Kalimat deskripsi dan

44,142 views

Published on

0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
44,142
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
227
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kalimat deskripsi dan

  1. 1. KALIMAT DESKRIPSI Adalah kalimat yang dapat berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan.  Contoh Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemasemasan dengan belang atau loreng berwarna hitam.
  2. 2. KALIMAT DEFENISI ADALAH kalimat yang mengandung pembatasan cakupan pengertian suatu hal sehingga menjadi jelas dan nyata. Defenisi dibedakan atas beberapa macam: 1. Defenisi Biverbal= membatasi sesuatu dengan mengungkapkan sinonimnya Cahaya adalah sinar terang yang memungkinkan mata menangkap bayang-bayang bendabenda di sekitarnya.
  3. 3. 2. Defenisi Demonstratif= membatasi sesuatu dengan menunjukkan objeknya secara nyata/langsung. Energi adalah kekuatan yang dapat digunakan untuk melaksanakan berbagai proses kegiatan, misalnya sinar matahari. 3. Defenisi Logis = mengungkapkan jenis dan penjelasan pembedanya. Petrokimia adalah bahan kimia yang dapat diambil atau diperoleh dari petroleum atau gas alam.
  4. 4. 4. Defenisi Etimologi= mengungkapkan asal- usul terbentuknya suatu kata disertai dengan pengungkapan makna aslinya agar perkembangan makna kata jelas. Kata sandiwara berasal dari bahasa Jawa sandi yang berarti rahasia dan warah berarti ajaran. Sandiwara berarti ajaran yang disamapaikan secara rahasia atau tidak terang-terang. 5. Defenisi Metalogis= mengungkapkan kata dengan memberikan kiasan atau tamsilnya. Matahari atau sang surya adalah titik pusat tata surya.
  5. 5. 6. Defenisi Nominal = mengungkapkan makna kata dengan mengemukakan turunan dari pakaian kata tersebut. Energi adalah daya yang dapat digunakan melakukan proses kegiatan. Berenergi memiliki kekuatan yang dapat digunakan untuk melakukan suatu aktivitas.
  6. 6. ISTILAH Adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Ciri-ciri: 1. Bermakna tunggal 2. Tidak mengalami perubahan makna karena konteks kalimat 3. Tidak terpengaruh konotasi sosial 4. Dipahami secara internasional
  7. 7. MERINGKAS TEKS LAPORAN Meringkasan dapat diartikan mengambil inti sari suatu karya asli secara singkat sesuai dengan mempertahankan urutan karangan asli, dan menghilangkan keindahan gaya bahasa, ilustrasi, serta penjelasan-penjelasan yang terperinci

×