PERBANDINGAN LINUX VS WINDOWS


Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Jika dilihat dari sisi HAKI, SO Windows dan kebanyakan program-program
aplikasiny...
 Instalasi dan Kelengkapan Program

Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya
Windows tidak menyediakan banyak program ...
 Security dan Virus

Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering di temukan adalah virus dan
spyware. Dari tah...
 Kemudahan dan Keamanan

Sebagai user biasa yang bukan root, hendaknya tidak bisa utnuk menulis file di
sembarang folder ...


Defrag

Di Windows, Anda mungkin sering menemui masalah menurunnya kecepatan
Windows. Salah satu penyebabnya adalah fil...
 Sistem Distribusi

Windows hanya mengenal satu distribusi yaitu Microsoft.
Sementara, Linux mengenal banyak distribusi y...


Waktu Pengoperasian

Sebagai SO personal workstation, Windows akan sering dimatikan apabila ditinggalkan
pemiliknya unt...


Program Aplikasi

Windows unggul untuk aplikasi Office-nya. Diakui bahwa Microsoft Office termasuk
tool yang sangat ena...
 User Interface

Di Windows, Anda tidak banyak memiliki pilihan user interface.
Sebagai misal, di Windows 95/98 Anda hany...


Konfigurasi Sistem

Windows dikenal kemudahan dalam pemakaiannya, karena hampir semua hal

bisa dilakukan dengan sistem...


Pengertian Windows & Linux

windows adalah sistem operasi computer berbasiskan GUI yang paling banyak

digunakan oleh u...
 Kelemahan Dan kelebihan Windows & Linux

 Kelemahan windows
Harga lisensi terlau sulit dan dijangkau oleh user secara k...
WASSALAM. . .
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Andiratih 10 152

198 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Andiratih 10 152

  1. 1. PERBANDINGAN LINUX VS WINDOWS
  2. 2.  Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Jika dilihat dari sisi HAKI, SO Windows dan kebanyakan program-program aplikasinya, kepemilikan lisensi (rata-rata berharga $200 USD) merupakan sarat mutlak untuk penggunannya. Sementara Linux dan program-program aplikasinya dilain pihak berlisensi gratis dan justru mendorong para penggunanya untuk menyebarluaskan perangkat lunak tersebut.
  3. 3.  Instalasi dan Kelengkapan Program Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya. Ini sangat berbeda dengan Linux. Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, Anda akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, d ll.
  4. 4.  Security dan Virus Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering di temukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin mengecil tetapi malah semakin membesar. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat keamanan lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar.
  5. 5.  Kemudahan dan Keamanan Sebagai user biasa yang bukan root, hendaknya tidak bisa utnuk menulis file di sembarang folder karena user biasa hanya memiliki akses tulis di folder home mereka. Sebagai user biasa, Anda tidak akan bisa mengubah bagian penting dari sistem Linux. Bahkan virus pun tidak bisa dengan mudah menyentuh sistem Linux. Hal ini berbeda jauh dengan Windows yang sangat rentan dengan virus. Ini terjadi karena user biasa di Windows juga sekaligus mempunyai hak sebagai administrator. Dan hal ini mengakibatkan system mudah di akses sehingga viruspun mudah di kembangkan pada system windows.
  6. 6.  Defrag Di Windows, Anda mungkin sering menemui masalah menurunnya kecepatan Windows. Salah satu penyebabnya adalah file-file di harddisk yang sudah tidak tersusun. Di Linux Anda tidak akan menemukan program untuk men-defrag harddisk. Anda tidak perlu melakukan defragment di harddisk Linux! Sistem file Linux yang menangani semuanya ini secara otomatis. Namun jika harddisk Anda sudah terisi sampai 99% Anda akan mendapatkan masalah kecepatan. Pastikan Anda memiliki cukup ruang supaya Linux menangani sistemnya dan Anda tidak akan pernah mendapatkan masalah deframentasi.
  7. 7.  Sistem Distribusi Windows hanya mengenal satu distribusi yaitu Microsoft. Sementara, Linux mengenal banyak distribusi yang merupakan kumpulan kernel Linux, pustaka – pustaka sistem, dan software – software yang dibungkus dengan prosedur tertentu. Yang membedakan antar distribusi bisa saja pada semua bagian tersebut (kernel yang berbeda versi dan pengaturan, software dan pustaka yang berbeda), termasuk prosedur pemaketannya.
  8. 8.  Waktu Pengoperasian Sebagai SO personal workstation, Windows akan sering dimatikan apabila ditinggalkan pemiliknya untuk menghemat listrik karena tidak akan ada orang lain yang akan menggunakan komputer itu. Sistem Linux dirancang untuk bisa digunakan bersama-sama oleh banyak orang. Karena itu perlindungan berkas dan proses-proses milik seseorang terhadap orang lain menjadi porsi besar dari perhatian perancangnya. Pada sistem Linux ditemui pengguna Linux yang bekerja dengan user root (nama super user di dunia Unix).
  9. 9.  Program Aplikasi Windows unggul untuk aplikasi Office-nya. Diakui bahwa Microsoft Office termasuk tool yang sangat enak untuk bekerja di PC seperti menyiapkan presentasi, tulisan, laporan, agenda dll. Linux unggul dalam aplikasi Webserver, proxy server, firewall, mail server, Samba dll. Pada aplikasi server umumnya X-Windows tidak lagi digunakan di Linux, oleh karena itu Linux biasanya lebih hemat resources (memory & harddisk) di bandingkan Windows. Sementara komunitas Linux juga berusaha keras untuk mengejar ketinggalannya dalam aplikasi Office-nya dengan mengembangkan StarOffice .
  10. 10.  User Interface Di Windows, Anda tidak banyak memiliki pilihan user interface. Sebagai misal, di Windows 95/98 Anda hanya mengenal user interface bawaan Windows 95/98. Anda sedikit lebih beruntung jika menggunakan Windows XP, karena Anda bisa berpindah dari interface milik Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan. Sedangkan Di Linux, kita dapat menemukan banyak macam user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer. Sebagai misal, pada komputer yang lambat Anda bisa menggunakan user interface yang ringan, seperti XFCE atau Fluxbox.
  11. 11.  Konfigurasi Sistem Windows dikenal kemudahan dalam pemakaiannya, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan sistem point n’ click yang sudah berbasis grafis. Di Linux ada kalanya perlu menyunting driver secara manual melalui command line. Tetapi dengan adanya PCLINUX Control Center, konfigurasi sistem bisa dilakukan dengan mudah.
  12. 12.  Pengertian Windows & Linux windows adalah sistem operasi computer berbasiskan GUI yang paling banyak digunakan oleh user didunia. Awal mula munculnya windows yaitu dari QDOS (Quick and Dirty Operating System) yang ditulis oleh TIM Paterson dari Seattle Computer pada tahun 1980. Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memliki .
  13. 13.  Kelemahan Dan kelebihan Windows & Linux  Kelemahan windows Harga lisensi terlau sulit dan dijangkau oleh user secara keseluruhan Tidak ada efek tiga dimensi dan memiliki resolusi gambar terlalau rendah.  kelebihan windows Dukungan hardware yang lengkap, aplikasi bagi platform Windows lebih banyak.Memiliki pengaturan control akses yang canggih dibandingkan dengansistem operasi yang lain.  Kelemahan Linux Masih belum banyak software yang cocok dijalankan di linux dan Beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.  Kelebihan Linux Sistem operasi yang tahan tertular virus dan Linux juga sangat baik digunakan untuk jaringan.
  14. 14. WASSALAM. . .

×