Your SlideShare is downloading. ×
Resume praktikum
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Saving this for later?

Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime - even offline.

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Resume praktikum

281
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
281
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
11
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. BAB IPANGENALAN PASCAL Sejarah Turbo Pascal Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi. Pemrograman tingkat tinggi menandakan bahwa Pascal banyak menggunakan bahasa manusia dalam penulisan sintaksnya. Turbo Pascal merupakan program compiler. Compiler sendiri berarti program yang menerjemahkan tulisan berupa kode programmenjadi bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer. Pascal dirancang oleh Prof. Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland, tahun 1971. Nama pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matemamtik dan philosopi terkenal abad 17 dari Perancis. Membuka Program Turbo Pascal Untuk dapat menjalankan Turbo Pascal, pertama-tama kita harus menginstal program Pascal. Setelah itu dilanjutkan dengan memanggil program tersebut. Ada beberapa cara memanggil Tturbo Pascal, yaitu : 1. Dengan melakukan double klik pada icon Pascal di desktop 2. Melalui Start Menu >> All Program >> Pascal >> Pascal 3. Melalui Windows Explorer >> [Drive C/D/E/Other] >> Pascal _7.1 >> BIN >> TPX.EXE/TURBO.EXE Menu utama terletak pada bagian atas Window, selanjutnya bagian editor dengan warna background biru, di bagian bawah window terdapat beberapa hotkey penting. HOTKEY F1 : Mengaktifkan jendela pertolongan. F2 : Menyimpan berkas yang ada pada editor. F3 : Memanggil program kedalam editor. F4 : Mengeksekusi program sampai posisi kursor. F5 : Memperbesar atau memperkecil jendela yang aktif.
  • 2. F6 : Mengganti jendela yang aktif.F7 : Melacak kedalam subrutin.F8 : Melompati pemanggil subrutin.F9 : Mengaktifkan perintah ‘Make’.F10 : Berpindah dari menu-menu ke jendela yang aktif.Alt + F1 : Memanggil jendela pertolongan yang terakhir dibaca.Alt + F3 : Memilih berkas untuk dimuat.Alt + F5 : Memperlihatkan hasil eksekusi.Alt + F6 : Mengganti isi jendela yang aktif.Alt + F9 : Mengkompilasi program.Alt + B : Mengaktifkan menu.Alt + C : Mengaktifkan menu compile.Alt + D : Mengaktifkan menu debug.Alt + E : Mengaktifkan editor.Alt + F : Mengakaktifkan menu file.Alt + O : Mengaktifkan menu option.Alt + R : Mengaktifkan menu run.Alt + X : Keluar dari Turbo Pascal dan kembali ke DOS.Ctrl + F1 : Menampilkan menu pertolongan bahasa.Ctrl + F2 :Menghentikan pembetulan.Ctrl + F3 : Menampilkan isi tumpukan.Ctrl + F4 : Melakukan penghitungan atau mengubah nilai peubah.Ctrl + F7 : Menambahkan ungkapan pada jendela watch.
  • 3. Ctrl + F8 :Toggles Breakpoint.Ctrl + F9 : Menjalankan program.Ctrl + F10 : Menampilkan versi layar monitor.Perintah Input/Output1. Operasi input Opersi input dilakukan untuk membaca data atau harga yang akan diproses. Pembacaan data secara interaktif menggunakan piranti masukan (input device) seperti keyboard. Untuk melakukan operasi input dapat menggunakan perintah Read, Readln, atau Readkey a. READ Perintah untuk membaca data yang dimasukan pemakai melalui keyboard, data tersebut disimpan pada variabel. Pada statement ini posisi kursor tidak pindah ke baris selanjutnya. Sintaks : read(nama_variabel); b. READLN Perintah untuk membaca data yang dimasukan pemakai, pada statement in posisi kursor akan pindah ke baris selanjutnya setelah di input. Readln juga bisa digunakan untuk menghentikan program(menunggu enter di tekan) Sintaks : readln(nama_variabel); Readln; c. READKEY untuk pembacaan sebuah karakter dari keyboard. Tipe data yang dihasilkan adalah char. Karakter yang dimasukan tidak ditampilkan di layer. Sintaks : nama_variabel= readkey;2. Operasi Output Opersi output dilakukan untuk mengirimkan data kepada piranti keluaran (output device) seperti layar (monitor) dan printer. Untuk melakukan operasi output dapat menggunakan perintah Write atau Writeln. Sintaks : Write (parameter); Writeln (parameter); Parameter : konstanta, variabel, nilai, ekspresi aritmatika, atau ekspresi yang melibatkan fungsi.
  • 4. Identifier/Pengenalan Data Digunakan untuk penamaan elemen-elemen deklarasi seperti label, constanta, type, variabel, procedure, function. Struktur Program Pascal Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah dan suatu blok program (block program) atau badan program (body program).1. Judul program (head program)2. Blok program dibagi lagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu :  Bagian deklarasi (declaration part). Bagian deklarasi dapat terdiri dari : - Deklarasi label (label declaration) - Deklarasi konstanta (constant declaration) - Deklarasi tipe (type declaratiion) - Deklarasi variabel (variabel declaration) - Deklarasi prosedur (procedure declaration) - Deklarasi fungsi (function declaration)  Bagian pernyataan (statement part) Kepala Program Secara garis besar struktur dari program yang ditulis dalam bahasa Pascal dapat digambarkan seperti di bawah ini : Program nama_program Const Deklarasi Data <nama_tipe> = <nilai_konstanta> Type <nama_variabel> = <tipe_dasar> Var <nama_variabel> : <nama_tipe/tipe_dasar> Begin Isi Program ....................... (algoritma) ....................... {keterangan/komentar program} End.Dalam melakukan pemrograman menggunakan Pascal perlu diperhatikan beberapa halberikut : - Setiap program harus memiliki kepala (nama) dan badan (isi)
  • 5. - Semua variabel yang digunakan pada program harus didefinisikan pada bagian deklarasi- Nama yang digunakan sebagai nama program atau untuk keperluan deklarasi data, maksimum 127 karakter, yang terdiri dari alfabet atau numerik dan bukan tanda baca, di mana nama harus didahului huruf alfabet dan bukan termasuk kata baku (reserve word) dalam Pascal- Pascal tidak case sensitive- Untuk memberikan penjelasan (komentar) pada bagian-bagian tertentu pada program, gunakan tanda kurung kurawal {komentar} atau (*komentar*)
  • 6. BAB IIFUNGSI STANDAR DAN OPERATORBeberapa Statement Turbo PascalStatemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal. Statemen terletak dibagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata cadangan BEGIN dan diakhiridengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;].Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsidan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Turbo Pascal.1. Statemen-statemen yang digunakan untuk input/output.2. Statemen-statemen yang digunakan untuk pengaturan letak layar.3. Statement yang digunakan untuk manipulasi string4. Statemen-statemen yang digunakan untuk pehitungan aritmatik5. Statemen-statemen untuk transfer nilai dari transfer nilai dari suatu variabel6. Statemen-statemen untuk manipulasi data7. Statemen-statemen tambahan (warna, suara dan window)Operasi Dasar1. Operasi biner2. Operasi ordinal dan karakter3. Operasi logika/bitwise4. Operasi relasi5. Operasi aritmatika dan real
  • 7. BAB IIIPENYELEKSIAN KONDISI If then Statement if...then akan menguji suatu proses/ungkapan, bila bernilai benar (true) maka akan dieksekusi pada statemen yang berbeda pada blok statement ini, tetapi jika bernilai salah maka blok statement in akan dilompati. If then Else Pada suatu proses/ungkapan, bila bernilai benar (true) maka akan dieksekusi pada statement yang berbeda pada blok di bawah if, tetapi jika bernilai salah (false) maka blok di bawah else akan dieksekusi. Nested If Statement if bersarang (nested if) merupakan bentuk dari suatu statement if berada di dalam lingkungan statement if lainnya. Case Of Struktur Case-Of mempunyai suatu ungkapan logika yang disebut dengan selector dan sejumlah statement yang diawali dengan suatu label permasalahan (case label) yang mempunyai tipe sama dengan selector.
  • 8. BAB IVPERULANGAN DAN ARRAY Tiga macam statement/pernyataan perulangan (repetition) : a. For....Do Perulangan dengan statement For digunakan bila jumlah perulangan sudah diketahui atau sudah ditentukan. b. While....Do Statement while mirip dengan statement if yang melakukan pemeriksaan kondisi sebelum atau serangkaian statement dilakukan. Perulangan While-Do tidak dilakukan jika kondisi tidak terpenuhi. c. Repeat...Until Repeat – Until digunakan untuk mengulang statement-statement atau blok statement sampai (until) kondisi yang diseleksi di Until tidak terpenuhi. Dengan demikian, pemeriksaan kondisi dilakukan pada akhir perulangan, sehingga statement dalam perulangan minimal dilakukan sekali. Array Merupakan tipe data terstruktur yang berguna untuk menyimpan data yang bertipe sama dan tersusun secara linier. Array dibedakan menjadi 2 dimensi yaitu : - Array berdimensi satu - Array multideminsi
  • 9. BAB VPROSEDUR (PROCEDURE) Prosedur (procedure) merupakan bagian yang terpisah dari program dan dapat diaktifkan dimanapun di dalam program. Bentuk umum : Procedure NAMA_PROSEDUR; {Spesifikasi Prosedur, menyebutkan nama, parameter, kondisi awal, kondisi akhir dan proses} {Kondisi awal : keadaan sebelum prosedur dilaksanakan} {Kondisi akhir : keadaan setelah prosedur dilaksanakan} {*DEKLARASI*} {Semua nama yang dipakai prosedur didefenisikan di sini dan hanya berlaku lokal} {*DESKRIPSI*} {badan prosedur, berisi nama langkah atau aksi} end; Prosedur dengan paramater masukan adalah parameter yang nilainya berlaku sebagai masukan untuk prosedur Prosedur dengan parameter keluaran adalah parameter yang berfungsi sebagai masukan sekaligus keluaran bagi prosedur tersebut.BAB VI
  • 10. FUNGSI (FUNCTION) Fungsi (function) adalah subprogram yang menerima masukan dan mempunyai keluaran secara langsung. Perbedaan fungsi dan prosedur : - Procedure tidak mengembalikan nilai ke program utama, sedangkan fungsi akan mengembalikan nilai ke program utama, itu sebabnya fungsi harus ada tipe datanya (integer, char atau string). - Procedure outputnya diletakkan di dalam procedure, kalau fungsi outputnya diletakkan di program utama. - Prosedur di panggil di program utama dengan menuliskan nama procedure tersebut di program utama. Fungsi dipanggil dengan memasukkan ke suatu variabel atau bisa juga dengan langsung menuliskannya di program utama. Deklarasi fungsi : Function {Nama Fungsi} (Nama Variabel) : {tipe Variabel} Begin Pernyataan . . Pernyataan End;BAB VII
  • 11. TIPE DATA SET DAN RECORD Tipe Data Set Merupakan suatu tipe data terstruktur yang terdiri dari kumpulan obyek yang bertipe data sama, dan tipe datanya harus tipe data ordinal (tipe data sederhana, kecuali tipe data real). - Bentuk umum dari deklarasi tipe set adalah : Type (identifier_1) = set of (type_data); Var (identifier_2) : (identifier_1); Tipe Data Record Merupakan suatu tipe data terstruktur yang terdiri dari kumpulan field yang mempunyai tipe data berbeda – beda. - Bentuk umum dari deklarasi tipe record adalah : Type (identifier_1) = record Field_1 : type_data_1; Field_2 : type_data_2; . . . Field_n : type_data_n; End; Var (identifier_2) : (identifier_1); Var (identifier_2) : (identifier);BAB VIII
  • 12. TIPE DATA FILE File adalah kumpulan byte-byte yang disimpan dalam media penyimpanan. Merupakan komponen yang bertipe data sama, yang jumlahnya tidak tentu yang dapat ditambah atau dikurangi jika dibutuhkan. File pada pascal dikenal dalam 3 jenis, yaitu : a. File Text : Karakteristik : - Berisi data karakter ASCII - Tiap record boleh memiliki panjang yang bervariasi - Setiap record diakhiri tanda EOL (end of line) - Hanya dapat diakses secara sequensial (berurutan) - Isi filenya dapat dlihat oleh perintah DOS atau editor text b. File bertipe Karakteristik : - Berisi data format biner, ukurannya lebih kecil dari file teks. - Tiap record memiliki tipe dan panjang yang sama. Bisa saja memiliki berbagai tipe asalkan dikelompokkan dalam RECORD. - Dapat diakses secara random, elemen-elemennya bisa dibaca secara acak yang keberapa saja. c. File tidak bertipe Karakteristik : - File yang mengakses langsung ke media penyimpanan tanpa adanya pengenalan record dan sebagainya. - Digunakan untuk tugas-tugas yang berhubungan dengan file biner yang dapat diproses tanpa mengenal jenis recordnya.
  • 13. PENTINGNYA BELAJAR PASCALDalam memulai belajar pemrograman tidaklah ditentukan harus memulai dari bahasaprogram apa terlebih dahulu dan yang perlu diingat ialah belajar / mengajar bahasapemroraman berbedadengan belajar / mengajar pemrograman.Dalam belajar pemrograman, Derek Andrew memberikan rambu-rambu sbb:“Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman , Tetapi belajar atau mengajar : Bagaimana memecahkan masalah Bagaimana mendesain system Prinsip-prinsip bahasa pemrograman Teori semantic Teori pemrogramanJadi keberhasilan dalam belajar pemrograman ialah menguasai bagaimana caramemprogram, Bukannya hanya menguasai atau belajar apa bahasa programnya tersebut.Belajar pemrograman lumayan menyenangkan.