Robotika

708 views
604 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
708
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
89
Actions
Shares
0
Downloads
20
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Robotika

  1. 1. Perancangan Robot Pemadam Api ASRUL ASRIADI (D21109306 ROBOTIKA
  2. 2. Latar Belakang Teknologi adalah cara untuk mendapatkan sesuatu dengankualitas lebih baik (lebih mudah, lebih murah, lebih cepat danlebih menyenangkan). Salah satu teknologi yang berkembangpesat saat ini adalah teknologi dibidang kerobotan. Robot bergunauntuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan tertentumisalnya untuk melakukan pekerjaan yang memerlukan ketelitiantinggi, beresiko tinggi, membosankan atau yang membutuhkantenaga besar. Menurut buku The Robot Builders Bonanza yangditulis oleh Gordon McComb secara umum robot dapatdidefenisikan sebagai sebuah piranti mekanik yang mampumelakukan pekerjaan manusia atau berprilaku seperti manusia.
  3. 3. Salah satu pekerjaan manusia yang dapat dilakukan robotadalah kegiatan pemadaman kebakaran. Jenis pekerjaan inimembutuhkan reaksi cepat karena kebakaran dapat dihindariapabila api dapat dipadamkan ketika belum menyebar. Ketika apitelah menyebar pekerjaan pemadaman kebakaran akan menjadipekerjaan yang sulit dan beresiko tinggi. Masalah kebakaran dapatdikurangi apabila sumber api dapat ditemukan dan dimatikan dalamwaktu singkat. Dengan latar belakang tersebut maka penulismembuat “Perancangan robot pemadam api berbasis mikrokontrolerAT89C51”. Dalam perancangan ini, api yang akan dipadamkan adalahapi lilin.
  4. 4. Tujuan Untuk merancang robot berbasismikrokontroler AT89C51 yang dapatmencari dan memadamkan api lilinyang berada disekitarnya.
  5. 5. Prinsip Kerja Robot Pemadam Api dirancang untuk mencari danmemadamkan api lilin yang terdapat disekitarnya. Untuk itu robotdilengkapi dengan sensor jarak dan sensor api agar dapatmenjelajah ruangan tanpa menabrak benda serta dapat mendeteksikeberadaan api lilin. Program untuk menjalankan robot ditulis dalam duabagian: bagian jelajah dan bagian penemuan_api. Pada saat tombolcatu daya di-ON-kan, bagian jelajah akan dieksekusi. Robot akanmenjelajah ruangan dan menghindari tabrakan dengan benda yangterdapat disekelilingnya. Pada saat robot mendeteksi keberadaan apililin yang terdapat disekitarnya, bagian penemuan_api akandieksekusi. Pada bagian ini, robot akan berputar kearah api lilindan bergerak lurus mendekatinya hingga pada jarak yang mana apililin dapat dipadamkan. Kemudian robot akan memadamkan api dankembali menjelajah ruangan sampai tombol catu daya di-OFF-kan.
  6. 6. Sistem Kendali Loop Tertutup Sistem Kendali Loop Tertutup adalah sistem pengendaliandimana besaran keluaran memberikan efek terhadap besaran masukansehingga besaran yang dikontrol dapat dibandingkan terhadap hargayang diinginkan melalui alat pencatat (indikator / sensor). Selanjutnyaperbedaan harga yang terjadi antara besaran yang dikontrol danpenunjukan alat pencatat digunakan sebagai koreksi yang padagilirannya akan merupakan sasaran pengaturan. Blok diagram looptertutup dapat dilihat pada gambar dibawah.
  7. 7. Sensor1. Sensor Infra Merah Sharp GP2D12 Dalam perancangan ini sensor Sharp GP2D12 digunakan pada sistem navigasi robot agar mampu menghindari tabrakan dengan benda yang terdapat didepannya dan mengikuti dinding yang terdapat disebelah kirinya. Sharp GP2D12 merupakan sensor infra merah yang bekerja dengan prinsip pemantulan, dimana pada sensor ini terdapat pemancar dan penerima sinar infra merah.
  8. 8. 2. Phototransistor Transitor merupakan sebuah piranti yang memungkinkan sebuah arus kecil mengatur arus yang lebih besar. Pada phototransistor arus kecil itu berasal dari sinar infra merah yang mengenai permukaannya. Semakin banyak sinar infra merah yang mengenai permukaan phototransistor, maka arus yang dilewatkan akan semakin besar, alam perancangan ini phototransistor digunakan untuk mendeteksi keberadaan api lilin.
  9. 9. Sistem Penggerak1. Motor dc Motor dc menerima masukan berupa arus searah. Pada perancangan ini digunakan motor dc berukuran kecil yang disebut juga dinamo. Dinamo yang dipakai adalah dinamo 5 Volt.
  10. 10. 2. Motor driver L293D Karena mikrokontroler tidak dapat memberikan arus yang cukup untuk menggerakkan motor dc maka digunakan motor driver L293D. IC L293D dipakai dalam perancangan ini karena L293D merupakan rangkaian H-Bridge yang dirancang untuk memudahkan dalam memberikan arus dua arah hingga 1 A dengan tegangan antara 4,5 volt hingga 36 volt kepada motor dc. IC L293D dapat digunakan untuk men-drive motor dc half-bridge sebanyak empat buah atau dua motor dc full-bridge.

×