Your SlideShare is downloading. ×
01 algoritma
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

01 algoritma

156
views

Published on


0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
156
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 1 1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 Pendahuluan Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah. Dalam menyelesaian masalah dengan komputer perlu merumuskan langkah- langkah penyelesaian masalah dalam sekumpulan instruksi. Sekumpulan instruksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut dengan program. 3 Bagaimana mencari solusi untuk masalah ? program Compile MASALAH Algoritma Bahasa Program C/C++/Java/VB/ dll Executable Code Langkah – Langkah Pemecahan SOLUSI Run convert 4 Pendefinisia n Masalah Pembuatan Model Perancangan Algoritma Pembuatan Program Compile Progra m Run Pendokumentasian Program Syntax Error Runtime / Output Error True True Program Development Cycle False False
  • 2. 2 5 6 7 8
  • 3. 3 9 10 11 Bahasa Pemrograman Program harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yaitu dalam Bahasa pemrograman, dibedakan menjadi : –Bahasa tingkat rendah (low level language) : bahasa yang berorientasi ke mesin. Contoh : Assembly Language – Bahasa tingkat tinggi (high level language) : bahasa yang berorientasi ke manusia (seperti bahasa inggris) Contoh : bahasa Pascal, bahasa C, Visual Basic, dll. 12 Bahasa Pemrograman Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diubah ke dalam bahasa mesin (binary code, byte code/executable code) dengan menggunakan penterjemah (interpreter) atau pengkompail (compiler). Compiler dan Interpreter : – Interpreter : mengubah ke binary code dengan menterjemahkan baris per baris instruksi. Contoh bahasa PHP, Java. – Compiler : mengubah ke binary code seluruh instruksi sekaligus. Contoh bahasa Pascal, C, Ada ,C++, dll.
  • 4. 4 13 Algoritma Definisi Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Contoh : Masalah Algoritma TUKAR ISI BEJANA Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah. DESKRIPSI : – Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B – Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A 14 Algoritma Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah percampuran kedua larutan tersebut. Untuk mempertukarkan isi duah bejana, diperlukan sebuah bejana tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut : 15 Algoritma Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah. DESKRIPSI : 1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C. 2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A. 3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B. 16 Syarat Algoritma menurut Donald E Knuth Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah proses. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas). Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan. Algoritma memiliki satu atau lebih keluaran. Algoritma harus efektif (setiap langkah harus dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).
  • 5. 5 17 Editor IDE Dev-C++ Borland C Turbo C Text Editor Notepad WordPad 18 Pembuatan Program /* Program Tukar nilai dibuat oleh : David Solichin Tgl : 17 Agustus 1945 tujuan : untuk menukar 2 buah nilai */ #include <stdio.h> #include <stdlib.h> int main() { int A,B,C; // siapkan penampung baru, yaitu C // input Nilai dan simpan ke Variable A printf("Masukkan Nilai A : "); scanf("%d",&A); // input Nilai dan simpan ke Variable B printf("Masukkan Nilai B : "); scanf("%d",&B); C = A; // isikan nilai A ke C A = B; // isikan nilai B ke A B = C; // isikan nilai C ke B printf("Setelah ditukar A = %d, B = %dn",A,B); system("PAUSE"); return 0; } 19 Compile Untuk mencompile, sebagai contoh menggunakan Dev-C++, tekan tombol Ctrl-F9 20 Run Tekan tombol Ctrl-F10, atau langsung tekan F9 untuk Compile dan Run (menjalankan program yang telah di compile)
  • 6. 6 21 Dokumentasi Berikan Dokumentasi, sehingga program mudah di pelihara dan dimengerti 22 CONTINUE..