Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt rangkuman paket

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Ppt rangkuman paket

  1. 1. Tugas PTKMerangkum Bab 1, 2, dan 3
  2. 2. AssAlAmu’AlAikum Wr.Wb.
  3. 3. KELOMPOK ( PGSD/VII E)• Wahyu Mariska Jayanti (08141197)• Wulan Fibrianingtyas (08141199)• Risky Noor Mulidah (09141189)• Sri Nuryani (09141205)
  4. 4. BAB I PENGERTIAN DANKARAKTERISTIK PTK
  5. 5. A.Pengertian Penelitian Tindakan KelasPTK adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri (dilakukan dalam pembelajaran biasa bukan kelas khusus) dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa bisa meningkat.
  6. 6. B. Perbandingan PTKdan Penelitian Non PTK
  7. 7. Perbedaan karakteristik PTK dan Penelitian Kelas Non PTK No Aspek PTK Non PTK1 Peneliti Guru Orang luar2 Rencana penelitian Oleh guru Oleh peneliti3 Munculnya masalah Dirasakan oleh guru Dirasakan oleh orang luar (mungkin dengan dorongan orang luar)4 Ciri utama Ada tindakan untuk perbaikan yang berulang Belum tentu ada tindakan perbaikan5 Peran guru Sebagai guru dan peneliti Sebagai guru (objek penelitian)6 Tempat penelitian Kelas Kelas7 Proses pengumpulan data Oleh guru sendiri atau bantuan orang lain Oleh peneliti8 Hasil penelitian Langsung dimanfaatkan oleh guru dan Menjadi miliki peneliti peneliti, belum dirasakan oleh kelas tentu dimanfaatkan oleh guru
  8. 8. Perbedaan karakteristik PTK dengan Penelitian FormalNo Dimensi PTK Penelitian Formal1 Motivasi Tindakan Kebenaran2 Sumber masalah Diagnosis status Induktif - deduktif3 Tujuan Memperbaiki praktek, sekarang ada di sini Verifikasi & menemukan pengetahuan yang dapat digeneralisasai4 Peneliti yang terlibat Pelaku dari dalam (guna) Orang luar yang berminat5 Sample Kasus khusus Sampel yang represtatif6 Metodologi Longgar tetapi berusia objektif (impartiality) Baku dengan objektivitas dan ketidak berpihakan yang terintegrasi (build – in objectivity & impartiality)7 Penafsiran hasil penelitian Untuk memahami praktek melalui refleksi Mendeskripsikan, mengabstraksikan, & oleh praktisi yang membangun penyimpulan dan pembentukan teori oleh ilmuwan8 Hasil akhir Siswa belajar lebih baik (proses dan produk) Pengetahuan, prosedur atau materi yang teruji
  9. 9. C. Manfaat PTK bagi guru, siswa, dan sekolah• Bagi guru 1. Untuk memperbaiki pembelajaran 2. Pengembangan kemampuan professional 3. Menumbuhkan rasa percaya diri 4. Mewujudkan kerjasama, kolaborasi, dan atau sinergi antar guru dalam satu sekolah atau beberapa sekolah untuk bersama – sama memecahkan masalah pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran 5. Meningkatkan kemampuan guru dalam menjabarkan kurikulum atau program pembelajaran sesuai dengan tuntutan dan konteks local, sekolah, dan kelas• Bagi siswa 1. Diperoleh manfaat meningkatkan hasil belajar 2. Siswa juga akan menjadikan gurunya sebagai “model”. 3. Memupuk dan meningkatkan keterlibatan, kegairahan, ketertarikan, kenyamanan, dan kesenangan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas yang dilaksanakan guru.• Bagi sekolah 1. Untuk perkembangan kualitas secara institusional.
  10. 10. D. Prinsip – prinsip PTK1. Prinsip Hopkins, (1993) ada 6 prinsip dalam PTK yaitu: • Pekerjaan utama guru adalah mengajar, dan apapun metode PTK yang diterapkannya seyogyanya tidak berdampak menganggu komitmen sebagai pengajar. • Metode pengumpulan data sehingga memungkinkan digunakan tidak menuntut waktu yang berlebihan dari guru sehingga berpeluang mengganggu proses pembelajaran. • Metodologi yang digunakan harus reliable (ajeg), sehingga memungkinkan guru mengidentifikasi serta merumuskan hipotesis secara meyakinkan, mengembangkan strategi yang dapat diterapkan pada situasi kelasnya, serta memperoleh data yang dapat digunakan untuk menjawab hipotesis yang dikemukakannya. • Masalah yang diteliti seharusnya merupakan maslah yang cukup merisaukan, dan bertolak dari tanggung jawab professional. • Dalam menyelenggarakan PTK, guru harus selalu bersikap konsisten menaruh kepedulian tinggi terhadap prosedur yang berkaitan dengan pekerjaan.
  11. 11. Lanjutan………..2. Dalam pelaksanaan PTK sejauh mungkin harus digunakan “classroom exceeding perspective”. • Prinsip “Continuous Improvement” yakni peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran secara terus menerus dan berkelanjutan • Meneliti merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran sehingga tahap pembelajaran dalam PTK dilakukan selaras dengan tahap pembelajaran di kelas. • Masalah PTK merupakan maslah riil yang merisaukan tanggung jawab professional dan komitmen memecahkannya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran. • Motivasi melaksanakan PTK merupakan motivasi instrinsik (tumbuh dari dalam diri) yang melahirkan sikap kepedulian pada perbaikan mutu pembelajaran. • Prosedur longgar dengan metodologi yang benar. • Classroom perspective yakni kelas tidak hanya dibatasi oleh tembok, pelaksanaan PTK bisa dilakukan di taman, kebun, dalam bentuk outbond training.
  12. 12. E. Karakteristik utama PTK• Dibandingkan dengan penelitian kelas, PTK memiliki beberapa karakteristik utama yaitu:• Inisiatif muncul secara spontan sebagai wujud kepedulian guru terhadap ketidak optimalan proses dan hasil pembelajaran• Berpangkal pada permasalahn praktis yang dialami guru dalam pembelajaran• Dilakukan melalui suatu siklus reflektif, dan bentuk partisipasi atau keterlibatan orang lain• Dilakukan secara “kolaboratif-konsisten” atau kooperatif sebagai kerjasama kolegial (kesejawatan) untuk seluruh tahapan penelitian.• Bersifat longitudinal, artinya PTK harus berlangsung dalam jangka waktu tertentu(2-3 bulan) secara kontinyu untuk memperoleh data yang diperlukan bukan “sekali tembak” selesai pelaksanaannya.
  13. 13. E. Sasaran atau obyek PTKKomponen – komponen dari sebuah kelas: (1) siswa itu sendiri, (2) guru yang sedang mengajar, (3) materi pelajaran, (4) peralatan yang digunakan, (5) hasil pembelajaran, (6) lingkungan pembelajaran, (7) pengelolaan / pengaturan yang dilakukan oleh pimpinan sekolah.
  14. 14. Objek penelitian tindakan kelas harus merupakan sesuatuyang aktif dan dapat dikenai aktivitas, bukan obyek yangsedang diam dan tanpa gerak.1. Unsur siswa2. Unsur guru3. Unsur materi pelajaran4. Unsur peralatan atau sarana pendidikan5. Unsur hasil pembelajaran6. Unsur lingkungan7. Unsur pengelolaan

×