Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Pengantar
Artificial Intelligence
Sherly Christina, S.Kom., M.Kom
Definisi Kecerdasan Buatan
 H.A. Simon [1987] :
“Kawasan penelitian, aplikasi & instruksi yang terkait dengan
pemrograman...
Definisi Kecerdasan Buatan
 Rich and Knight [1991]:
“Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer
melakukan hal-hal ya...
Definisi Kecerdasan Buatan
 Encyclopedia Britannica:
“Cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi
pengetahuan leb...
Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston
dan Prendergast [1984]:
1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)...
Bahasa pemrograman AI :
 LISP, dikembangkan awal tahun 1950-an, bahasa
pemrograman pertama yang diasosiasikan dengan AI.
...
Task Domains of Artificial Intelligence
KONSEP & DEFINISI DALAM AI
 TURINGTEST – Metode Pengujian
Kecerdasan
 TuringTest dibuat oleh Alan Turing.
 Proses uji i...
KONSEP & DEFINISI DALAM AI
 Penanya tidak bisa melihat langsung kepada obyek yang
ditanyai
 Penanya diminta untuk membed...
KONSEP & DEFINISI DALAM AI
 PEMROSESAN SIMBOLIK
 Komputer => memproses bilangan/angka-angka (pemrosesan
numerik).
 Seme...
KONSEP & DEFINISI DALAM AI
 HEURISTIC
 Istilah Heuristic diambil dari bahasaYunani yang berarti
menemukan.
 Strategi un...
PENARIKAN KESIMPULAN (INFERENCING)
 AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan
berpikir atau mempertimbangkan (reasoning...
PENCOCOKAN POLA (PATTERN MATCHING)
 AI bekerja dengan metode pencocokan pola (pattern
matching)
 untuk menjelaskan obyek...
1 pengantar ai
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

1 pengantar ai

352 views

Published on

Pengantar Kecerdasan Buatan

Published in: Engineering
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

1 pengantar ai

  1. 1. Pengantar Artificial Intelligence Sherly Christina, S.Kom., M.Kom
  2. 2. Definisi Kecerdasan Buatan  H.A. Simon [1987] : “Kawasan penelitian, aplikasi & instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas”
  3. 3. Definisi Kecerdasan Buatan  Rich and Knight [1991]: “Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
  4. 4. Definisi Kecerdasan Buatan  Encyclopedia Britannica: “Cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, & memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.”
  5. 5. Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]: 1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama) 2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah) 3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
  6. 6. Bahasa pemrograman AI :  LISP, dikembangkan awal tahun 1950-an, bahasa pemrograman pertama yang diasosiasikan dengan AI.  PROLOG, dikembangkan pada tahun 1970-an.  Bahasa pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming (Objective C, C++, Smalltalk, Java)
  7. 7. Task Domains of Artificial Intelligence
  8. 8. KONSEP & DEFINISI DALAM AI  TURINGTEST – Metode Pengujian Kecerdasan  TuringTest dibuat oleh Alan Turing.  Proses uji ini melibatkan seorang penanya (manusia) & dua obyek yg ditanyai (manusia dan mesin).
  9. 9. KONSEP & DEFINISI DALAM AI  Penanya tidak bisa melihat langsung kepada obyek yang ditanyai  Penanya diminta untuk membedakan mana jawaban komputer & mana jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut.  Jika penanya tidak dapat membedakan mana jawaban mesin & mana jawaban manusia makaTuring berpendapat bahwa mesin yg diuji tersebut dapat diasumsikan CERDAS.
  10. 10. KONSEP & DEFINISI DALAM AI  PEMROSESAN SIMBOLIK  Komputer => memproses bilangan/angka-angka (pemrosesan numerik).  Sementara manusia dalam berpikir dan menyelesaikan masalah lebih bersifat simbolik, tidak didasarkan kepada sejumlah rumus atau melakukan komputasi matematis.
  11. 11. KONSEP & DEFINISI DALAM AI  HEURISTIC  Istilah Heuristic diambil dari bahasaYunani yang berarti menemukan.  Strategi untuk melakukan proses pencarian (search) secara selektif,  Memandu proses pencarian disepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar.
  12. 12. PENARIKAN KESIMPULAN (INFERENCING)  AI mencoba membuat mesin memiliki kemampuan berpikir atau mempertimbangkan (reasoning)  Di dalam reasoning terdapat proses penarikan kesimpulan (inferencing)  Berdasarkan fakta-fakta & aturan dengan menggunakan metode heuristik atau metode pencarian lainnya.
  13. 13. PENCOCOKAN POLA (PATTERN MATCHING)  AI bekerja dengan metode pencocokan pola (pattern matching)  untuk menjelaskan obyek, kejadian (events) atau proses.

×