Presentase tentang corel draw
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Presentase tentang corel draw

on

  • 15,851 views

Tentang sejarahl Corel Draw hingga sekarang 2013

Tentang sejarahl Corel Draw hingga sekarang 2013

Statistics

Views

Total Views
15,851
Views on SlideShare
15,850
Embed Views
1

Actions

Likes
2
Downloads
509
Comments
2

1 Embed 1

https://twitter.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Presentase tentang corel draw Presentase tentang corel draw Presentation Transcript

  • TUGAS PRESENTASI COREL DRAW Di Susun Oleh : Nama : Lina Marliana Cikampek, Maret 2013
  • KATA PENGANTARPuji syukur saya panjatkan kehadirat allah SWT yang telah memberikan saya kelancaran dalam menyelesaikan tugas ini. tak lupa saya berterima kasih kepada guru tik saya yaitu Bpk Eka Syarif Hidayat,S KOM yang telah membimbing saya dalam menyelesaikan tugas ini.
  • MENU UTAMA Manfaat kekurangan Keunggulan Sejarah Profil DaftarPerkembangan pustaka /versi View slide
  • SEJARAH COREL DRAWCorelDraw adalah program aplikasi desain yang berguna untuk melayout gambar dan mendesain grafis. Versi terbaru program ini adalah CorelDraw X6, yang dirilis pada tanggal 20 Maret 2012. Software CorelDraw dibuat dan dikembangkan oleh Corel Corporation. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fasilitas desain berbasis vektor dan telah lama populer di kalangan pengguna komputer. Toolbox dan palet warna yangtampil di sisi bidang gambar sangat membantu para penggunanya untuk mendesain secara cepatdan mudah. Karena berbasis vektor, software ini tetap mampu menampilkan objek gambar dan teks secara presisi dan akurat, meskipun diubah-ubah skala atau ukurannya. Salah satu fitur baru yang diunggulkan pada versi X6 adalah kemampuannya untuk mendesain web. Dengan software ini, pengguna komputer dapat berkarya untuk menciptakan objek desain siap cetak, baik untuk media kertas maupun untuk media publikasi lainnya. View slide
  • Program CorelDraw secara de facto telah menjadi program desain grafis andalan di kalangan desainer grafis, yang wajib dikuasai oleh pengguna komputer yangingin berkecimpung di dunia setting, cetak, sablon dan desain grafis. CorelDraw merupakan software komersial dengan harga lisensi $499 USD. CorelDrawdapat dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7.Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor Intel Pentium 4, memori (RAM) 1 GB, resolusi monitor 1024 x 768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 1,5 GB.
  • Jika anda seorang design grafis, tentunya sudah paham betul tentang CorelDraw. Tapi sudah tahukah Anda Sejarah Awal MulaCorelDraw?. Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang CorelDraw berikut ini awalmula.com berbagi informasi tentang sejarah danperkembangan CorelDraw. Coreldraw merupakan software editor grafisberbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporationyang berbasis di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Versi terakhir, sampai artikel ini dibuat adalah Versi X5, diluncurkan pada pertengahan April 2010.
  • CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat inidapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untukMac OS dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langdsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.
  • Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software. CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fontsyang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter.
  • CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkanyaWindows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampumenggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter. Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
  • CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya.Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukanhanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang adamemungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK(Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint. Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme.Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok Menu utama
  • PERKEMBANGAN COREL DRAW Jika anda seorang design grafis, tentunya sudah paham betul tentangCorelDraw. Tapi sudah tahukah Anda Sejarah Awal Mula CorelDraw?. Untuk melengkapi pengetahuan anda tentang CorelDraw berikut iniautoblogsite berbagi informasi tentang sejarah dan perkembangan CorelDraw. Coreldraw merupakan software editor grafis berbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation yang berbasis di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Versi terakhir, sampai artikel ini dibuat adalah Versi X5, diluncurkan pada pertengahan April 2010.
  • CorelDraw sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat inidapat berjalan pada Windows 2000 dan versi selanjutnya. Versi untukMac OS dan Mac OS X ada awalnya juga tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir untuk Linux terakhir dibuat tahun 2000. Corel pada Linux tidak berjalan langdsung di atas platform, namun harus menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install Photoshop pada Linux.
  • Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untukdijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yangakhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya focus pada pengambangan software.
  • CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkanyaWindows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampumenggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter. Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
  • CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya.Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukanhanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang adamemungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK(Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint. Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator dan Xara Extreme.Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis vector, namun pengalaman pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok. Menu utama
  • KELEBIHAN COREL DRAW1. Program Corel Draw tidak membutuhkan kapasitas yang besar dalam sistem komputer anda. Hal ini tentu saja berguna bagi anda yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Selain itu file yang dihasilkan Corel Draw juga tidak terlalu besar. 2. Corel Draw merupakan program yang dibuat untuk beberapa sistem operasi. Ada 3 versi CorelDraw, yakni untuk sistem operasi Macintosh, Windows dan Linux. Hal ini membuat anda tidak perlu berpindah sistem operasi karena kebanyakan orang menggunakan tiga sistem operasi diatas. 3. Corel Draw memiliki kecenderungan mudah untuk dipelajari siapapun. Di dalam program ini sudah tersedia tutorial yang melekat pada aplikasi ini. Selain itu banyak juga tutorial yang ditulis oleh pengguna lain, baik itu di Internet maupun diterbitkan di buku. 4. File yang disimpan dapat diatur kompatibilitasnya dengan versi Corel Draw yang lain. Sebagaicontoh apabila kita menggunakan Corel Draw 13, kita bisa menyimpannya ke versi format Corel Draw 11 jika kita ingin membukanya menggunakan Corel Draw 11
  • Kemudahan dan keuntungan Corel Draw inilah yang membuat peminat dan pemakai perangkat lunak ini semakin banyak.Perusahaan yang memiliki hak cipta aplikasi ini, dalam hal adalah Corel selalu mengembangkan versi Corel Draw dengan tujuan memudahkan pengguna perangkat lunak ini. Di sisi lain, pengembangan juga ditujukan untuk menutupi kekurangan dan menambah fitur-fitur baru yang mungkin baru saja ditemukan.Dengan ini Corel mengharapkan bahwa pengguna Corel Draw tetap menjadikannya aplikasi utama yang dipilih ketika membutuhkan perangkat lunak untuk desain grafis yang mereka lakukan
  • SYSTEM REQUIREMENTS• MICROSOFT WINDOWS 7 (32-BIT OR 64-BIT EDITIONS) , WINDOWS VISTA(32-BIT OR 64-BIT EDITIONS), OR WINDOWS XP (32-BIT), ALL WITH LATEST SERVICE PACKS INSTALLED • INTEL PENTIUM 4, AMD ATHLON 64 OR AMD OPTERON • 1GB RAM • 1.5GB HARD DISK SPACE (FOR TYPICAL INSTALLATION WITHOUT CONTENT – ADDITIONAL DISK SPACE IS REQUIRED DURING INSTALLATION) • MOUSE OR TABLET • 1024 X 768 SCREEN RESOLUTION • DVD DRIVE • MICROSOFT INTERNET EXPLORER 7 OR HIGHER .
  • CorelDRAW adalah program pengolah grafis berbasis vektor yang sudah sangat populer di kalangan pengguna komputer. Versi terbarunya, CorelDRAW X6 atau CorelDRAW 16 telah diluncurkan CorelCorporation pada akhir Maret 2012 yang lalu. Software ini dibundel dalam CorelDRAW Graphics Suite X6.Fitur baru yang ditawarkan pada bundel CorelDRAW Graphics Suite X6antara lain support typografi OpenType, tool Color Harmonies, tool Shaping, Object Styles. Software tambahan seperti Corel Website Creator X6merupakan hal baru yang disertakan dalam bundel X6. Selain itu terdapat software tambahan yang sudah dikenal pengguna versi sebelumnya, seperti PhotoPaint X6, PowerTrace X6.
  • Aplikasi desain grafis CorelDRAW X6 dapat dijalankan di Windows XP,Windows Vista, dan Windows 7. Minimal komputer memiliki spek menggunakanIntel Pentium 4 atau setara, memori 1 GB, resolusi layar 1024 x 768 piksel, sertadrive DVD dan kapasitas kosong harddisk minimal 1,5 GB untuk instalasinya. Ulasan CorelDRAW Graphics Suite X6 : • Kategori Software : Desain Grafis • Penyedia : Corel Corporation • Harga : $ 499 USD • Penilaian Gandi Subroto : 5 pada 2012-06-27 Setiap versi baru CorelDRAW memang layak ditunggu !
  • Kelebihan : Kelebihan dan kemampuan CorelDRAW memang sudah tidak perludipertanyakan lagi. Software ini secara de-facto telah menjadi software standar di dunia desain grafis. Beberapa tambahan fitur barunya tentu akan semakinmempermudah para desainer dalam berkarya. Software baru Website Creator X6 yang disertakan di bundel Graphics Suite X6 sepertinya juga menarik untuk dicoba. Menu utama
  • KEKURANGAN COREL DRAWPeningkatan versi CorelDRAW biasanya juga berimplikasi pada peningkatan kebutuhan sistem komputer. Dengan menggunakan komputer yang sama, CorelDRAW versi baru terasa semakin berat. Hal ini membuat sebagiandesainer grafis lebih memilih menggunakan versi lama yang sudah mencukupi kebutuhan desain grafis mereka.
  • memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PCyang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ padasystem bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’. besar file yang dibuat membengkak
  • warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo. kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya
  • 1. Memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkandalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapattimbul ‘hang’. 2. Besar file yang dibuat membengkak3. Warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer 4. Dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengancara yang sangat manual
  • 5. Apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmapkualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.6. Kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing keversilainnya.
  • 1. Memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yangsedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapattimbul ‘hang’. 2. Besar file yang dibuat membengkak 3. Warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer4. Dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengancara yang sangat manual
  • 5. Apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan,misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.6. Kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing keversilainnya.
  • Terbatasnya gradasi yang dihasilkan antara warna yang satu dengan warna lainnya. Efek-efek dan variasi yang terbatas di CorelDraw. Tidak tepat bila digunakan untuk merekayasa foto. Dukungan SaveAs di CorelDraw yang terbatasKeunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ada pada ukuran hasil (dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis bitmap). Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yangmemerlukan pemrosesan visual, terutama yang menggunakan ukuran besar. Kelebihan lain dari CorelDraw yangjarang dimiliki oleh aplikasi desain grafis dan pengolah gambar yang lain adalah dukungan forum dan komunitasCorelDraw yang begitu banyak dan beragam, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan tutorial, tips dan bisa berbagi ilmu dengan pengguna CorelDraw lainnya di seluruh dunia. Menu utama
  • FASILITAS COREW DRAW Quick StartPertama kali perangkat lunak CorelDRAW diaktifkan, sistem akan menampilkan kotak dialog welcome. Pada kotak dialog ini, lembar proses yang dapat diaktifkan, yaitu: quick start: aplikasi ini dapat membantu untuk mempermudah mempersiapkan ruangperancangan grafis baru atau pengubahan rancangan grafis yang pernah dibuat sebelumnya. what’s new: aplikasi yang menginformasikan fasilitas baru yang disediakan pada perangkat lunak CorelDRAW.
  • learning tools: alat yang mempermudah pemakai perangkat lunak CorelDRAW mempelajari fasilitas yang disediakan. galeri: galeri digunakan untuk mengunjungi situs komunitas pemakai CorelDRAW.Pada situs tersebut terdapat berbagai rancangan grafis profesional yang menggunakan perangkat lunak CorelDRAW. updates: aplikasi yang digunakan untuk mengunjungi situs resmi perangkat lunakCorelDRAW untuk berbagai keperluan. Salah satunya, yaitu untuk memperbarui model sistem CorelDRAW. HintsHints berada pada sisi kanan kotak dialog utama sistem. Fasilitas ini memberikan petunjuk apa dan bagaimana memproses suatu objek gambar/teks.
  • Menu BarMenu Bar berada pada bagian atas kotak dialog utama sistem. Sistem menu CorelDRAW menggunakan standar sistem operasi Windows yang sangat memudahkan pemakaian. Standard Toolbar Standard toolbar terletak di bawah menu bar. Pada standard toolbar, sistem meletakkansimbol proses cepat. Misalnya terdapat simbol seperti folder untuk membuka suatu data grafis CorelDRAW... Property Bar Property bar adalah fasilitas tambahan yang muncul setelah memilih salah satu alat dalam fasilitas toolbox. Tujuannya untuk mempermudah pemakaian alat fasilitas toolbox terpilih. Property bar biasanya berada di bawah standard toolbar.alt
  • Toolbox Toolbox biasanya terletak di bagian paling kiri. Sistem meletakkan sebagian memberi tanda lipatan pada sisi kanan bawah alat fasilitas toolbox yang memiliki subalat. Untuk menampilkan daftar subalat tersebut dapatdilakukan dengan mengklik dan menahan simbol alat yang bersangkutan.Jika kita masuk ke corel nanti error tak usah diulangulang masuk-masuk terus,biar error toolbok,toolbar aneh tak seperti biasanya Status Bar Sistem meletakkan berbagai informasi pada baris status yang terdapat pada sisi bawah kotak dialog utama. Informasi tersebut berkenaan dengan objek gambar/teks dan/atau alat proses terpilih. Color PaletteColor palette atau kotak warna terletak di bagian paling kanan kotak dialog utama. Untuk memberi warna padaobjek gambar/teks cukup melakukan klik seperti biasa. Sedangkan untuk memberi warna garis, klik kanan pada warna yang dipilih dalam kotak warna.
  • Dialog Box Sistem CorelDRAW akan meletakkan sejumlah pilihan proses dari fasilitas yang komplek pada suatu kotakdialog. Fasilitas yang bersangkutan dapat diatur melalui kotak dialog tersebut. Misalnya, pengubahan format objek gambar dari vektor ke bitmap melalui menu bitmaps submenu convert to bitmap. DockerSistem meletakkan sejumlah kotak dialog fasilitas yang (dianggap) sering digunakan dalam bentuk tetap pada sisikanan kotak dialog. Format tersebut disebut dengan docker. Fasilitas ini dapar ditampilkan melalui menu window submenu docker. Fixed/Floating ToolbarSalah satu keistimewaan dari sistem CorelDRAW X3, yaitu fasilitas toolbox kotak warna, menu bar, standard toolbar, dan/atau property bar yang dapat digeser dan ditempatkan di sembarang lokasi.
  • OPERASI DASAR Objek Garis freehand tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan. bezier tool: alat ini digunakan untuk membentuk beragam garis lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan. artistic media tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek garisartistik. Dalam menentukan bentuk garis artistik tersebut, gunakan simbol yang ada di sisi kiri fasilitas property bar, lalu tentukan spesifikasi konfigurasinya pada sisi kanannya.
  • pen tool: pemakaian pen tool hampir serupa dengan pemakaian bezier tool. polyline tool: pemakaian polyline tool hampir sama dengan freehand tool.point curve tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis melingkar dengan mudah dan cepat.
  • connector tool: alat ini digunakan untukmenghubungkan beberapa objek gambar. Misalnya, membentuk garis penghubung alur diagram. dimension tool: alat ini digunakan untuk membentuk garis dimensi vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya.
  • OBJEK GAMBARrectangle tool: alat ini dapat digunakan untuk membentuk objek persegi panjang atau persegi. ellipse tool: alat ini digunakan untuk membentuk objek lingkaran/elips. object tool: alat ini dapat mempermudah/mempercepat proses pembentukan objek poligon, bintang, DLL.
  • perfect shape tool: alat ini digunakan untuk membentuk berbagai objek gambarspesifik secara mudah dan cepat. Misalnya, objek jajar genjang, dan lain sebagainya. table tool: alat ini dapat digunakan untuk membuat tabel dalam format persegiatau persegi panjang. Tabel ini tidak hanya dapat dimasukkan tulisan/teks, tetapi dapat juga dimasukkan gambar ke dalamnya. Alat ini bisa digunakan untuk membuat kartu pos, brosur, dan lain-lain. Smart DrawingMenggambar pintar adalah aplikasi baru yang ada pada CorelDRAW X4. Smart drawing tool yang ada pada smart tool dapat digunakan untuk membentuk objek gambar dari sketsanya.
  • Objek Teks Objek teks merupakan unsur yang paling sering digunakan pada rancangangrafis. Ada yang membuatnya sebagai logo, teks artistik, bahkan mengubah objek teks menjadi objek gambar.Objek teks dapat dibuat melalui text tool yang terdapat pada toolbox. Setelah itu, objek teks dapat diproses melalui pick tools. Objek teks dapat diproses sehingga membentuk bayangan, menjadi format 3D, dan lain-lain.
  • FASILITAS CROLE DRAWCorelDRAW memiliki fasilitas untuk mengubah objek taks/gambar 2D menjadi 3D.Fasilitas yang dapat digunakan untuk membentuk objek 2D menjadi 3D adalah sebagai berikut: extrude: pada fasilitas toolbox terdapat interactive extrude tool di dalam interactiveeffects tool. Setelah diaktifkan, format 3D dapat diatur melalui bagian presets yang ada pada fasilitas property bar. bevel: bevel merupakan subalat untuk membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks. Bevel akan muncul dalam property bar setelah mengaktifkan interactive extrude tool.
  • contour: fasilitas contour di dalam CorelDRAW X4 disediakan untuk membuatsalinan dari suatu objek gambar/teks ke bagian dalam/luarnya. Contour dapat digunakan untuk menimbulkan efek 3D dari suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna sisinya. gradasi warna: gradasi warna dapat dibentuk menggunakan fill tool, interactive fill tool, atau mesh fill. efek bayangan: CorelDRAW menyediakan interactive drop shadow yangmerupakan subalat dari interactive effects tool untuk membuat efek bayangan dari objek gambar/teks.
  • WarnaPilihan warna terdapat dalam kotak warna. Namun, ada beberapa cara untuk memberi warna pada objek gambar/teks, yaitu sebagai berikut: fill & outline: pada fasilitas toolbox, sistem menyediakan fill tool untuk mengatur isi objek gambar/teks. Sedangkan untuk mengatur garis pembentuknya, sistem menyediakan outline tool. eyedropper & paintbucket tool: eyedropper tool digunakan untuk mengambil spesifikasi warna atau atribut (properti, transformasi, dan efek) suatu objekgambar/teks. Setelah itu, gunakan paintbucket tool untuk menyalin data tersebut pada objek gambar/teks lainnya.
  • smart fill: smart fill tool dapat mengisi warna pada sembarang bidang tertutup. Misalnya pada perpotongan suatu objek tertentu.
  • OBJEK ARTISTIK Objek artistik dapat berupa teks atau gambar. Dengan menggunakanalat tertentu, suatu objek teks/gambar dapat terlihat berbeda dari biasa. Objek artistik terdiri dari: garis artistik (Objek Teks): teks yang artistik dapat dibuat melalui artistic media tool yang ada pada toolbox. Teks apapun dapat dibuatkarena penggunaannya seperti menggambar atau menulis dengan bolpoin.
  • g garis artistik (objek gambar): ambar artistik yang dihasilkan melalui artistic media tool adalah seperti sketsa gambar. Penggunaannya sama dengan membuat garis artistik untuk objek teks. efek distorsi: CorelDRAW menyediakan interactive distort tool di dalaminteractive effects tool. Efek distorsi dapat diaplikasikan untuk objek gambar/teks sehingga dapat terlihat lebih artistik. smudge brush (objek baru): melalui smudge brush tool, suatu sisi objek gambar dapat ditarik sehingga akan membentuk gambar yang baru sesuai dengan keinginan. Subalat ini dapat diakses melalui shape edit tool.
  • F I T U R - F I T U R B A R U YA N G A D A D A L A M C O R E L X 6 I N I D I A N T A R A N YA A D A L A H • Dukungan pada 64bit. Kita sekarang dapat memilih menggunakan versi 32bit atau 64bit pada CorelDRAW dan Corel PHOTO-PAINT. syaratmenggunakan versi 64bit komputer kita harus terpasang memory lebih dari 4 Gb.;• Dukungan terhadap font OpenType. Selain itu CorelDRAW X6 juga sudah meningkatkan fitur Complex Script. sehingga kita bisa menggunakantulisan arab, dan tulisan bahasa lainnya dengan lebih baik dari versi sebelumnya; • Smear, Twirl, Attract dan Repeal. fitur baru untuk membuat vektor secara kreatif;
  • • Peningkatan pada fitur Powerclip yang lebih mudah dan lebih baik dari versi sebelumnya;.• Document Style. Mengatur Style dan Warna akan menjadi lebih mudah dari versi sebelumnya. • Software Pembuat Website. Membuat website sekaranglebih mudah dengan menggunakan Corel® Website Creator™ X6.
  • KELEBIHAN COREL DRAW X-6 • CorelDRAW® X6; software pengolah vektor yang kita cintai. • Corel® PHOTO-PAINT™ X6; software untuk mengedit object bitmap seperti foto dsb. • Corel® PowerTRACE™ X6; fitur untuk membuat object vektor dari object bitmap • Corel® Website Creator™ X6*; software baru bawaan CorelDRAW Graphic Suite X6, untuk membuat website. • Corel CAPTURE™ X6; fitur untuk Screen Capture. • Corel® CONNECT™ X6; fitur pencari konten desain.• PhotoZoom Pro 2**; plug-in dari Corel PHOTO-PAINT unuk memperbesar gambar digital.• ConceptShare™; fitur untuk kolaborasi secara interaktif hasil pekerjaan kita menggunakan CorelDRAW Graphic Suite X6.
  • MANFAAT COREL DRAW 1.Gambar yang berbasis pada vektor bisa di tekankan pada tingkatan terendah,namun kualitas yang di inginkan di buat setara dengan gambar yang bebbasis pada bitmap atau raster2.Manfaat corel draw terutama pada toolnya juga mudah di pahami oleh semua penggunanya,bahkan pada orang yang baru pertama kali menggunakannya3.Dibandingkan dengan photoshop,corel draw juga tidak kalah bila digunakan untuk mengkombinasi antara tulisan dan gambar, Menu utama
  • COREL DRAW X 9
  • COREL DRAW X 1
  • COREL DRAW X2
  • COREL DRAW X 2
  • COREL DRAW X 3
  • COREL DRAW X 4
  • COREL DRAW X5
  • CONTOH DESAIN COREL DRAW
  • TAMPILAN COREL DRAW
  • TAMPILAN JENDELA COREL DRAW
  • CONTOH DESAIN COREL DRAW
  • CONTOH DESAIN COREL DRAW
  • CARA MEMBUKA APLIKASI COREL DRAW
  • BEBERAPA SUB MENU DALAM COREL DRAW New: pilihan untuk membuka lembar kerja baru Recently Used: pilihan untuk membuka file objek gambar yang pernah disunting terakhir kali.Open: pilihan untuk membuka file objek gambar yang pernah disimpa sebelumnya. New From Template: pilihan untuk membuat sebuah objek grafis baru dengan menggunakan fasilitas template.CorelTUTOR: pilihan untuk membuka lembar kerja tutorial yang akan membantu anda dalam mempelajari CorelDRAW X3. Whats New ?: pilihan untuk membuka lembar kerja Whats New ? yang berisi informasi fasilitas baru CorelDRAW X3.
  • APLIKASI PENGOLAH GRAFIS BERBASIS V E K T O R DA N A P L I K A S I G R A F I S B E R BA S I S BITMAP Software yang digunakan untuk mengolah grafis berbasis vektor dan grafisberbasis berbasis bitmap tentunya berbeda, karena keduanya mempunyai sifatyang berbeda. Perkembangan terakhir memperlihatkan adanya peningkatankemampuan software yang mampu memadukan kedua jenis gambar tersebutdalam satu program, misalnya di CorelDraw yang ditujukan untuk mengolah grafis berbasis vektor bisa kita sisipkan gambar berbasis bitmap dan dapat mengeditnya.
  • Biasanya software yang digunakan untuk grafid berbasis vektor adalah CorelDraw, Free Hand, Ms. Paint dan lain-lain. Sedangkan untuk software berbasis bitmapadalah CorelPhotopaint, Adobe Photoshop, Ms. Picture It, Ulead Photolimpac dan sebagainya.
  • MEMASUKI JENDELA APLIKASI C O R E L D R AW Untuk menjalankan Corel Draw dapat dilakukan seperti cara membukaaplikasi-aplikasi lain. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuka CorelDraw, yaitu : Start8Program8Corel Graphic Suite 118Corel Draw Klik dua kali tombol mouse kiri pada ikon Klik tombol mouse kanan pada ikon8open Start8Run8"C:Program FilesCorelCorel Graphics 11ProgramsCorelDrw.exe"
  • Setelah salah satu prosedur yang terpilih di atasdijalankan maka menjalankan Corel Drawpundimulai dengan munculnya tampilan di dekstop Window seperti pada gambar di bawah ini :
  • Tampilan Welcome Screen memberikan enam pilihan kepadapenggunanya untuk dipilih salah satunya. Berikut ini adalah penjelasan dari ke enam opsi tersebut : Ø New Graphic digunakan untuk membuat sebuah file obyek gambar yang baru. Ø Open Last Edited untuk membuka file obyek gambar yang telah dibuat dan pernah diedit terakhir kali. Ø Open Graphic untuk membuka file – file Corel Draw yang pernah dibuat dan tersimpan dalam hardisk atau removable disk (Simpanan luar) Ø Template untuk membuat obyek gambar dengan menggunakan fasilitas template (pola–pola/desain) yang disediakan oleh Corel Draw atau yang dibuat oleh user. Ø Corel Tutor untuk membuka lembaran tutorial yang disediakan oleh Corel Draw Ø What’s New? Informasi tentang beberapa hal yang baru pada CorelDraw versi ini
  • UNTUK MEMPERTAJAM PEMAHAMAN TENTANG ELEMEN – E L E M E N L E M BA R K E R JA PA DA G A M BA R D I ATA S, Corel P E R H A T I K A N L A H T A B E L D I B AWA H I N I : drawNama Elemen KeteranganToolbox Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk membuat dan memodifikasi obyek gambarMenu Bar Bagian yang berisi beberapa pilihan menu untuk menjalankan suatu perintahToolbar Bagian yang berisi beberapa tombol perintah untuk menjalankan suatu perintahProperty Bar Bagian yang berisi perintah – perintah yang berhubungan dengan tombol perintah atau obyek yang aktif
  • Drawing Page Area cetak yang dapat digunakan untuk membuat dan mengolah obyek gambarRuler Bagian yang dipakai untuk melihat membuat, menentukan ukuran atau posisi obyek gambar dalam dalam drawing page atau drawing window dengan sistim metrik tertentuDrawing Area yang lebih luas yang dapat digunakan untuk mengolah obyek gambar diluarWindow area cetakVertical Bagian yang dipakai untuk menggulung drawing page / drawing window ke atasScrollbar atau ke bawahColor Pallete Bagian yang berisi daftar warna yang dapat dipilih untuk mewarnai obyek gambar
  • Status Bar Bagian yang berisi informasi obyek gambar dan posisi pointer mouse dalam obyek gambarDocument Bagian yang dapat digunakan untuk menambah, mengurangi, mengganti nama danNavigator berpindah ke halaman yang lainPage Informasi tentang halaman cetak yang sedang aktig dan semua halaman yang telah dibuatHorizontal Bagian yang dipakai untuk menggulung drawing page / drawing window ke kiri atauScrollbar ke kananNavigator Tombol perintah yang berfungsi untuk membuka tampilan lembar kerja dalam ukuran kecil dan sekaligus dapat digunakan untuk memindahkan fokus tampilan pada area gambar tertentu yang dikehendakiFill & Line Berisi informasi tentang warna yang digunakan obyek gambarColor
  • F U N G S I D A S A R PA D A M E N U B A R M E L I P U T I :
  • 1. File : New, Print, Save, Save As dan Exit. 2. Edit : Undo, Cut, Copy, Paste, and Duplicate. 3. View : Tool Box, color Palette. 4. Layout : Insert Page dan Page Setup. 5. Arrange : Align, Transformation, Order, Group, Ungroup,Combine, Break Apart, Shaping (Trim, Weld, Intersect) 6. Effect : Transform Roll Up, Add Perspective, Blend Roll Up, Lens Roll Up 8. Text : Format Text, Fit Text to Path 9. Tools : Customization 10. Windows : Color Pellets, Dockers, Toolbars 11. Help :-
  • TUTORIAL MEMBUAT LOGO Bagaimana cara membuat logo? Membuat logo untuk perusahaan, caramembuat logo untuk toko online, membuat logo untuk blog atau bahkanmembuat logo untuk anda pribadi. Saya akan memberikan tutorial caramembuat logo dengan CorelDraw yang saya kemas dalam bentuk gambar,sehingga anda dapat mencernanya dengan mudah. Sebelum anda membuat logo, anda bisa memperhatikan beberapa pengertian desain logo, prinsip membuat logo, tips dan trik membuat logo dan cara mudah untuk membuat logo.
  • Sebelum anda membuat logo dengan menggunakan CorelDraw, ada baiknya anda melengkapi dulu softwareanda (jika belum memilikinya). Setelah itu perhatikan tools apa sajakah yang nantinya akan digunakan untuk membuat desain logo pada CorelDraw. Jika anda sudahpaham dengan CorelDraw, mari kita coba untuk membuat logo.
  • C A R A M E M B UA T L O G O D E N G A N C O R E L D R AW 1 . T U T O R I A L L O G O C O R E L D R AW – P E R H A T I K A N T O O L SU N T U K M E M B UA T L O G O PA DA C O R E L D R AW D I B AWA H I N I :
  • 2. Gunakan tools sesuai dengan kebutuhan anda dalam membuat logo,jangan semua dipakai nanti hasilnya akan kurang maksimal. Dibawah ini saya akan mencoba menggunakan Ellipse Tools, bisa dilakukan dengan cara tekan F7 pada keyboard anda. Tarik bidang sampaimembuat sebuah elips atau lingkaran. Untuk membuat Lingkaran yangbenar-benar 360 derajat anda bisa menarik bidang sambil menekan Ctrl pada keyboard anda. Lihat Gambar dibawah:
  • 3. Dengan bentuk lingkaran, anda sudah dapat membuatbeberapa macam logo yang berbeda. Beberapa bentuk dari lingkaran ini bisa dikombinasikan dengan bentuk lain, disini saya mencoba membuat 2 buah lingkaran denganperbedaan pada ukurannya. Lihat gambar dibawah ini;
  • 4. Setelah anda mengikuti petunjuk di atas, lakukan teknik trim pada bentuk yang sudah dibuat. Pilih Windows, lalupilih Dockers selanjutnya aktifkan Shaping Dockers untuk memotong bentuk. Lihat gambar dibawah:
  • 5. Setelah mengaktifkan Shaping pada Dockers pilih Trim untuk memotong bagian yang beradadibawah. Bentuk yang di atas secara otomatis akan memotong bagian yang dibawah, lihat hasil dari pemotongan menggunakan Shaping Trim:
  • 6. Lanjutkan dengan memberi warna pada bentukyang sudah dibuat. Setelah itu, Tambahkan sedikitfont dan tetap menggunakan Teknik Trim untuk membuat logo.
  • 7. Setelah sampai ke tahap ini, anda bisa bebasmengkombinasikan bentuk-bentuk yang anda suka. Sebagai contoh saya akan menggabungkan bentuk di atas dengan menggunakan teknik Trim dan Contour pada bentuk di atas. Lihat gambar dibawah:
  • 8. Buat bentuk baru dengan menggunakan Shape Toolsuntuk membuat bentuk bebas. Bentuk yang saya berikan di atas hanylah contoh, jadi anda bisa mengimajinasikan ideanda yang lebih luar biasa dari ini. Lihat gambar dibawah:
  • 9. Imajinasi anda sangatlah penting, sebelumnya anda harus mengetahui fungsi tools yang ada pada CorelDraw. Setelah itu mainkan otak kanan anda tanpa menggunakan otak kiri. Biarkan otak kiri anda merancang filosofi logo nantinya, tetap berkreasi dan berimajinasi. Ini hanyalah contoh sederhana dari cara membuat logo di CorelDraw:
  • 1 0 . C O N T O H L O G O L A I N N YA D E N G A N MENGGUNAKAN TEKNIK DI ATAS:
  • C A R A M E M B UA T L O G O 3 D M E N G G U N A K A N C O R E L D R AW X 6 Saya akan mengajarkan Anda Langkah demi Langkah Bagaimana Cara Membuat Ikon 3D dengan CorelDraw. Kali ini Saya menggunakan CorelDraw versi terbaru yaitu CorelDraw X6. Tetapi jika Anda tidak mempunyai CorelDraw X6, jangan berkecil hati karena cara yang akan saya ajarkan pada Anda bisa dikerjakan di versi CorelDraw terdahulu, atau dibawah versi X6. Dan yang palingpenting adalah CorelDraw yang Anda gunakan Genuine alias Original.
  • P E R TA M A - TA M A , BUAT L A H D O K U M E N BA R U D E N G A N MENG-KLIK (FILE > NEW DOCUMENT) ATAU BISA J U G A D E N G A N C A R A A N DA M E N E K A N ( C T R L + N ) .
  • Langkah 2: Buatlah sebuah lingkaran menggunakan Ellipse toolatau tekan F7. Caranya, tekan Ctrl + klik tahan lalu geser hingga membentuk sebuah lingkaran. Tekan huruf P pada keyboard agar posisi objek berada ditengah-tengah halaman. Dan jangan lupa outline dalam posisi No Outline.
  • Langkah 3:Lalu buatlah sebuah persegi panjang seperti gambar di bawah, lalu klik obyek bersamaan denganmenekan shift lalu klik "Back Minus Front" agar gambar menjadi terpotong
  • LANGKAH 2
  • Langkah 4:Lalu klik Shape tool atau mengklik F10, pilih bagianobyek seperti gambar di bawah lalu buat menjadi cekung agar seperti huruf e
  • Langkah 5: Klik Fountain Fill atau tekan F11. Ganti type menjadi linear, lalu color blend ganti menjadicustom dan atur warna menjadi seperti gambar berikut ini, klik OK dan tekan Huruf G untuk mengaktifkanInteractive Fill Tool. Caranya dengan drag kursor, sampai anda mendapatkan warna yang anda diinginkan.
  • Langkah 6: Buat lingkaran lagi tetapi lebih kecil dari yang tadi.Taruh lingkaran tersebut ditengah, tetapi agak ke atas. Lalu klik Pie, setelah itu klik Shape Tool untuk membuat lingkaran menjadi 1/2 bagian, lalu berikan warna putih
  • • LANGKAH 7:K L I K P O J O K B L E N D T O O L DA N G A N T I M E N J A D I T R A N S PA R E N C Y
  • TUTORIALLalu klik dan tarik garis pada linkaran putih tadi agar memberi efek gradasi pada gambar tersebut
  • LANGKAH 7
  • Langkah 8: Klik gambar 1/2 lingkaran tadi (agak sulit karena transparan) lalu klik Ctrl+C untuk copy dan klik Ctrl+V untuk paste lalu klikbagian atas gambar untuk membalikkannya, lalu pindahkan. Jika anda ingin mengatur warnanya klik icon Tranparency
  • LANGKAH 8
  • Langkah 9: Buat kembali lingkaran yang lebihbesar diluar huruf e, lalu buat lagi yang lebih kecil/ lebih besar
  • Langkah 10: Buat Persegi panjang.Lalu Shift+klik pada obyek lingkaran palingluar, lalu klik Trim. Setelah itu klik persegi panjangnya lalu klik delete pada keyboard
  • Langkah 11:Buat lingkaran, lebih tepatnya oval dan taruh ditengah garis yang terpotong tadi lalu buat duplikatnya tetapi lebih besar.Lalu taruh lingkaran yang lebih besar sejajar dengan garis yang terpotong tadi
  • LANGKAH 12:B U A T D U P L I K A T N Y A ( C O P A S ) L A L U B AW A K E B AG I A N S E B E L A H YA N G B E L U M D I I S I
  • LANGKAH 13:B E R I K A N WA R N A PA DA G A M B A R T A D I ( 1 BAG I A N S A J A )
  • Langkah 14:Blok gambarnya terus copas dan jangan lupadibalik ,lalu letakkan di sebelahnya sehinggaterlihat bagus ( gambar yang berwarna hitam dihapus saja)
  • Langkah 15:Buat kembali gambar seperti langkah 11tetapi lebih kecil dan beri warna hitam.Buat duplikatnya lagi tetapi lebih besar
  • Langkah 16:Buat persegi di pojok kiri gambar lalushift+klik lingkarannya dan klik Trim Setelah itu hapus gambar perseginya
  • Langkah 17: Buatlah aksesoris sederhana apasaja yang kalian inginkankhusus untuk yang ingin seperti sama seperti saya, saya beritahu langkahnya Buat 1 Persegi panjang Copas 1 kali lalu pindahkan atur besarnya lalu copas lagi taruh di bagian yang belum ada gambarnya copas 1 lagi bentuk persegi panjang lalu pipihkan gunakan shape tool untuk membual agak bulat
  • Langkah 18:Perkecil tampilan gambar, lalu blok semua gambar yang ada lalu klik icon kotak hitam yang ada di pojok gambar lalu tahan Shift dan kecilkan gambarnya
  • Langkah 19: Akhirnya kita sampai pada langkah terakhir. Kita sekarang akan memberikan efek shadow pada ikon tersebut. Pertama-tama buatlah lingkaran sembarang, lalu gunakan DropShadow Tool. Caranya drag dari atas ke bawah. Pisahkan lingkarandan shadow dengan cara menekan Ctrl + K. Gabungkan kedua objek tersebut, dan Selesailah 3D ikon yang telah kita buat.
  • LANGKAH 19
  • Langkah 20:Untuk save gambar anda hanya perlu klik Export file lalu pilih dimana anda akan menyimpan gambar tersebut
  • DAFTAR PUSTAKA http://4.bp.blogsport.com/-vindi 7f6v10: http://.1.bp.blogsport.com http://.3.bp.blogsport.com http://.2.bp.blogsport.comhttp://natadipura.com/membuat-logo-dengan-corelraw/ http://ilmugrafis.com Menu utama
  • PENUTUPDengan mengucap alhamdulillah hirabbilalamin,akhirnya tugas presentasi microsoft power point ini telah saya selesaikan sesuai engan waktu yang i tentukan.sayamenyadari bahwa tugas presentasi saya ini masih banyak kekurangan,maka dari itu saya sangat mengharapkankritik yang membangun dari bapak dan ibu guru sekalian TERIMA KASIH
  • PROFILNAMA : LINA MARLIANATTL : KARAWANG 17 MEI 1995ALAMAT : KP NAGASARI RT 02 RW 10HOBI : MEMASAK,MEMBACA BUKUCITA-CITA : MENJADI DOKTER Menu utama