Your SlideShare is downloading. ×
Presentasi proposal tugas  akhir
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Presentasi proposal tugas akhir

1,943

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,943
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
89
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Saat ini keamanan merupakan aspek yang sangat pentingdalam berkomunikasi dengan menggunakan komputer dan perangkatkomunikasi lainnya. Kerahasiaan data atau informasi harus terjaga daripihak yang tidak berwenang hingga data atau informasi tersebut terkirimkepada penerima yang semestinya. Namun kenyataannya mediaTeknologi Informasi seperti komputer merupakan media Informasi yangtidak terjamin keamanannya karena merupakan media TeknologiInformasi umum yang dapat digunakan secara bebas oleh siapapunsehingga sangat rentan terhadap penyadapan informasi oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan. Keamanan saat ini sangat penting dalam memberi sebuahinformasi, baik untuk tujuan keamanan bersama, maupun untuk privasiindividu. Perlindungan terhadap kerahasiaan informasi meningkat, salahsatu caranya dengan penyandian data atau yang dinamakan enkripsi.Enkripsi merupakan suatu proses pengubahan informasi menjadikarakter yang tidak dapat dibaca. Bagi para pengguna mereka tidakmemikirkan seberapa sulit algoritma dan aplikasinya, yang merekainginkan adalah menjaga kerahasiaan data.
  • 2. Banyak pertanyaan yang muncul, Apakah memberikan informasirahasia dapat terjamin kerahasiaannya? Bagaimana mencegahpenyadapan informasi? Bagaimana mengantisipasi seseorang mencuridata?. Berdasarkan pertanyaan ini muncul berbagai metodepengkodean yang salah satunya dikenal dengan metode kriptografi. Halini dilakukan dikarenakan penyadap dan pencuri informasi atau yanglebih dikenal dengan sebutan cracker semakin handal dalam menggaliberbagai macam informasi. Oleh karena itu dalam rangka melawantindakan tersebut, pakar-pakar kriptografi terus mengembangkanmetode ini secara berkesinambungan Penelitian ini akan memberikan gambaran mengenaipemanfaatan komputer agar dapat merahasiakan suatu file gambar danterjamin keamanannya. Maka penulis mencoba membuat aplikasi yangdapat membantu menangani masalah tersebut. File gambar akan diolahdengan menggunakan program aplikasi dan nantinya dapat dibacadengan aman oleh pihak yang diinginkan. Oleh sebab itu penulismenyajikan penelitian yang berjudul : Enkripsi Dan Dekripsi PadaCitra Digital Menggunakan Algoritma RC4
  • 3. Perumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikandia atas, maka permasalahan yang penulis rumuskanadalah bagaimana membuat suatu sistem atau aplikasiyang dapat menjaga kerahasiaan suatu file gambaragar informasi dapat tersimpan dengan aman.
  • 4. Pembatasan Masalah1. File citra yang di enkripsi dan dekripsi hanya berjenis data dan informasi berformat gambar bmp, jpg.2. File citra yang di enkripsi dan dekripsi berformat citra 24 bit.
  • 5. Tujuan Tugas akhir ini bertujuan untuk membuatperangkat lunak yang dapat dipergunakan untukmengembangkan aplikasi pengolahan citra digital dalammerancang aplikasi yang dapat menjaga kerahasiaangambar yang dimiliki dimedia penyimpanan denganenkripsi dan dekripsi, yang nantinya dapat membantudalam hal sistem keamanan pada dunia digital.
  • 6. SISTEM ENKRIPSI DAN DEKRIPSI Dengan menggunakan teknik enkripsi, sebuah informasi dapatdienkode sedemikian sehingga sangat tidak beraturan dan sulit untukdikembalikan ke pesan asal tanpa kunci rahasia. Dalam kontekkriptografi, plaintext adalah informasi yang belum di enktripsi sedangkanciphertext adalah informasi yang telah dienkripsi. Jika sebuah informasi telah dienkripsi maka informasi tersebutdapat disimpan atau ditransmisikan dalam media yang tidak amannamun tetap terjaga kerahasiannya. Kemudian, pesan tersebut dapatdidekripsi kedalam bentuk aslinya. Ilustrasi proses tersebut dapat dilihatpada gambar dibawah. Gambar Ilustrasi proses Enkripsi dan Dekripsi
  • 7. ALGORITMA RIVEST CODE (RC4) RC4 merupakan stream cipher yang didesain oleh Rivestuntuk RSA Data Security (sekarang RSA Security) pada 1987. RC4menggunakan panjang variable kunci dari 1 s.d 256 byte untukmenginisialisasi state tabel. State table digunakan untukpengurutan menghasilkan byte pseudo-random yang kemudianmenjadi stream pseudo-random. Setelah di-XOR dengan plaintextsehingga didapatkan ciphertext. Tiap elemen pada state table diswap sedikitnya sekali. Kunci RC4 sering dibatasi sampai 40 bit,tetapi dimungkinkan untuk mengunakan kunci 128 bit.
  • 8. GAMBAR DIAGARAM ALGORITMA RC4 SECARA UMUM
  • 9. a. User memasukkan secret key yang akan digunakan dalam proses enkripsi/dekripsi.b. Simpan secret key yang telah dimasukkan user ke dalam array 256 byte secara berulang sampai array terisi penuh.c. Bangkitkan nilai pseudorandom berdasarkan nilai key sequence.d. Bangkitkan nilai pseudorandom key byte stream berdasarkan indeks dan nilai S-Box.e. Lakukan operasi XOR antara plaintext/ciphertext dan pseudorandom key byte stream untuk menghasilkan ciphertext/plaintext.
  • 10. METODE PENELITIAN Adapun metode penelitian yang digunakan untukmenyelesaikan tugas akhir ini adalah:1. Kepustakaan, dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan membaca serta memahami referensi yang terkait dengan enkripsi dan dekripsi pada citra digital menggunakan algoritma RC4.1. Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Keras (Hardware) Perangkat keras yang digunakan sebagai pendukunguntuk membuat perangkat lunak Enkripsi dan dekripsi ini adalahlaptop yang memiliki spesifikasi sebagai berikut :a. Processor intel(R) Pentium(R) Dual CPU T3400 @ 2.16 GHz (2 CPUs)b. RAM DDR2 2 GBc. Monitor 14” (Plug and Play Monitor)d. Hard Disk 250 GBe. VGA Card 128.0 MB
  • 11. 3. Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (Software) Perangkat lunak yang digunakan sebagai pendukunguntuk perancangan perangkat lunak yang dikembangkanmembutuhkan : a. Sistem Operasi Microsoft Windows XP b. Microsoft Visual Studio 6.0 Enterprise Edition4. Langkah – Langkah Proses Ekripsi dan Dekripsi Secara umum langkah-langkah yang dilakukan untukenkripsi dan dekripsi file citra dengan algoritma RC4 adalahsebagai berikut : 1. Proses diawali dengan membuka file gambar asli yang akan disandikan dan menulis key untuk menjaga keamanan gambar. 2. Selanjutnya melakukan proses enkripsi setelah kunci dimasukkan.
  • 12. 3. Proses enkripsi dan dekripsi ini dilakukan dengan menggunakan fungsi RC4 : a. Proses penyesuaian lebar dan tinggi gambar. b. Selanjutnya dilakukan proses pengacakan gambar. c. Dengan demikian proses pengacakan gambar telah selesai dilakukan dan file gambar menjadi file yang tidak dapat dibaca dan dimengerti maknanya.4. Kemudian file gambar akan disimpan atau tidak dan proses selesai.5. Begitu sebaliknya proses dekripsi dilakukan.
  • 13. 5. Perancangan Sistem a. Diagram Aliran Proses Enkripsi
  • 14. a. Diagram Aliran Proses Dekripsi
  • 15. HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil yang diharapkan dari tugas akhir ini yaitu suatuperangkat lunak / program pengamanan suatu file gambaryang menggunakan enkripsi dan deskripsi, dimana programtersebut dapat menjadi secure key (kunci keamanan) dalammenjaga kerahasiaan file gambar. Dalam penggunaanprogram ini, dilakukan pemilihan file gambar yang akan dienkripsi sesuai dengan kebutuhan, dan selanjut nyamelakukan dekripsi untuk membuka file gambar yang telah dienkripsi tersebut.
  • 16. TERIMA KASIH

×