race condition, yaitu situasi di mana beberapa proses mengakses dan memanipulasi data secara bersamaan. Nilai akhir data tergantung dari proses mana yang selesai terakhir.
  20. 20. ADA PERTANYAAN???

×