Your SlideShare is downloading. ×
0
ASEAN
Kelompok II
Achyuni Putri Maisya
Dimas Cigra
Dinda Annisa
Kevin Rafif
Maulina Jauhari
Syarifah Hikmatul
Yolanda Huta...
ASEAN
ASEAN itu (singkatan dari Association of
Southeast Asian Nations atau Perhimpunan
Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adala...
Sejarah Singkat
• Para menteri luar negeri asia tenggara Adam Malik
(Indonesia), Rajaratnam (Singapura), Narciso Ramos
(Fi...
Struktur ASEAN
• ASEAN Ministerial Meeting (Sidang Tahunan Para
Menteri)
• Standing Committee (Badan yang bersidang
dianta...
Peran Terhadap Dunia Internasional
Peran Terhadap Indonesia
•

Manfaat ASEAN bagi Indonesia yaitu: ASEAN mampu menciptakan
stabilitas, perdamaian, dan ketera...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

SLIDE ASEAN

134

Published on

Published in: News & Politics
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
134
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "SLIDE ASEAN"

  1. 1. ASEAN Kelompok II Achyuni Putri Maisya Dimas Cigra Dinda Annisa Kevin Rafif Maulina Jauhari Syarifah Hikmatul Yolanda Hutabarat
  2. 2. ASEAN ASEAN itu (singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerjasama antarnegara di Asia Tenggara sejak tahun 1967.
  3. 3. Sejarah Singkat • Para menteri luar negeri asia tenggara Adam Malik (Indonesia), Rajaratnam (Singapura), Narciso Ramos (Filipina), Tun Abdul Rajak (Malaysia), dan Thanat Khoman (Muangthai), merasa terpanggil untuk membentuk suatu badan kerja sama regional di kawasan Asia Tenggara. • Sejarah Pembentukian ASEAN didasarkan pada ekonomi, sosial, dan budaya, faktor intern dan ekstern. Faktor intern, yaitu bersatu untuk memperjuangkan kepentingan bersama dan sama-sama sebagai bekas negara jajahan barat. Sedangkan faktor ekstern, yaitu adanya perang Vietnam (Indochina) dan sikap RCC yang ingin mendominasi Asia Tenggara.
  4. 4. Struktur ASEAN • ASEAN Ministerial Meeting (Sidang Tahunan Para Menteri) • Standing Committee (Badan yang bersidang diantara dua sidang Menlu negara ASEAN untuk menangani persoalan-persoalan yang memerlukan keputusan para menteri) • Komite-Komite tetap dan komite-komite khusus. • Sekretariat nasional ASEAN pada setiap ibu kota negara-negara anggota ASEAN.
  5. 5. Peran Terhadap Dunia Internasional
  6. 6. Peran Terhadap Indonesia • Manfaat ASEAN bagi Indonesia yaitu: ASEAN mampu menciptakan stabilitas, perdamaian, dan keteraturan di kawasan ASEAN sehingga dapat melanjutkan pembangunan di segala bidang dan dapat mendorong anggota ASEAN menjadi negara yang lebih maju; ASEAN memiliki berbagai bentuk kerja sama di bidang pembangunan dan percepatan pemajuanekonomi, antara lain, perluasan perdagangan, investasi, kepariwisataan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta di bidang pendidikan; ASEAN adalah organisasi kawasan yang kebanyakan anggotanya merupakan Negara berkembang sehingga asosiasi itu dapat menjadi wadah bagi negara anggota dalam memperjuangkan kepentingan bersama di forum internasional; ASEAN dan negara anggota telah memberikanbantuan kepada Indonesia saat terjadi bencana alam, seperti tsunami di Aceh (2004), gempa dan gunung meletus di Yogyakarta (2006 dan 2010), serta gempa dan tsunami di Pulau Nias (2009); Selain itu, negara anggota ASEAN turut serta dalam proses perdamaian di Aceh melalui Aceh Monitoring Mission.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×