Jaringan komputer

674 views

Published on

Published in: Technology, Business
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
674
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
104
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Jaringan komputer

  1. 1.  Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang terdiri dari komputer-komputer dan perangkat-perangkat jaringan lainnya yang terhubung satu samalain, bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Perangkat jaringan sangatpenting untuk berlangsungnya hubungan atau komunikasi antar komputer. Informasi berpindah dari komputer ke komputer lainnya dengan menggunakanjaringan daripada melalui perantara manusia. Sehingga membuat pertukaraninformasi menjadi lebih mudah dan cepat. Kebanyakan jaringan dasar memiliki dua buah komputer yang berkomunikasisatu sama lain dengan medium kabel ataupun medium lainnya. Ketikakomputer Anda terhubung ke komputer lain, Anda dapat memindahkaninformasi dengan cepat dan efisien.
  2. 2.  Ada beberapa hal yang masih dirasa menjadi kendala, yaitu : 1. Masih mahalnya fasilitas komunikasi yang tersedia dan bagaimanamemanfaatkan jaringan komunikasi yang ada secara efektif dan efisien. 2. Jalur transmisi yang digunakan tidak benar – benar bebas dari masalahgangguan (noise).
  3. 3.  Sharing resourcesDapat digunakan secara bersama-sama seperti program, peralatan sehinggadapat dimanfaatkan setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa harusterpengaruh oleh lokasi. Media komunikasiDapat memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna jaringan, baik ituuntuk teleconference, instant messaging, chatting, mengirim surat elektronik (e-mail) maupun mengirim informasi penting lainnya. Integrasi dataDapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, setiap proses data tidakharus dilakukan pada satu komputer saja melainkan dapat didistribusikan ketempat lainnya atau dengan kata lain dapat dikerjakan oleh komputer-komputerlain yang ada dalamjaringan.
  4. 4.  Keamanan dataSistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap datamelalui pengaturan hak akses pengguna dan password, serta teknikperlindungan yang lainnya. Web BrowsingUntuk mengakses informasi yang ada pada jaringan, contohnya web browsing.Hampir setiap orang yang membaca tulisan ini mungkin pernah menggunakanbrowser web (seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape, Opera danyang lainnya). Browser web memungkinkan kita untuk melihat informasi yangada di dalam sebuah web server di suatu tempat di dalam Internet. Pengembangan dan pemeliharaan menjadi mudah dan menghemat biaya.Misalnya pada suatu perusahaan dapat menghemat peralatan yang harusdigunakan.
  5. 5.  Local Area Network (LAN)LAN menggambarkan suatu jaringan yang menjangkau area yangterbatas, misalnya satu kantor satu gedung, di mana komputer yangmempunyai jaringan fisik berdekatan atau dengan lainnya. Biasanyaantarnode tidak jauh dari sekitar 200 m. Metropolitan Area Network (MAN)MAN merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN, yang bisa terdiridari dua atau lebih LAN yang dihubungkan bersama-sama dalam batas-bataskira-kira suatu kawasan metropolitan atau satu kota. Jarak maksimum yangdijangkau MAN kira-kira 80 kilometer. Wide Area Network (WAN)WAN adalah jaringan yang jangkauan area geografik paling luas, bisaantarpulau, Negara, benua, bahkan bisa keluar angkasa. WAN biasanya sudahmenggunakan media wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat optic, karenajangkauannya yang lebih luas. Contoh terbaik dan sangat terkenal adalahInternet.
  6. 6. a. Jaringan Peer to PeerJaringan komputer Peer to Peer (PC to PC) adalah jaringan komputer yanghanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadiserver maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server. Dalampemasangan Jaringan Peer to Peer anda tidak perlu memakai hub karena dalamtipe jaringan dua komputer (PC to PC) ini dapat langsung dihubungkan dengan1 kabel UTP.Keunggulan Biaya instalasi yang lebih murah. Tidak memerlukan OS Khusus untuk server. Tidak membutuhkan administrator. Kelangsungan jaringan tidak bergantung pada server, Jadi, ketika salah satuPC / Laptop mengalami gangguan , maka jaringan tidak akan terganggu.
  7. 7. Kelemahan Tingkat keamanan kurang. Tidak cocok digunakan untuk Jaringan berskala besar dan kompleks. Troubleshooting jaringan lebih sulit. Kemampuan kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan ClientServerb. Jaringan Client-ServerServer adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan,dan client adalah komputer-komputeryang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
  8. 8. Keunggulan Kecepatan akses lebih tinggi karena server tidak dibebani tugas lainsebagai workstation. Menyediakan user account, sistem keamanan dan access control secaraterpusat, hal ini menyederhanakan pengelolaan jaringan. Dengan menyediakan peralatan yang lebih powerfull akan berakibatefisiensi pengaksesan resource jaringan akan lebih baik.Kelemahan Ketika server mengalami kerusakan akan berakibat sistem jaringan tidakdapat digunakan. Dibutuhkan user yang memiliki kemampuan untuk mengelola server Budget yang dibutuhkan relatif lebih besar dibandingkan dengan sistemjaringan peer-to-peer.
  9. 9. Elemen Dasar LANMeliputi komponen hardware dan software:1. Komponen Fisik LANPersonal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel, Topologijaringan.2. Komponen Software LANSistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.
  10. 10. Topologiadalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainyasehingga membentuk sebuah Jaringan, topologi biasa di rancang agar kita taubagaimana jaringan yang akan dibangun.a. Topologi BusTopologi jaringan BUS hanya menggunakan satu kabel untuk menghubungkankomputer server dan client, sehingga sering terjadi error pada saat pengirimandata. tetapi dalam menggunakan topologi ini tentu akan hemat.
  11. 11.  Topologi StarTopologi jaringan komputer STAR memiliki banyak kelebihan sehinggatopologi star paling banyak digunakan saat ini, salah satu kelebihannya yaitumudah untuk mengetahui komputer yang bermasalah karena topologi inimenggunakan switch/hub sebagai penghubung. dan juga akan sangat mudahjika anda ingin menambahkan client tanpa menggangu client lainnya.kelemahannya yaitu memerlukan biaya yang lebih besar, karenamenggunakan banyak kabel
  12. 12.  Topologi RingTopologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yangmasing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehinggamembentuk jalur melingkar membentuk cincin.
  13. 13.  Topologi HirarkhiBerbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host)yang diswitch dengan node lain secara berjenjang, biasanya topologi inidigunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyaibeberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan kecabang atau sebaliknya.

×