PERBANDINGAN WINDOWS DENGAN
LINUx
Instalasinya dan Kelengkapan Program

Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya
Windows tidak menyediakan banyak program...
User Interface
Kalau di Windows, Anda tidak banyak memiliki
pilihan user interface. Sebagai misal, di Windows
95/98 Anda h...
Anda bisa memilih desktop model GNOME atau
menggunakan utility Docker. Dan jika Anda terbiasa
di Windows dan memiliki komp...
Sekuriti dan Virus
Perbedaan pada Windows adalah virus dan spyware. Dari
tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin men...
program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan
marketing. Sayangnya, ada juga yang berniat buruk
yaitu dengan mencuri i...
Konfigurasi Sistem
Anda mungkin sering mendengar di Linux Anda perlu
menyunting file secara manual melalui command line.
S...
Hardware Support
Anda sering mendengar suatu hardware tidak bekerja
di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware
tida...
Partisi Harddisk
Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuk suatu
partisi. Semua drive disatukan dalam suatu sistem
peny...
Kemudahan dan Keamanan
Anda mungkin sudah mengetahui, bahwa sebagai user
biasa (bukan Root) Anda tidak bisa menulis file d...
Sistem File
Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan
Windows 9x) dan NTFS (dari Windows NT/2000/XP).
Anda bisa...
Ada beberapa aspek di Windows Vista bisa Anda
tampilkan di Linux, seperti gadget, aero, menu
Vista, dan 3D Desktop. PCLinu...
A. WINDOWS
Microsoft Windows adalah sistem operasi
computer berbasiskan GUI yang paling banyak
digunakan oleh user didunia. Awal mula...
a. Kelebihan
 Sistem operasi yang user-friendly.
 Dukungan

hardware yang lengkap, aplikasi bagi
platform Windows lebih ...
b. Kelemahan
 Mudah sekali tertular virus.
 Harga lisensi terlalu mahal dan tidak dapat dijangkau

oleh user secara kese...
B. LINUX
Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun
1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang
mahasiswa ilmu komputer d...
Linux mempunyai mempunyai pendistribusian
yang berisi kumpulan aplikasi-aplikasi yang khusus
digunakan oleh Linux dan beru...
a. Kelebihan
 Sistem operasi yang tahan tertular virus.
 Linux sangat stabil, sehingga menjadi platform

mayoritas bagi ...
b. Kelemahan
 Masih belum banyak software yang cocok dijalankan

di Linux.
 Beberapa hardware yang sepertinya sulit untu...
 Secara spesifikasi:

1.
User Interface :
Ø Linux :
Banyak memiliki user interface, bias memilih sesuai
dengan kebutuhan ...
2. Keamanan dan virus :
Ø Linux :
virus bagi linux bukanlah sesuatu hal yang menakutkan
bagi pengguna system operasi linux...
3. Spyware :
Ø Linux :
Linux
sangat
memperhatingkan
pengumpulan, pengiriman data ke server khususnya di
dunia marketing.
Ø...
4.

Instalasi dan Kelengkapan Program :

Ø Linux :
Sekalipun linux juga suatu system operasi, tetapi linux
didistribusikan...
5.

Konfigurasi Sistem :

Ø Linux :
Di linux, anda mungkin sering mendengar perlunya
Mempelajari perintah-perintah secara ...
6.

Hardware support:

Ø Linux :
Di linux anda mungkin sering mendengar suatu hardware
tidak bekerja di linux. Hal ini ter...
7. System File :
Ø Linux :
Linux
memiliki
beberapa
macam
file
system, diantaranya reiser FS atau ext3. System file ini
men...
8.

Defrag

Ø Linux :
Di linux tidak akan menemukan program untuk mendefrag hardisk namun jika hardisk sudah terisi sampai...
9. Penamaan File
Ø Linux :
Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan
linux juga bersifat case-sensitive.
Ø Windows...
Presentation (adi)
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Presentation (adi)

180
-1

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
180
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentation (adi)

  1. 1. PERBANDINGAN WINDOWS DENGAN LINUx
  2. 2. Instalasinya dan Kelengkapan Program Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya. Ini sangat berbeda dengan Linux. Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, Anda akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torren t, News), 3D, Games, Utility, dll.
  3. 3. User Interface Kalau di Windows, Anda tidak banyak memiliki pilihan user interface. Sebagai misal, di Windows 95/98 Anda hanya mengenal user interface bawaan Windows 95/98. Anda sedikit lebih beruntung jika menggunakan Windows XP, karena Anda bisa berpindah dari interface milik Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan. Sebaliknya kalau Di Linux, Anda bisa menemukan banyak macam user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau lingkungan kerja Anda. Sebagai misal, pada komputer yang lambat Anda bisa menggunakan user interface yang ringan, seperti XFCE atau Fluxbox. Atau jika Anda menyukai gaya Mac,
  4. 4. Anda bisa memilih desktop model GNOME atau menggunakan utility Docker. Dan jika Anda terbiasa di Windows dan memiliki komputer yang cukup cepat, Anda bisa memilih desktop KDE. Dengan KDE, Anda masih bisa memilih untuk menggunakan gaya Windows XP ataupun Windows Vista. Pilihan dan variasinya sangat banyak di Linux, Anda bisa mengatur sesuai dengan favorit Anda.
  5. 5. Sekuriti dan Virus Perbedaan pada Windows adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin mengecil tetapi malah semakin membesar. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat sekuriti lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar. Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan data Anda ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif,
  6. 6. program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing. Sayangnya, ada juga yang berniat buruk yaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya. Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem Anda dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel.
  7. 7. Konfigurasi Sistem Anda mungkin sering mendengar di Linux Anda perlu menyunting file secara manual melalui command line. Sebagian berita ini benar, tetapi dengan PCLINUX Control Center konfigurasi sistem bisa Anda lakukan semudah point n click. PCLINUX memiliki deteksi perangkat keras yang baik sehingga hampir semuanya berjalan secara otomatis. Dan hampir semua program di PCLINUX disertai dengan konfigurasi yang sudah siap pakai. Sebagai contoh, browser Internet telah disertai dengan sejumlah plug-ins. Tidak perlu mendownload dan menginstal plug-ins flash ataupun yang lainnya.
  8. 8. Hardware Support Anda sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.
  9. 9. Partisi Harddisk Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuk suatu partisi. Semua drive disatukan dalam suatu sistem penyimpanan yang besar. Folder /mnt merupakan tempat untuk Anda mengakses semua media yang ada di komputer, baik partisi lain, CDROM, Floppy, ataupun FlashDisk. Belakangan KDE telah memperudah akses ke media dengan menyediakan sistem Storage Media yang dapat diakses melalui My Computer ataupun file manager Konqueror.
  10. 10. Kemudahan dan Keamanan Anda mungkin sudah mengetahui, bahwa sebagai user biasa (bukan Root) Anda tidak bisa menulis file di sembarang folder. User biasa hanya memiliki akses tulis di folder home mereka. Sebagai user biasa, Anda tidak akan bisa mengubah bagian penting dari sistem Linux. Ini memang terkesan terlalu membatasi dan merepotkan, tetapi cara ini jauh lebih aman, karena hanya orang tertentu yang mempunyai akses Root saja yang bisa menyentuh sistem. Bahkan viruspun tidak bisa dengan mudah menyentuh sistem Linux. Itu sebabnya Anda tidak banyak mendengar adanya virus di Linux.
  11. 11. Sistem File Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari Windows NT/2000/XP). Anda bisa membaca dan bahkan menyimpan file di sistem FAT dan NTFS milik Windows. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, Windows tidak akan bisa membaca atau menyimpan file di sistem Linux. Seperti halnya Windows, Linux memiliki beberapa macam file sistem, diantaranya ReiserFS atau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih bagus dari FAT atau NTFS milik Windows karena mengimplementasikan suatu tehnik yang disebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentang sistem file. Saat sistem Linux crash, kegiatan jurnal akan diselesaikan setelah proses reboot dan semua file di harddisk akan tetap berjalan lancar. Style Windows Vista di Linux
  12. 12. Ada beberapa aspek di Windows Vista bisa Anda tampilkan di Linux, seperti gadget, aero, menu Vista, dan 3D Desktop. PCLinux menyediakan tool untuk menampilkan gadget, aero dan menu Vista. Untuk 3D Desktop, PCLinux saat ini hanya menyediakan versi demonya (untuk pengguna nVidia).
  13. 13. A. WINDOWS
  14. 14. Microsoft Windows adalah sistem operasi computer berbasiskan GUI yang paling banyak digunakan oleh user didunia. Awal mula munculnya Windows yaitu dari QDOS (Quick and Dirty Operating System) yang ditulis oleh TIM Paterson dari Seattle Computer pada tahun 1980. Kemudian Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan pada tahun 1981 diganti nama menjadi MS-DOS. Dan sekarang perkembangan windows mengalami perubahan yang signifikan dari awal mula munculnya windows. Adapun keunggulan dan kelemahannya adalah sebagai berikut:
  15. 15. a. Kelebihan  Sistem operasi yang user-friendly.  Dukungan hardware yang lengkap, aplikasi bagi platform Windows lebih banyak.  Memiliki pengaturan control akses yang canggih dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, dikarenakan tidak semua orang dapat mengakses data secara bebas terhadap semua objek tertentu.  Mendukung sistem berkas partii dengan fomat FAT, FAT16, FAT32, NTFS, juga ISO9660.  Mendukung Sistem Berkas Terenskripsi ( EFS ). Sistem ini digunakan untuk memproteksi data- data yang penting agar tidak dapat di buka oleh user lain apalagi komputer lain.
  16. 16. b. Kelemahan  Mudah sekali tertular virus.  Harga lisensi terlalu mahal dan tidak dapat dijangkau oleh user secara keseluruhan.  Tidak ada efek tiga dimensi dan memiliki resolusi gambar yang rendah.
  17. 17. B. LINUX
  18. 18. Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memliki kemampuan yang dapat disejajarkan dengan sistem operasi komersial lainnya. Lisensi Linux dipegang oleh Linus Torvalds, sebagai penghormatan atas hasil jerih payahnya mengembangkan Linux.
  19. 19. Linux mempunyai mempunyai pendistribusian yang berisi kumpulan aplikasi-aplikasi yang khusus digunakan oleh Linux dan berusaha untuk menggabungkannya sehingga dapat menjadi sistem operasi yang berbasis Linux yang sering disebut distro Linux. Ada beberapa distro Linux yang telah berkembang yaitu Suse, Debian, Redhat, Ubuntu, Mandrake, Slackware, Blankon, dll. Kelebihan utama yang dimiliki oleh linux adalah pada sistem jaringannya. Adapun keunggulan dan kelebihan lainnya adalah sebagai berikut :
  20. 20. a. Kelebihan  Sistem operasi yang tahan tertular virus.  Linux sangat stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet, hingga industri perfilman.  Linux sangat baik digunakan untuk jaringan.  Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.  Linux adalah sistem operasi yang murni multiuser dan multitasking.
  21. 21. b. Kelemahan  Masih belum banyak software yang cocok dijalankan di Linux.  Beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux. Secara Aplikasi berikut adalah perbandingan system operasi linux dengan windows adalaha sebagai berikut:
  22. 22.  Secara spesifikasi: 1. User Interface : Ø Linux : Banyak memiliki user interface, bias memilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi Komputer. Ø Windows : tidak banyak memiliki user interface kecuali windows vista.
  23. 23. 2. Keamanan dan virus : Ø Linux : virus bagi linux bukanlah sesuatu hal yang menakutkan bagi pengguna system operasi linux, karena keamanan linux lebih kuat dari pada windows. Walaupun virus bias saja masuk dan berkembang biak di linux, namun tetapi tidak membawa kerusakan yang besar. Ø Windows : Virus menjadi suatu yang menakutkan dan selalu mengancam system operasi windows, sehingga dapat merusak data yang ada pada windows. Dengan begitu keamanan system operasi windows tidak sekuat dengan operasi linux.
  24. 24. 3. Spyware : Ø Linux : Linux sangat memperhatingkan pengumpulan, pengiriman data ke server khususnya di dunia marketing. Ø Windows : Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia windows. Biasanya program spywaremengemati, mengumpulkan dan mengirimkan data anda ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif, program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing. Sayangnya, ada juga yang berniat buruknya yaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negative lainnya.
  25. 25. 4. Instalasi dan Kelengkapan Program : Ø Linux : Sekalipun linux juga suatu system operasi, tetapi linux didistribusikan dengan setelah instal, anda akan menemui banyak aplikasi. Sebut saja kategori officesuite, multimedia, internet, 3D dan games. Ø Windows : Windows tidak menyediakan banyak program setelah di instal. Kalau pun ada ada mungkin anda hanya akan menemukan internet explorer, media player, notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
  26. 26. 5. Konfigurasi Sistem : Ø Linux : Di linux, anda mungkin sering mendengar perlunya Mempelajari perintah-perintah secara manual di command line.belakangan linux sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga hamper semua hal juga bias anda lakukan sama mudahnya seperti di windows. Ø Windows : Windows di kenal kemudahan dalam pemakaianya, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan system point n’ click yang sudah berbasis grafis
  27. 27. 6. Hardware support: Ø Linux : Di linux anda mungkin sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver linux. Ø Windows : Di windows, hardware yang ada sudah menyertakan drivernya.
  28. 28. 7. System File : Ø Linux : Linux memiliki beberapa macam file system, diantaranya reiser FS atau ext3. System file ini mengimplementasikan suatu teknik yang di sebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan system file. Ø Windows : Windows mempunyai dua system file yaitu FAT dan NTFS. Dengan dua system file seperti di atas anda bias membaca dan bahkan melihat menyimpan file di system FAT atau NTFS milik windows.
  29. 29. 8. Defrag Ø Linux : Di linux tidak akan menemukan program untuk mendefrag hardisk namun jika hardisk sudah terisi sampai 99%, akan mendapatkan masalah kecepatan. Ø Windows : Mungkin sering mengalami masalah menurunya kecepatan windows. Salah satu penyebabnya biasanya adalah file-file harddisk yang sudah tidak tersusun rapi lagi. Itu sebabnya anda di sarankan untuk menggunakan program defrag.
  30. 30. 9. Penamaan File Ø Linux : Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan linux juga bersifat case-sensitive. Ø Windows : Untuk memisahkan folder windows menggunkaan “”. 10. 3D Desktop Ø Linux : Linux mampu menjalankan fitur 3D desktop yang lebih lengkap pada computer dengan spesifikasi yang sangat rendah. Ø Windows : Windows menyediakan vitur 3D desktop akan tetapi harus dengan computer yang mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×