Komunikasi data

2,376
-1

Published on

Published in: Business, Technology

Komunikasi data

  1. 1. KOMUNIKASI DATA AYU DEWI SARTIKA 41812120213
  2. 2. KONSEP DASAR KOMUNIKASI DATAKomunikasi data adalah pengiriman data menggunakan transmisi elektronik dariterminal atau komputer satu ke terminal atau komputer lain. Sistem yangmemungkinkan terjadinya transmisi data disebut jaringan komunikasi data.Tiga elemen utama komunikasi data :SumberDataMediaTransmisiPenerimaDataSumber Data : elemen yang bertugas mengirimkan informasi / data, contoh ;telepon, fax, terminal dllMedia Transmisi : media yang digunakan untuk mengirimkan data dari sumberdata ke penerima dataPenerima Data : elemen yang bertugas menerima informasi / data, contoh ;telepon, fax, terminal dll.
  3. 3. MEDIA TRANSMISI Adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi(data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadikode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macamcara untuk diubah kembali menjadi data.Macam-macam media transmisi:1. Guided (Kabel)a. Coaxial CableKabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karenamemiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah, dan mampumengirimkan data dengan kecepatan standar.b. Fiber Optic CableFiber Optic Cable dibuat dari serabut-serabut kaca (optical fibers) yang tipisdengan diameter sebesar diameter rambut manusia, mempunyai kecepatanpengiriman data sampai 10 kali lebih besar dari coaxial cable.
  4. 4. C. Kabel Twisted pairKabel pasangan berpilin terdiri dari dua buah konduktor yang digabungkandengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan interferensi elektromagnetik dariluar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel Unshielded twisted-pair (UTP), dancrosstalk yang terjadi di antara kabel yang berdekatan.d. Kabel Listrik Tegangan TinggiKabel listrik yang digunakan sehari-hari baik untuk perumahan, perkantorandan industri yang disebut dengan Power Line.
  5. 5. 2. Unguided (Radiasi Elektromagnetik)a.Gelombang mikro (microwave)Merupakan bentuk gelombang radio yang beroperasi pada frekuensi tinggi (dalamsatuan gigahertz). Gelombang mikro banyak digunakan pada sistem jaringan warnetdan penyedia layanan internet (ISP).b. Satelite SystemKarena microwave tidak boleh terhalang, maka untuk jarak-jarak yang jauhdigunakan sistem satelit. Satelit akan menerima signal yang dikirim dari stasiunmicrowave di bumi dan mengirimkannya kembali ke stasiun bumi yang lain. Sateltberfungsi sebagai stasiun relay yang letaknya diluar angkasa.c. Sinar LaserTeknologi komunikasi sinar laser banyak digunakan untuk penelitian-penelitian.
  6. 6. TIPE CHANNEL TRANSMISI1. One Way Transmision : Transmisi data hanya arah (Simplex), misalnyatelegram, siaran Radio, Televisi, dsb.2. Either Way Transmision : Transmisi data bisa dua arah secara bergantian (HalfDuplex – HDX), misalnya telegram, faksimil, handy talky, dsb.3. Both Way Transmision : Transmisi data bisa dua arah secara langsung (FullDuplex – FDX), misalnya komunikasi lewat telepon.
  7. 7. KAPASITAS CHANNEL TRANSMISIAdalah suatu kapasitas atau ukuran suatu data yang dapat dikirimkan melalui mediatransmisi.a. NarrowBandNarrowband bisa diibaratkan pita dengan saluran sempit dan kemampuan yangrelatif kecil. Kapasitas transmisi 50-300 bps.b. VoicebandMerupakan sebuah referensi range frekwensi suara manusia yang disalurkan padajaringan telepon. Chanel transmisi ini mempunyai bandwith yang lebih besar jikadibandingkan dengan narrowband chanel. Yaitu mencakup antara 300 – 500 bps.Contoh dari voiceband ini yaitu saluran telepon.c. Broadband / WidebandMempunyai Frekuensi jalur lebar yang mampu memindahkan lebih banyak data danlebih tinggi. Kapasitas chanel ini mencapai 1 juta bps (satu juta bytes per second).Contoh teknologi yang tergolong dalam wideband dan broadband ini adalah :- Pemancar layanan TV secara broadcast, menggunakan 6 MHz pada setiapsaluran.
  8. 8. PENYAMPAIAN KOMUNIKASI DATAa. Point to multipoint (broadcast)b. Point to point
  9. 9. BENTUK SISTEM KOMUNIKASI DATAa. Offline communication systemData yang ditransmisikan tidak langsung diproses oleh CPU penerima.Terminal.Terminal adalah suatu I/O device yang digunakan untuk mengirim data danmenerimadata jarak jauh dengan menggunakan fasilitas telekomunikasi. Peralatanterminal ini bermacam-macam, seperti magnetic tape unit, disk drive, paper tape,dan lain-lain.Jalur komunikasi.Jalur komunikasi adalah fasilitas telekomunikasi yang sering digunakan,seperti :telepon, telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnyaModem.Modem adalah singkatan dari Modulator / Demodulator. Suatu alat yangmengalihkandata dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dansebaliknya
  10. 10. b. On-line communication systemPada sistem komunikasi On line ini, data yang dikirim melalui terminal komputerbisa langsung diperoleh, langsung diproses oleh komputer pada saat kitamembutuhkan.Sistem Komunikasi On line ini dapat berupa:• Realtime system• Batch Processing system• Time sharing system• Distributed data processing system
  11. 11. PERANGKAT KERAS KOMUNIKASI DATAa TerminalMerupakan alat yang melayani proses I/O, jadi merupakan penghubung antaramanusia dengan mesin. Pemilihan terminal ditentukan oeh kebutuhan pada saatini dan melihat perkembangan di masa datang.b. ModemYaitu melakukan modulasi (merubah pulsa biner menjadi sinyal analog) dandemodulasi.dalam komunikasi data selalu diperlukan sepasang modem yangmasing-masing dipasang di pemancar dan penerima.c. MultiplexerPenggabungan 2 sinyal atau lebih untuk disalurkan ke satu saluran komunikasidata sehingga terjadi efisiensi penggunaan saluran komunikasi.d. Concentratormerupakan antar muka sejumlah terminal dengan saluran ke komputer pusat.Digunakan sebagai pengganti ataupun bersama-sama dengan multiplexer. Datayang diterima dikumpulkan dalam jumlah tertentu, baru kemudian disalurkansecara bersamaan ke tujuan.
  12. 12. MANFAAT KOMUNIKASI DATA Data sharingDengan adanya fasilitas ini, setiap komputer dapat menggunakan data padakomputer lain sehingga akan menghemat waktu dan memudahkan suatupekerjaan, terlebih lagi jika jarak antarkomputer berjauhan. Program sharingAplikasi-aplikasi tertentu bisa dijalankan dari computer lain di jaringan. Biasanyafile-file aplikasi pokok disimpan diserver dari jaringan agar kemudian bisa diinstalmelalui jaringan computer. Hal ini membuat proses instalasi sebuah software dijaringan makin mudah. Device SharingUser bisa membagi piranti-piranti dikomputernya dalam jaringan. Misalnya piranti-piranti seperti printer, CD-ROM, dan hard disk.
  13. 13. APLIKASI SISTEM KOMUNIKASI DATAa. Surat Elektronik (Electronic Mail)b. Bank Teller Terminal (ATM)c. Credit Checking Systemd. Hotel Reservation System
  14. 14. YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM KOMUNIKASI DATA Jumlah dan lokasi pemrosesan data Jumlah dan lokasi terminal (remote) Type transaksi Kepadatan lalu lintas tiap tipe transaksi. Prioritas/ urgensi informasi yang disalurkan. Pola lalu lintasBit error rate yang dibutuhkan. Keandalan sistem yang digunakan.
  15. 15. TERIMA KASIH

×