Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Manusia bertanya

3,720 views

Published on

Manusia bertanya

  1. 1. Manusia Bertanya? 2012
  2. 2. Sejak Kapankan Manusia Bertanya?Pada saat Ruh bersatu denganjasad, pada saat itulah pertanyaanmanusia muncul.
  3. 3. Qs: As-Sajdah, 32/ 7 – 8 :Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah.Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina (air mani). Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalam (tubuh) nya r uh (ciptaan) -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati ; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.
  4. 4. Pada saat masih Ruh :• Qs,7/172 : Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
  5. 5. Kondisi dimana kesadaran tanpa Ru dinding / batas kepada Allah h sehingga pertanyaan di ayat tersebut di jawab dengan tegas. Ruh adalah suatu kecerdasan yang murni. Setelah dilahirkan di duniaDan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun , dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. (An-Nahl,16/78 )
  6. 6. Kenapa Bayi yang lahir menangis?• Menangis adalah fitrahnya “Kesedihan”.• Manusia dalam kondisi “Tidak tahu apapun” (dilupakan kesadarannya).• Tetapi diberikan bekal oleh Allah berupa : Indra untuk meng Telinga Imput informasi dari luar Mata dirinya yang diolah dalam Hati otak manusia, sehingga menjadi pengendali dirinya : Aqal
  7. 7. Manusia harus menggunakan sarana yang telah Allah berikan, karena :Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan / Ilmu tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (Al- Israa,17/36)Disinilah yang dinamakan : “Berpikir”
  8. 8. Segala sesuatu yang dilakukan manusia harus berdasarkan “ILMU” Ilmu Allah Wahyu yang Qs:2/159 : “Sesungguhnya datang dari orang-orang yang Allahmenyembunyikan apa yangTelah kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah kami Malaikat Jibril menerangkannya kepada manusia dalam Al kitab, mereka itu dilanati Allah Nabi, Rasul dan dan dilanati (pula) olehsemua (mahluk) yang dapat ‘Ulama = Berilmu melanati”,
  9. 9. Receiver = Source = SumberPenerima AmalIbadah manusia ‫ال‬ Pengirim Pesan Encoding Massage = Wahyu Ilahi Massage = Berserah diri Channel =Ibadah, Channel =Saluran Sholat, do’a, bermakna (Malaikat, Rasul & Alam Semesta) Manusia Decoding Receiver = Source = Karena sudah mengerti Interpreting Penerima dan memahami encoding Pesan
  10. 10. The Creator’s Code Breaker• 3/7 : …. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari isi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.• 3/190 : Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, .....‫لـيـت للوـلى الـلـبب‬La ayaati = Ayat = Tanda-tanda = Kode-kode/Sinyal Ilahi
  11. 11. Beraqal = memecahkan tanda-tanda dari Ilahi agar mengingat kembali• 3/7 : …. Yadzakaru Pengingat / Pelajaran, berarti kita menjadi lupa dan harus mengingat pengetahuan di bawah alam sadar manusia, bagi orang yang beraqal.• 3/190 : …Ayaati : tanda-tanda / sinyal-sinyal dari Allah bagi orang yang beraqal.
  12. 12. Penyesalan Manusia• Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan". Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan datang kepada kamu pemberi peringatan ? maka rasakanlah dan tidak ada bagi orang- orang yang zalim seorang penolongpun. (Qs : 35/37)
  13. 13. Keterangan :• Source : Sumber Pengirim Pesan• Encoding : Membentuk kode-kode pesan• Decoding : Memecahkan / membaca kode-kode pesan• Interpreting : menginterpretasikan kode pesan• Massage : Pesan• Channel : Saluran• Receiver : Penerima pesan• Feed back : umpan balik
  14. 14. Taqarrub Illa Komunikasi terjadiAllah / 2 arah dan timbalMendekatkan diri balik.kepada Allah Mungkinkah bila searah terjadi Taqarrub / kedekatan?
  15. 15. Kita belajar• 10 % dari apa yang kita baca• 20 % dari apa yang kita dengar• 30 % dari apa yang kita lihat• 50 % dari apa yang kita lihat dan dengar• 70 % dari apa yang kita katakan• 90 % dari apa yang kita katakan dan lakukan
  16. 16. Marilah kita merenung
  17. 17. Ikuti Berdasarkan Ilmu• Qs: 17/36 : “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya”.• Jangan menduga-duga : Qs: 10/36 : “Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran[690]. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.
  18. 18. Bagaimana Berkomunikasi Dengan Sang Maha Pencipta?1. Kitab suci2. Mendapatkan informasi dari pendahulu (orang tua, ahli agama).3. Peristiwa dan kejadian yang ada di dunia.4. Tanda-tanda / sinyal-sinyal yang ada di alam.
  19. 19. Kendala Berkomunikasi1. Bahasa yang berbeda.2. Noise (ganguan interal/ persepsi dan eksternal/ budaya).3. Distorsi Pesan. Sehingga Pesan Ilahi tidak dapat diterima / difahami oleh manusia sebagai hamba-Nya.
  20. 20. • BAHASA bisa dibilang merupakan salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Bayangkan jika di dunia ini tidak ada bahasa atau hanya ada 1 bahasa saja, apakah mungkin para ilmuwan bisa menciptakan penemuan-penemuan penting? Lalu, ada berapa sebenarnya jumlah bahasa di dunia? Menurut Ethnologue, saat ini ada sekitar 6.912 bahasa yang dituturkan orang di seluruh dunia. Jumlah ini tentu saja masih diragukan keakuratannya karena tiap hari ada bahasa baru yang mungkin muncul, sebaliknya ada pula bahasa yang punah.
  21. 21. Test Bahasa • Sono un credente (Italia)• ‫( אני מאמין‬Ibrani)• 저는 신자입니다 (Korea)• Я верю (Rusia)• 私は信じています (Jepang)• ‫( أنا مؤمن‬Arab)• Im a believer (Inggris) Saya orang beriman (Indonesia)
  22. 22. Jawaban Allah Berkaitan dengan Bahasa :1. Rasul diperintahkan menyampaikan sesuai bahasa kaumnya (Qs: 14/4).2. Pesan Ilahi (wahyu) tidak ada suatu yang mempersulit untuk menyampaikan atau mempelajarinya (Qs: 20/2, 54/ 17, 22, 32 dan 40) di ulang sampai 4 kali.3. Pesan Ilahi (wahyu) dimudahkan dengan “bahasamu” agar mendapat pelajaran (Qs: 44/58, 19/97)
  23. 23. Noise (gangguan terkait bahasa) :• Qs: 41/44 : “Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka[1334]. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh."
  24. 24. Distorsi Pesan  KelalaianQs : 7/179 : Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.
  25. 25. Metode Basyiran wa Nadziran• Qs: 19/97 : “Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang”.
  26. 26. Kita Terlahir (Diadakan)kedunia fana ini dibekali olehALLAH dengan3 ciri :
  27. 27. Ibarat Sebuah Komputer1. JASMANI – jasmani adalah merupakan hardwarenya yang mempunyai beberapa spesifikasi, antaranya : a. Memiliki hawa nafsu ( yang selalu menginginkan yang serba lebih) b. Mempunyai jangka waktu pakai ( apabila tidak dirawat secara baik, akan merusak kualitasnya ) c. Seiring dengan perjalanan waktu – kemampuan hardware semakin lemah begitu juga hawa nafsunya.
  28. 28. 2. RUH – ruh ibarat arus listrik kepada komputer b. Tanpa arus listrik hardware tidak dapat digerakkan. c. Arus listrik ini ada jangka waktunya ( jangka waktu ini bisa diberhentikan oleh pengendalinya kalau kontraknya sudah selesai …… siapakah pengendalinya ?
  29. 29. 3. JIWA – jiwa ini di ibaratkan CPU pada komputer a. Dengan CPU kita dapat menggerakkan hardwarenya. b. CPU saja tidak cukup, kita perlu ada operasi sistem dan juga software pendukung lainnya ( karena sejak lahirnya selalu dilatih dan ditambah softwarenya secara bertahap sesuai dengan kemampuannya. Semakin banyak softwarenya, semakin canggihlah sebuah komputer )
  30. 30. … Dalam kehidupan jiwa (CPU), jiwa sangat patuhpada keperluan jasmaninya (hardware) atau iadikatakan selalu menurut hawa nafsunya.... Dan kadang-kadang jiwa (CPU) bisadikendalikan dengan baik oleh Ruhnya (aruslistrik).… Hawa nafsu selalu mengajak kepadakeburukan.… Sedangkan Ruh (arus listrik) selalu mengajakkepada kebaikan dan taat kepada Pengendalinya.
  31. 31. Penghidupan sebuah komputer sentiasa mendapatgangguan dan ancaman yang bersifat externaldaripada Virus, siapakah Virus itu ? __________ dan_____________Untuk itu komputer harus dilengkapi dengan anti-virusyang selalu update agar dapat menghalangi berbagaiserangan virus.Kita harus selalu mengupdate anti-virus, update inilahyang dinamakan ? ___________Anti-virus inilah yang dikenali dengan ? __________dan anti-virus yang terbaik saat ini adalah ?___________
  32. 32. Siapakah Yang Bertanggungjawab TerhadapApa Yang Kita Lakukan Di Dunia Ini ?Apakah Jasmani ? …Hardware hanya sebagai pelaksana perintah saja.* Pada saat kita meninggal dunia – jasmani akanhancur menjadi tanah karena jasad merupakan barangpinjaman bukan hak milik.
  33. 33. Siapakah Yang Bertanggungjawab TerhadapApa Yang Kita Lakukan Di Dunia Ini ? Adakah Ruh ? … Ruh hanya memberi arus listrik atau kuasa kepada jasmani (hardware), tanpanya sebuah komputer akan lumpuh walaupun komputer tercanggih yang terbaru. * Pada saat kita meninggal dunia – Ruh inilah dicabut oleh pesuruhnya dan akan kembali kepada “ Sang Pemiliknya
  34. 34. Siapakah Yang Bertanggungjawab Terhadap ApaYang Kita Lakukan Di Dunia Ini ? * Pada saat kita meninggal dunia – Ruh inilah dicabut oleh pesuruh-Nya dan akan kembali kepada “ Sang Pemiliknya Siapa pesuruhnya ? Siapa Sang Pemiliknya ? ?
  35. 35. Siapakah Yang Bertanggungjawab Terhadap ApaYang Kita Lakukan Di Dunia Ini ? Kalau begitu Jiwakah ? …
  36. 36. Siapakah Yang Bertanggungjawab Terhadap Apa Yang Kita Lakukan Di Dunia Ini ?sang jiwalah(CPU) yang bertanggungjawab, karena iamerupakan pusat segala proses dan di sinilahsegala keputusan dibuat dan sudah tentu segalaproses CPU tidak berfungsi tanpa arus listrik danhasil perintah tidak akan wujud apabila tidak adahardwarenya. CPU dapat memutuskan perbuatanbaik/positif dan dapat juga perbuatan tidakbaik/negatif
  37. 37. Dan … Darimana Kita Tahu Segala ProsesJiwa (CPU) Akan Dipertanggungjawabkan ? SEMUA aktivitas-aktivitas CPU direkam dengan sebuah alat yang dinamakan MEMORY. Ada 2 memory iaitu Memory Sementara (RAM) dan Memory Tetap (HARD DISK).
  38. 38. Dan … Darimana Kita Tahu Segala ProsesJiwa (CPU) Akan Dipertanggungjawabkan ? RAM – memory ini akan tersimpan sementara saja, JIKA KITA MENINGGAL DUNIA memory ini akan HILANG. HARD DISK – di memory ini tersimpan dengan lengkap, tidak ada yang pernah luput, KECUALI yang menguasai komputer berniat menghapuskan.
  39. 39. Dan … Darimana Kita Tahu Segala ProsesJiwa (CPU) Akan Dipertanggungjawabkan ?Siapa yang menguasai komputer ?…………………….Penghapusan data ini dinamakan ?
  40. 40. Nasihat Dari Tubuh ‫بسم ال الرحمن الرحيم‬ Surat At Tiin menerangkan bentuk kejadian manusia. Manusia makhlukyang terbaik rohaniah dan jasmaniah, tetapi mereka akan dijadikan orang yang amat rendah jika tidak beriman dan beramal saleh; Allah adalah Hakim Yang Maha Adil. Surat Al Alaq menerangkan bahwa Allah menciptakan manusiadari benda yang hina kemudian memuliakannya dengan mengajarmembaca, menulis dan memberinya pengetahuan . Tetapi manusia tidak ingat lagi akan asalnya, karena itu dia tidak mensyukuri nikmat Allah itu, bahkan dia bertindak melampaui batas karena melihat dirinya telah merasa serba cukup . Perintah membaca (IQRA !); manusia dijadikan dari segumpal darah; Allah menjadikan kalam sebagai alat mengembangkan pengetahuan ;manusia bertindak melampaui batas karena merasa dirinya serba cukup; ancaman Allah terhadap orang-orang kafir yangmenghalang-halangi kaum muslimin melaksanakan perintah-Nya.
  41. 41. Renungi diri kita yang penuhmisteri tak terungkap. rah a sia yangmenakjubkan. kita mungkinbertanya -tanya tentang yang adapada tubuh kita, kita akanrenungkan bagaimana Allahciptakan kita dengan sunggguhsempurna Nasihat Dari Tubuh
  42. 42. Berdiri kita didepan cermin lalulontarkan beberapa pertanyaankepada diri anda sendiri1) kenapa Allah ciptakan mata kita ini 2 dan kenapa tidak 1 atau mungkin  5 dll....?2) kenapa Allah ciptakan telinga ini 2 kenapa tidak 1 atau 4 atau berapa ...?3) kenapa pula Allah ciptakan tangan dan kaki kita sepasang tidak lebih dan tidak kurang pula.....?4) kenapa Allah ciptakan kepala kita di atas bukan di bawah, ditengah  Nasihat Dari Tubuh atau di pinggir...?
  43. 43. yaitu manusia di karuniai 2 pasang mata agar kita dapat melihat dengan jelas mana yang haq dan yang bathil ,membedakan mana kebenaran yang di depan mata dan mana kesesatan yang ada di depan mata. oleh karena itu Allah perintahkan kita untuk Amar makruf nahi mungkar.Nasihat Dari Tubuh
  44. 44. telinga kita 2 maksudnya agar kita banyak mendengarkan semua nasihat dan dan kebaikan -kebaikan . lalu kenapa mulut cuma satu ?? disitulah  kita coba diajari agar kita banyak mendengar dan sedikit bicaraNasihat Dari Tubuh
  45. 45. lalu kenapa kita punya 2 kaki dan 2 tangan ?? agar kita banyak bertindak, beramal dan jangan cuma banyak bicara, karena kebanyakan orang selamat karena menjaga lisan nya. ada otak di dalam nya ? alasannya tentu agar semuanya yang kita lakukan harus ditimbang dengan baik dan secermat mungkin. Disinilah Akal itu muncul yang membedakan kita dan mahluk lain. sungguh maha suci Allah... maka sudahNasihat Dari Tubuh seharusnyalah kita bersyukur dan kita gunakan Akal yang mulia ini untuk  kebenaran ...
  46. 46. Sesungguhnya masihbanyak misteri lain yangbelum terungkap, namundisebalik semuanya adatanda-tanda kebesaranAllah juga nasihat untukkita .nasihat yang cukupbijak bagi kita. Nasihat Dari Tubuh
  47. 47. Saat menatap dan berdiri dihadapan sebuah cermin, 1. Hal apakah yang terlintas dipikiran kita ? 2. Apakah kita merasa takjub dengan kecantikan wajah kita sehingga lupa diri ? 3. Lupa untuk mensyukurinya atau bahkan Lupa kepada yang telah menganugerahkannya ? 4. Ataukah kita merasa kurang dengan pemberian anugerah wajah itu oleh Allah SWT karena mungkin seringkali dinilai sebagian orang hanya memilki wajah yang cantik-cantik ? 5. Ataukah mungkin kita malah merasa, bahwa kecantikan wajah yangRasulullah SAW setiap kali akan bercermin selalu dipantulkan oleh cermin itu tidakmemanjatkan permohonan kepada Allah SWT, berbanding lurus dengan perilakuagar senantiasa diperbagus akhlak dan budipekertinya, sebagaimana Allah SWT telah kita sehari-hari ?memperindah dan memperbagus wajahnya.
  48. 48. Siapa yang menyangka, jika terkadang banyak wajah yang cantik dan tampan, sama sekali tidak sesuai dengan akhlak pemiliknya. Wajah-wajah yang indah itu hanya bagus di luarnya, namun begitu rapuh dan menyimpanRasulullah SAW setiap kali akan bercermin selalumemanjatkan permohonan kepada Allah SWT, banyak misteri penyakit hatiagar senantiasa diperbagus akhlak dan budipekertinya, sebagaimana Allah SWT telah di dalamnya.memperindah dan memperbagus wajahnya.
  49. 49. Mungkin tanpa sadar, dibalik topeng wajahyang kita gunakan sehari-hari, menyimpansegudang kepura-puraan, kedengkian,kebencian, permusuhan, rasa dendam dansegala sifat buruk lainnya. Boleh jadi, kitalebih hafal keburukan dan kekuranganorang lain, sementara keburukan dankekurangan diri kita sendiri sedikitpun takpernah mau kita hafal dan pelajari.
  50. 50. Kita begitu teliti melihat setiap debu yang melekat di wajah orang lain, namun kita buta untuk melihat, bahwa sesungguhnya begitu banyak kotoran yang melekat di wajah kita setiapRasulullah SAW setiap kali akan bercermin selalu harinya.memanjatkan permohonan kepada Allah SWT,agar senantiasa diperbagus akhlak dan budipekertinya, sebagaimana Allah SWT telahmemperindah dan memperbagus wajahnya.
  51. 51. Pandanglah wajah kita dengan seksama, apakah wajah ini yang kelak akan tersenyum bahagia di hari penghisaban ?Pandanglah wajah kita, apakah kelak wajah ini yang akan dipandang oleh-Nya atau sama sekali tak akan dipandang-Nya karena selama di dunia dahulu lebih senang memandang sesuatu yang dilarang dan diharamkan-Nya ?
  52. 52. Semasa anda dilahirkan, anda menangisdan orang disekeliling anda tersenyum.Teruskanlah hidup anda supaya apabilaanda telah dipanggil oleh Sang Ilahinanti, andalah yang akan tersenyum danorang sekeliling anda pula yang akanmenangis.
  53. 53. Dalam Sisa Waktu
  54. 54. 365 hari yang ada di tahun 2011 akansegera berlalu dan berganti dengan 365hari di tahun yang baru, tahun 2012Masehi. Waktu terus berlalu. Dan begitubanyak pula hal-hal yang telah kita ukirdisepanjang hari-hari yang berlalu itu.Tidak semua hari-hari itu kita laluidengan senyum, tawa dan gembira,melainkan juga terisi dengan berbagaiperistiwa memilukan, mengharukan dandukacita.
  55. 55. Mungkin di tahun ini ada yangditinggal mati oleh salah seoranganggota keluarganya. Mungkin di tahunini, ada yang ditimpa bencana, ataumungkin ada sebagian dari kita ditahun ini yang hanya bisamenghabiskan waktunya dalamkeadaan terbaring di dirawat karenasakit kronis.
  56. 56. Terkadang, kita selalu saja disibukkandengan menghitung jumlah hari yangada. Sibuk menghitung biaya hidupyang selalu kita keluarkan tiap harinya,tiap bulannya dan tiap tahunnya. Sibukmenghitung seberapa besarkeuntungan dan kerugian yang kitaperoleh dari usaha perniagaan yangkita geluti. Namun,seringkah kita melakukan perhitungantentang amal yang telah kita lakukanselama ini ?
  57. 57. Marilah kita kalkulasi waktu kita yangtelah kita lewati di dunia. Bila kita telahberusia 20 tahun. Kita terkejut bilamenghitung hari-hari yang telah ialewati sepanjang hidup, yang ternyatatelah ia lewati lebih dari 7.300 hari. kitapun berteriak menangis dan berkata,“kita harus bertemu Allah dengan 3.650dosa ? Bagaimana jika kita melakukan100 dosa setiap hari?
  58. 58. Banyak dari kita yang merasa yakin danseolah-olah akan terus hidup di duniaini. Banyak dari kita yang tak henti-hentinya terus mengayuh rodakehidupan dalam gelombang kejahatan,kecerobohan, kelalaian, perilaku burukdan moral yang meruntuhkan sendi-sendi kehidupan manusia normal yangberakal.
  59. 59. Banyak dari kita yang tetap setia dalamkepura-puraan, bermuka dua, dalambungkusan topeng citra diri dan selaluberupaya menyebarkan propagandauntuk mengadu domba sesama. Semuadilakoni dengan tenang, tanpa bebandan tanpa perasaan bersalah, baik dihadapan manusia, lebih-lebih dihadapan Sang pencipta.
  60. 60. Dunia bukanlah tempat keabadian. Iahanya sementara, fana, akan hancurdan segera berlalu, serta hanya sekejapkita rasakan kenikmatannya.Sesungguhnya dunia adalah sarana,tempat dimana kita berupaya sebaikmungkin untuk mengisi hari-harinyadengan segala amalan untuk mencapairidha-Nya.
  61. 61. Hari-hari yang akan kita lalui adalahsarana perjuangan kita. Sarana untukkita meletakkan segala sesuatusesuai tempatnya serta jalan yangakan kita lewati dengan iringan sukadan duka. Akan kita dapati bahwaharapan terkadang tidakberkesesuaian dengan kenyataan danujian pasti akan menghalang.
  62. 62. Semoga setiap anugerah hari yangdiberikan oleh-Nya, semakin membuatkita tersadar dan bersabar, bahwa dirikita adalah kecil dan senantiasamemerlukan pertolongan dari-Nya.Semoga setiap waktu yang diberikan-Nya, semakin menumbuhkankesadaran dan kekuatan bagi kitauntuk senantiasa memperbaiki diridari hari ke hari.
  63. 63. Ya Allah,Dalam sisa-sisa usia kamiBantulah kami untuk menuju kepada-MuDengan sebaik-baik jalan yang kamitempuhYang teriring bersama taubat dankesungguhanDalam perbaikan dzikir, syukur dansegala amal…
  64. 64. Manusia Mahluk Berakal Akal adalah pemberian Allah kepada setiap manusia sebagai satu kekuatan yang mempunyai kemampuan luar biasa dan menakjubkan. MANUSIA adalah makhluk yang istimewa dan mulia di sisi Allah dibandingkan dengan makhluk lain karena dikurniakan anugerah akal pikiran dan dengan kelebihan akal itu Allah melantik manusia sebagai khalifah di muka bumi.
  65. 65. Mari Kita Simak Klip berikut :

×