Ppt tik v
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Ppt tik v

on

  • 823 views

 

Statistics

Views

Total Views
823
Views on SlideShare
817
Embed Views
6

Actions

Likes
0
Downloads
26
Comments
0

2 Embeds 6

http://hestyaprilliaforever.blogspot.com 3
http://hestyaprilliaforever.blogspot.com 3

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Ppt tik v Ppt tik v Presentation Transcript

  • Assalamu’alakum Wr. Wb.
  • Tugas TIKBAB ITentang Internet
  • Nama kelompok
    • Diyah Melati P (10)
    • Hebtiasih Novitasari (17)
  • INTERNET
    Internet (interconnected computer networks) bisa didefinisikan network komputer tiada batas yang menjadi penghubung pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya serta dapat berhubungan dengan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing.
  • Manfaat Internet
    Media untuk mendapatan inforasi
    Media untuk melakukan promosi
    Media komunikasi interaktif
    Media untuk membantu dalam kegiatan bisnis
  • Fasilitas Internet
    Mailing list Fasilitas yang digunakan oleh sekelompok pengguna sebagai sarana diskusi
    E-Mail Fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk surat elektronik
  • IRC Fasilitas untuk berkomunikasi secara interaktif antar pengguna komputer
    FTP Fasilitas yang memberi kemudahan bagi pengguna untuk bertukar, menyalin, dan menempatkan file
    VOIP Fasilitas untuk melakukan pembicaraan telepon melalui internet
  • Newsgroup Fasilitas untuk mendistribusikan artikel, berita atau file ke pemakai internet lain yang tergabung dalam satu kelompok
    Ghoper Fasilitas untuk memudahkan pencarian dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protokol ghoper
  • Telnet Fasilitas untuk mengakses remote komputer yang berada di tempat lain
    HTTP Fasilitas berbasis www
  • Saluran Telepon
    Saluran telepen merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet.Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunaan modem dial up.
  • Tv Kabel
    Untuk bisa melakukan akses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
    Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan ethernet(ether card) .
    Layanan akses modem kabel dapat melalui jaringan TV kabel dengan ISP diantaranya Cbn,Indosat,Linknet,Centrin,dan Mynet.
  • ISDN
    ISDN(Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data,suara,dan gambar diintegrasikan kedalam suatu jaringan,serta merupakan transmisi sisitem telepon analog ke sistem digital.
    Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksiiblitas dan penghematan biaya.
  • Satelit
    Satelit yang digunakan adalah VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter.
    Fungsi utama dari VGAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit .
  • Perangkat Lunak
    Perangkat Lunak apa saja yang diperlukan di warnet? Pertanyaan seperti ini gampang-gampang susah.   Meskipun demikian, kita bisa menyederhanakan perangkat-perangkat lunak tersebut ke dalam beberapa kategori untuk memudahkan kita dalam menyusun daftar perangkat lunak apa saja yang diperlukan.
    Sebagai awal, saya membagi dua kebutuhan perangkat lunak, yaitu untuk di Server dan di Komputer Pengguna.   Kemudian dari pembagian tersebut saya susun lagi menjadi beberapa kategori perangkat lunak yaitu:
    Sistem Operasi
    Internet
    Perkantoran
    Multimedia
    Grafis
    Tools dan Security
    Billing System
    Secara umum baik komputer server maupun di komputer pengguna bisa terdapat perangkat lunak yang sama.  Dengan pertimbangan tertentu, ada perangkat lunak yang cuma berada di server atau di pengguna dan sebaliknya.Demi mudahnya mari kita susun Perangkat Lunak untuk pengguna terlebih dahulu:
  • Sistem Operasi.
    Pilihan untuk sistem operasi adalah:
    Berbasis Windows
    Berbasis Linux
    Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.  Windows adalah sistem operasi yang populer dan dikenal oleh banyak orang namun harga dan model lisensinya termasuk mahal dan merepotkan.  Belum terhitung kerepotan yang ditimbulkan oleh gangguan Virus dan Malware.   Sementara sistem Operasi Linux, walaupun terkenal sebagai sistem operasi yang tangguh, aman dari virus, lisensi yang memberikan kebebasan bagi penggunanya, namun tidak semua pengguna familiar dengan penggunannnya sehingga membutuhkan perhatian dan layanan lebih ke pengguna.
    Kecuali jika anda berniat memberikan layanan Game Center, maka pilihan satu-satunyanya adalah menggunakan Sistem Operasi berbasis Windows.  Dari sisi bisnis, keduanya mampu menopang usaha warnet.  Sebab dari pengamatan terhadap pelaku bisnis warnet, pemilihan sistem operasi tidak selalu menentukan kesuksesan sebuah warnet.
  • Perangkat Lunak Perkantoran
    Biasanya masyarakat umum lebih familiar dengan istilah office software. Perangkat lunak perkantoran merupakan perangkat lunak yang diperlukan untuk melakukan pengetikan (word processing), lembar kerja (spreadsheet), dan penyusunan presentasi.  Yang populer di masyarakat adalah Microsoft Office, namun harga lisensinya yang tinggi menjadikan perangkat lunak ini tidak ekonomis untuk di sediakan di komputer pengguna.   Selain itu,  Microsoft Office cuma bisa berjalan di Sistem Operasi Windows.   Untuk Warnet, solusinya adalah menggunakan perangkat lunak perkantoran Open Office.
    Open Office adalah perangkat lunak perkantoran open source yang populer.   Tampilan dan fasilitas yang disediakan oleh Open Office cukup lengkap dan dapat di jalankan di sistem operasi Windows dan Linux.  Tidak ada perbedaan menjalankan OpenOffice di sistem operasi Windows maupun Linux.  Open Office juga mampu membaca berbagai format dokumen yang ada.
    Bagaimana dengan Microsoft Office? Jika memang diperlukan bisa saja warnet membeli satu lisensi untuk dipergunakan di komputer Operator bagi kepentingan pencetakan.  Hal ini karena untuk format dokumen yang rumit tidak di bisa di konversi dengan tepat oleh Open Office.
  • Perangkat Lunak Multimedia
    Perangkat lunak multimedia sifatnya adalah pilihan.   Kita bisa memilih apakah perlu memasangnya di komputer pengguna atau tidak.  Ini bergantung kepada kebijakan warnet tersebut.   Jika hendak memberikan akses ke berkas berkas multimedia (audio, video), maka perangkat lunak yang populer adalah:
    WinAMP (windows)
    Windows Media Player (windows)
    K-Lite Code Pack (windows)
    Amarok ( Linux )
    VLC Media Player (linux, windows)
    Perangkat Lunak Grafis
    Perangkat lunak grafis yang diperlukan di warnet adalah perangkat lunak untuk melihat (preview) berkas berkas grafis/foto dan melakukan modifikasi dasar.  Karenanya dengan menggunakan perangkat lunak berbasis Open Source seperti GIMP (linux/Windows) sudah cukup memenuhi kebutuhan tersebut.  Kita juga bisa menggunakan perangkat lunak lainnya seperti GQView (linux), Gwenview (linux), IrfanView (windows)  untuk sekedar melihat (preview) berkas grafis.  Untuk Windows, sebenarnya sudah ada fasilitas untuk preview berkas grafis tanpa harus menginstall perangkat lunak tambahan sementara untuk pengguna Linux, default-nya juga sudah tersedia perangkat lunak untuk hal tersebut.
  • Langkah Browsing
    ~ Pilih salah satu program browsing yang terdapat pada komputer mu. Misalnya: Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera dll
    ~ Start --> Program --> Internet Explorer
    ~ Pada Address bar, ketikkan alamat situs yang akan kamu kunjungi, pada contoh ini situs yang kita kunjungi adalah Ilmu Komputer yang beralamat di www.ilmukomputer.com
  • ~ Setelah selesai mengetikan alamat situsnya (www.ilmukomputer.com) pada kolom isian alamat atau address bar, tekan enter
    ~ Tunggulah beberapa saat hingga keseluruhan isi selesai ditampilkan dan tertulis 'done' pada status barnya.
  • ~ Jika kamu ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara : File --> pada menu, Klik New, dan klik Windows. Bisa juga dilakukan dengan menekan Ctrl+N
    ~Jika telah selesai kamu dapat mengklik Close untuk menutup jendela
  • ~ Setelah selesai mengetikan alamat situsnya (www.ilmukomputer.com) pada kolom isian alamat atau address bar, tekan enter
    ~ Tunggulah beberapa saat hingga keseluruhan isi selesai ditampilkan dan tertulis 'done' pada status barnya.
  • Perangkat Keras Pendukung Akses Internet dalam Jaringan
  • Router
    Router adalah sebuuah perangkat yang khusus digunakan untuk keperluan routting dan penyampaian paket dijaringan komputer seperti internet.
    Fungsi :
    Untuk mengatur jalur sinyal secara efisiensi.
    Untuk mengatur pesan di antara dua buah protokol.
    Untuk mengatur pesan diantara topologi jaringan bus dan star.
    Untuk mengatur pesan yang melewati media transmisi kabel.
  • Repeater
    Repeater adalah sebuah stasiun yang menerima sinyal pada suatu frekuensi dan memancarkan ulangkanya kembali (repeat) pada frekuensi yang lain secara otomatis pada saat yang sama (simultan).
  • Konektor RJ
    RJ singkatan dari Registered Jact yaitu sebuah antarmuka konektor fisik yang paling sering digunakan untuk terminal kabel telepon.
  • Terdapat dua macam RJ
    Konektor RJ-45
    Konektor RJ-11
    Konektor RJ adalah standar konektor yang digunakan 2-4(kawat) kabel telepon.
    Jumlah konektor meiliki jumlah 6 posisi konektor,tetapi biasanya hanya dimanfaatkan 2 atau 4 posisi.
    Dua kabel standar RJ-11 adalah flat-satin dan Unshielded Twisted Pair(UPT)
    Konektor RJ adalah kabel ethernet yang biasa digunakann dalam topolgi jaringan komputer LAN maupun jariingan komputer tipe lain.
    Ada 2 macam konektor RJ-45 yaitu :
    1. Sraight Through Configuration digunakan untuk menghubungkan perangkat gdan aringan dengan tingkat hierarki yang berbeda.
    2. Cross Overr Conviguration digunakan unk enghubungkan dua perangkat jaringan dengan hirearki setingkat.
  • Konektor RJ-11
    Konektor RJ-45
  • Ethernet Card
    Ethernet card adalah sebuah hardware komputer yang memunginkan komputer untuk berkomunikasi elalui jaringan komputer.
    Kegunaan:
    1. Memberikan akses fisik ke media komunikasi jaringan komputer
    2. Terdapatnya program kecil yang menyediakan mekanismme komunikasi lapisan bawah melalui alamat MAC.
    3. Merupakan salah satu kunci utama dalam membangun jaringan lokal yang biasa dikenal sebagai LAN
  • Ethernet Card
  • Cara menambah ethet card agar tersambung ke motherboard komputer
    Terintegrasi,menjadi bagian (built-in) dari motherboard.
    Melalui sambungan PCI slot.
    Melalui sambungan ISA slot,tetapi sekarang sudah tidak digunakan lagi.
  • Jenis-jenis teknologi yang digunakkan Ethernet Card
    Fast ethernet,yang memnyai kecepatan 100 Mbps.
    Gigabit ethernet,yang mempunyai kecepatan 1 Gbps.
    Optical fiber,yang meepunyai kecepatan sampai 160 Gbps.
    Token ring,yang mempunyai kecepatan sampai dengan 100 Mbps.
  • Bridge
    Bridge merupakan perangkat untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang enggunakan protokol sama/sejenis.
    Bridge bertugas mengirimkan paket-paket data.
    Bridge dikatakan sebagai media expander untuk menambah jangkauan dari sebuah jaringan LAN dan menghubungkannya dengan jaringan yang lain pada lokasi yang berbeda.
  • Bridge
  • Jaringan Lokal
    Komponen dari jaringan : node dan link.
    Node : titik yang dapat menerima input data kedalam jaringan atau menghasilkan output informasi atau kedua-duanya.
    Link : kanal atau jalur transmisi untuk arus informasi atau data diantara node.
  • LAN adalah sebuah jaringan komputer yang melingkupi sebuah wilayah kecil .
    Perbedaan LAN dengan WAN :
    Kecepatan LAN jauh lebih tinggi,rata-rata 100 Mbps
    Wilayah yang dicakup lebih kecil.
    Tida membutuhkan sarana komunikasi dari operator telekomunikasi,biasanya dapat dibangun sendri oleh pengguna karena peralatan jaringan biasanya relatif murah dan tersedia di komputer.
  • Hub/Swich
    Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstasion ,server,atau perangkat lain.
    Ciri-ciri yang dimilki hub/swich:
    Biasanya terdiri dari 8,12,atau 24 port RJ-45
    Digunakan pada topologi bintang/star
    Biasanya dijual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manajemen port tersebut.
    Biasanya dipasang pada rak khusus,yang didalamnya terdapat bridge dan router.
  • Wassalamu’alaikum Wr.Wb.