• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Presentasi Pembangkit Listrik tenaga MikroHidro (PLTMH)
 

Presentasi Pembangkit Listrik tenaga MikroHidro (PLTMH)

on

  • 9,659 views

 

Statistics

Views

Total Views
9,659
Views on SlideShare
9,659
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
421
Comments
2

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

12 of 2 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment
  • For more information, go to www.duarte.com or email us at fiverules@duarte.com.

Presentasi Pembangkit Listrik tenaga MikroHidro (PLTMH) Presentasi Pembangkit Listrik tenaga MikroHidro (PLTMH) Presentation Transcript

  • POLITEKNIK NEGERI PADANG JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PRODI TEKNIK LISTRIK PRESENTASI o l e h (PLTMH)1. IRMA C. ENDHANA 11010240092. M. REZQI FATHONI 11010240103. ZUFA ANDREA 11010240114. AGUNG SATRIA 1101024012
  • Point yang akan dibahas :1. Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro .2. Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro.
  • SEKILAS MENGENAI PLTMHPembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) merupakansuatu pembangkit skala kecil yang mengubah energi potensial airmenjadi kerja mekanis, dengan cara memutar turbin dangenerator untuk menghasilkan daya listrik skala kecil.Mikrohidro adalah istilah yang digunakan untuk instalasipembangkit listrik yang mengunakan energi air. Kondisi air yangbisa dimanfaatkan sebagai sumber daya (resources) penghasillistrik adalah memiliki kapasitas aliran dan ketinggian tertentudan instalasi. Semakin besar kapasitas aliran maupunketinggiannya dari istalasi maka semakin besar energi yang bisadimanfaatkan untuk menghasilkan energy listrik.
  • Bendungan pengalih (intake)Bak pengendap (Settling Basin)Saluran Pembawa (Headrace) Pipa pesat (penstock) Turbin Generator
  • Dam / Bendungan pengalih (intake) Dam / Bendungan merupakan tempat penampungan air. Bendungan untukinstalasi PLTMH dapat berupa bendungan beton atau bendungan beronjong. Dam pengalih berfungsi untuk mengalihkan air melalui sebuah pembuka di bagian sisi sungai ke dalam sebuah bak pengendap.
  • Saluran Pembawa merupakan saluran mengalirkan air dari intakemenuju pipa pesat dengan menjaga ketinggian muka airnya. Saluranini biasanya mempunyai kemiringan relative kecil. Tipe SaluranPembawa biasanya sangat tergantung pada kondisi topografi geologidaerah yang dilewati, dan dapat berupa saluran terbuka, pipaataupun terowongan, baik bertekanan ataupun tidak bertekanan.Konstruksi saluran penghantar dapat berupa pasangan batu kali atauhanya berupa tanah yang digali. Pada saluran penghantar yangpanjang perlu dilengkapi dengan saluran pelimpah untuk setiap jaraktertentu. Jika terjadi banjir pada saluran tersebut, kelebihan air akanterbuang melalui saluran pelimpah.
  • Bak pengendap (Setling Basin) Bak pengendap ini biasanya seperti kolam yang dibuat dengan memperdalam dan memperlebar sebagian saluran penghantar dan menambahnya dengan saluran penguras. Fungsinya untuk mengendapkan pasir dan menyaring kotoran yang hanyut, sehingga air yang masuk ke turbin relatif bersih.
  • Bak Penenang (Forebay)Bak penenang (forebay) terletak diujung saluran pembawa. Fungsibak penenang secara kasar ada dua jenis :a. Mengontrol perbedaan debit dalam penstock dan sebuah saluranpembawa karena fluktuasi beban.b. Pemindahan sampah terakhir (tanah danpasir, kayu yangmengapung, dll.) dalam air yang mengalirStruktur bak penenang terdiri dari bak pengendap (setting basin),saluran pelimpah (spillway), trashrack, dan bak penenang sendiri.Bangunan ini sering kali dikenal dengan istilah head tank sebagaireservoir air yang terletak pada sisi atas untuk aliran ke unit turbinyang terletak dibagian bawah. Beda jatuh air ini yang dikenal head.
  • Turbin mengubah atau mengkonversikan (1 MW) Turbin Francis Mini energi potensial airmenjadi energi mekanik berupa putaran poros turbin. Putaran porosturbin ini yang akan diteruskan untuk memutar poros generator.Turbin berfungsi untuk mengkonversi energi aliran air menjadienergi putaran mekanis.
  • Pipa Hisap Pipa hisap berfungsi untuk menghisap air, mengembalikan tekanan aliran yang masih tinggi ke tekanan atmosferGeneratorGenerator berfungsi untuk menghasilkan listrik dari putaran mekanis.Panel kontrol. Panel kontrol berfungsi untuk menstabilkan teganganPengalih beban (Ballast Load)Pengalih beban berfungsi sebagai beban sekunder (dummy) ketikabeban konsumen mengalami penurunan. Kinerja pengalih beban inidiatur oleh panel kontrol.
  • Prinsip dasar mikrohidro adalah memanfaatkan energipotensial yang dimiliki oleh aliran air pada jarak ketinggian tertentu dari tempat instalasi pembangkit listrik. Sebuah skema mikrohidro memerlukan dua hal yaitu,debit air dan ketinggian jatuh (head) untuk menghasilkan tenaga yang dapat dimanfaatkan.
  • Perubahan tenaga potensial air menjadi tenaga listrik tidaklahlangsung, melainkan melalui beberapa tahapan berturut-turutsebagai berikut : Tenaga potensial Tenaga kinetik Tenaga mekanik Tenaga listrik