Latihan soal & tugas mandiri modul 9
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Latihan soal & tugas mandiri modul 9

on

  • 728 views

 

Statistics

Views

Total Views
728
Views on SlideShare
698
Embed Views
30

Actions

Likes
0
Downloads
12
Comments
0

1 Embed 30

http://leonasyafridha.blogspot.com 30

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Latihan soal & tugas mandiri modul 9 Document Transcript

  • 1. Oleh: TITO ANA SAFRIDANIM: 41812120038Latihan Soal1. Jelaskan Manfaat dan tujuan di buatnya jaringan komputerTujuan Membangun Jaringan KomputerTujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepatdan tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima(receiver) melalui media komunikasi.Manfaat Jaringan KomputerSecara umum, jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat yang lebihdibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah mengakuibahwa akses ke teknologi modern selalu memiliku keunggulan kompetitifdibandingan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi.Adapun manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer adalaha. Sharing resourceSharing resource bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnyadapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpaterpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.Jadi dengan sharing resource dapat menekan biaya pembelian peripheral atausoftware karena adanya peningkatan sumber daya tersebut.b. Media komunikasiJaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untukteleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.Dengan menggunakan jaringan komputer, dua orang atau lebih yang jaraknya sangatjauh akan lebih mudah bekerja sama.c. Integrasi dataPembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputerpusat. Setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkandapat didistribusikan ke tempat lainnya. Sehingga memudahkan pemakai untukmemperoleh dan mengolah informasi setiap saat.d. Pengembangan dan pemeliharaanDengan adanya jaringan komputer, maka pengembangan peralatan dapat dilakukandengan mudah dan menghemat biaya, misalnya untuk meningkatkan kualitaspencetakan dari dot matrix printer ke laser printer, maka tidak perlu membeli laser
  • 2. printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer tersebutdapat digunakan secara bersama-sama.e. Keamanan dataSistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. Jaminankeamanan data tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai danpassword, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatperlindungan yang efektif.f. Sumber daya lebih efisien dan informasi terbaruDengan adanya pemakaian sumber daya bersama-sama, maka pemakai bisamendapatkan hasil dengan maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atauinformasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapatsegera langsung diketahui oleh setiap pemakai2. Jelaskan perbedaan LAN, MAN dan WANWAN (Wide Area Network)WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnyamencakup sebuah Negara dan benua. Pada WAN, komponen yang dipakai dalamberkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen yaitu kabel transmisi dan elemenswitching. Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari satu komputerke komputer lainnya, sedangkan elemen switching adalah sebuah komputer khususyang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. Saat datayang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabelpengirim untuk meneruskan pesan-pesan tersebut.MAN (Metropolitan Area Network)MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakaiteknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangunjaringan komputer antarkantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaanyang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan MAN mampumenunjang data dan suara, bahkan bisa disambungakn dengan jaringan televisi kabel.Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10 – 50 km. Di dalam jaringan MAN hanyamemiliki satu atau dua kabel yang fungsinya untuk mengatur paket melalui kabeloutput.LAN (Local Area Network)LAN adalah suatu jaringan komputer dimana peralatan-peralatan hardware dansoftware digabungkan untuk dapat saling berkomunikasi dalam daerah kerja yang dekat (dalam satu lokasi), menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatanyang tinggi.
  • 3. Lingkup suatu LAN hanya meliputi suatu lokasi seperti gedung, pabrik atau kampusdan dimiliki oleh badan itu sendiri3. Apa yang dimaksud dengan ProtokolProtokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalamsebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lainyang harus dipenuhi oleh sisi penerima dan si pengirim agar komunikasi dapatberlangsung dengan benar.4. Sebutkan dan jelaskan komponen fisik pada LANPersonal Komputer (PC)Tipe personal komputer yang digunakan di dalam jaringan akan sangat menentukanunjuk kerja dari jaringan tersebut. Komputer dengan unjuk kerja tinggi akan mampumengirim dan mengakses data dalam jaringan dengan cepat.Di dalam jaringan tipe Client-Server, komputer yang difungsikan sebagai servermutlak harus memiliki unjuk kerja yang lebih tinggi dibandingkan komputer-komputer lain sebagai workstation-nya, karena server akan bertugas menyediakanfasilitas dan mengelola operasional jaringan tersebut.Network Interface Card (NIC)Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe network interface card (nic) atau networkcard, yaitu ISA dan PCI.Saat ini terdapat jenis network card yang banyak digunakan,yaitu PCI.TopologiTopologi adalah pola hubungan antara terminal dalam jaringan komputer. Pola iniberhubungan erat dengan metode akses dan media pengiriman yang digunakan.5. Sebutkan dan jelaskan software pada LANSistem Operasi JaringanUntuk mengelola suatu jaringan diperlukan adanya sistem operasi jaringan. Sistemoperasi jaringan dibedakan menjadi dua berdasarkan tipe jaringannnya, yaitu sistemoperasi client-server dan sistem operasi jaringan peer to peer.
  • 4. Protokol Jaringan KomputerProtokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalamsebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lainyang harus dipenuhi oleh sisi penerima dan si pengirim agar komunikasi dapatberlangsung dengan benar.Network Adapter CardSetiap network card akan memiliki driver atau program yang berfungsi untukmengaktifkan dan mengkonfigurasi network adapter tersebut disesuaikan denganlingkungan dimana network card tersebut dipasang agar dapat digunakan untukmelakukan komunikasi data.Tugas MandiriCarilah 5 macam aplikasi pada jaringan komputer dan jelaskan kelima aplikasi tersebut. MikroTik RouterOS™MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakanuntuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fituryang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan providerhotspot. Ebookadalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuahbentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa filedengan format bermacam-macam PuttyPutty adalah software remote console/ terminal yang digunakan untuk meremote kompdengan terhubungnya menggunakan port ssh atau sebagainya. ProxyMe 2010protects your privacy and your identity by preventing cyber criminals from detecting yourpersonal information and tracking your online activities.You can unblock popular sites such asOrkut, Gmail, Yahoo, MySpace, Bebo, Facebook, YouTube, Friendster and many other sites.One more, no installation required. Remote Administrator Control ClientWith Remote Administrator Control you can work without any limits on a remote computerwith operation system Windows, as if working on your local computer. You can connectthrough Internet/Intranet network with the TCP/IP protocol.