01 01-algoritma

245 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
245
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
16
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

01 01-algoritma

  1. 1. ALGORITMA & PEMROGRAMAN
  2. 2. Pendahuluan  Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah.  Dalam menyelesaian masalah menggunakan komputer, perlu dirumuskan langkah- langkah penyelesaian masalah berupa sekumpulan instruksi.  Sekumpulan instruksi yang dimengerti oleh komputer yang disebut dengan program.
  3. 3. Bahasa Pemrograman  Program harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yaitu dalam Bahasa pemrogram dibedakan menjadi : –Bahasa tingkat rendah (low level language) :  bahasa yang berorientasi ke mesin.  Contoh : Assembly Language – Bahasa tingkat tinggi (high level language) :  bahasa yang berorientasi ke manusia (seperti bahasa inggris)  Contoh : bahasa Pascal, bahasa C, Visual Basic, dll.
  4. 4. Bahasa Pemrograman  Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman akan diubah ke dalam bahasa mesin (binary code, byte code/executable code) dengan menggunakan penterjemah (interpreter) atau pengkompail (compiler).  Compiler dan Interpreter : – Interpreter : mengubah ke binary code dengan menterjemahkan baris per baris instruksi. Contoh bahasa PHP, Java. – Compiler : mengubah ke binary code seluruh instruksi sekaligus. Contoh bahasa Pascal, C, Ada ,C++, dll.
  5. 5. Bagaimana mencari solusi untuk masalah ? program Compile/ interpret MASALAH Algoritma Bahasa Program C/C++/Java/VB/ dll Executable Code Langkah – Langkah Pemecahan SOLUSI Run convert
  6. 6. Pendefinisia n Masalah Pembuatan Model Perancangan Algoritma Pembuatan Program Compile Progra m Run Pendokumentasian Program Syntax Error Runtime / Output Error True True Program Development Cycle False False
  7. 7. Syarat Algoritma menurut Donald E Knuth  Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah proses.  Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas).  Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan.  Algoritma memiliki satu atau lebih keluaran.  Algoritma harus efektif (setiap langkah harus dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).
  8. 8. Algoritma  Definisi Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Contoh : Masalah Algoritma TUKAR ISI BEJANA  Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah. DESKRIPSI :  – Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana B  – Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A
  9. 9. Algoritma  Algoritma TUKAR ISI BEJANA di atas tidak menghasilkan pertukaran yang benar. Langkah di atas tidak logis, hasil pertukaran yang terjadi adalah percampuran kedua larutan tersebut.  Untuk mempertukarkan isi duah bejana, diperlukan sebuah bejana tambahan sebagai tempat penampungan sementara, misalnya bejana C. Maka algoritma untuk menghasilkan pertukaran yang benar adalah sebagai berikut :
  10. 10. Algoritma  Diberikan dua buah bejana A dan B, bejana A berisi larutan berwarna merah, bejana B berisi larutan berwarna biru. Pertukarkan isi kedua bejana itu sedemikian sehingga bejana A berisi larutan berwarna biru dan bejana B berisi larutan berwarna merah.  DESKRIPSI : 1. Tuangkan larutan dari bejana A ke dalam bejana C. 2. Tuangkan larutan dari bejana B ke dalam bejana A. 3. Tuangkan larutan dari bejana C ke dalam bejana B.
  11. 11. Editor  IDE  Dev-C++  Borland C  Turbo C  Text Editor  Notepad  WordPad
  12. 12. Pembuatan Program /* Program Tukar nilai dibuat oleh : David Solichin Tgl : 17 Agustus 1945 tujuan : untuk menukar 2 buah nilai */ #include <stdio.h> #include <stdlib.h> int main() { int A,B,C; // siapkan penampung baru, yaitu C // input Nilai dan simpan ke Variable A printf("Masukkan Nilai A : "); scanf("%d",&A); // input Nilai dan simpan ke Variable B printf("Masukkan Nilai B : "); scanf("%d",&B); C = A; // isikan nilai A ke C A = B; // isikan nilai B ke A B = C; // isikan nilai C ke B printf("Setelah ditukar A = %d, B = %dn",A,B); system("PAUSE"); return 0; }
  13. 13. Compile  Untuk mencompile, sebagai contoh menggunakan Dev-C++, tekan tombol Ctrl-F9
  14. 14. Run  Tekan tombol Ctrl-F10, atau langsung tekan F9 untuk Compile dan Run (menjalankan program yang telah di compile)
  15. 15. Dokumentasi  Berikan Dokumentasi, sehingga program mudah di pelihara dan dimengerti
  16. 16. CONTINUE..

×