Perbedaan windows dan linux

4,122 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,122
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
91
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perbedaan windows dan linux

  1. 1. NAMA NPM RUANG TUGAS : : : : NURDJANA HAURISSA 12105.55201.10.081 INFO 2/ KOMPUTASI II SO’2
  2. 2. Sekilas Tentang Windows  Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).  Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MSDOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.
  3. 3.  (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MSDOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
  4. 4.  Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
  5. 5.  Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memliki kemampuan yang dapat disejajarkan dengan sistem operasi komersial lainnya. Lisensi Linux dipegang oleh Linus Torvalds, sebagai penghormatan atas hasil jerih payahnya mengembangkan Linux.
  6. 6.  Linux mempunyai mempunyai pendistribusian yang berisi kumpulan aplikasi-aplikasi yang khusus digunakan oleh Linux dan berusaha untuk menggabungkannya sehingga dapat menjadi sistem operasi yang berbasis Linux yang sering disebut distro Linux. Ada beberapa distro Linux yang telah berkembang yaitu Suse, Debian, Redhat, Ubuntu, Mandrake, Slackware, Blankon, dll. Kelebihan utama yang dimiliki oleh linux adalah pada sistem jaringannya
  7. 7.  1. Perbedaan windows dan linux dapat dilihat dari berbagai segi seperti kelengkapan program, program aplikasi, konfigurasi sistem, dukungan perangkat keras, sistem file, sistem distribusi dan sebagainya. Kedua sistem operasi ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal anda mempertimbangkannya dan menentukan pilihan.
  8. 8.  Pada sistem operasi Windows anda akan menemukan pembedaan antara drive A dan B, sedangkan jika anda masuk pada sistem Linux maka tidak mengenal pembedaan tersebut sehingga drive A atau B akan hilang. Selain itu Linux tidak mengeja alphabet dari A hingga Z, tetapi Linux mengenali komputer dari sistem direktori. Sebagai contoh untuk penamaan CD-ROM dapat dicari pada direktori /mnt/cdrom.
  9. 9.  Linux :  Banyak memiliki user interface, bias memilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi Komputer.  Windows :  tidak banyak memiliki user interface kecuali windows vista.
  10. 10.  Linux :  virus bagi linux bukanlah sesuatu hal yang menakutkan bagi pengguna system operasi linux, karena keamanan linux lebih kuat dari pada windows. Walaupun virus bias saja masuk dan berkembang biak di linux, namun tetapi tidak membawa kerusakan yang besar.  Ø Windows :  Virus menjadi suatu yang menakutkan dan selalu mengancam system operasi windows, sehingga dapat merusak data yang ada pada windows. Dengan begitu keamanan system operasi windows tidak sekuat dengan operasi linux.
  11. 11.  Linux :  Linux sangat memperhatingkan pengumpulan, pengiriman data ke server khususnya di dunia marketing.  Windows :  Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia windows. Biasanya program spywaremengemati, mengumpulkan dan mengirimkan data anda ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif, program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing. Sayangnya, ada juga yang berniat buruknya yaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negative lainnya.
  12. 12.  Linux :  Sekalipun linux juga suatu system operasi, tetapi linux didistribusikan dengan setelah instal, anda akan menemui banyak aplikasi. Sebut saja kategori officesuite, multimedia, internet, 3D dan games.  Windows :  Windows tidak menyediakan banyak program setelah di instal. Kalau pun ada ada mungkin anda hanya akan menemukan internet explorer, media player, notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
  13. 13.  Linux :  Di linux, anda mungkin sering mendengar perlunya Mempelajari perintah-perintah secara manual di command line.belakangan linux sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga hamper semua hal juga bias anda lakukan sama mudahnya seperti di windows. Windows :  Windows di kenal kemudahan dalam pemakaianya, karena hampir semua hal juga bisa dilakukan dengan system point n’ click yang sudah berbasis grafis
  14. 14.  Linux :  Di linux anda mungkin sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver linux.  Windows : Di windows, hardware yang ada sudah menyertakan drivernya
  15. 15.  Linux :  Linux memiliki beberapa macam file system, diantaranya reiser FS atau ext3. System file ini mengimplementasikan suatu teknik yang di sebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan system file.  Windows : Windows mempunyai dua system file yaitu FAT dan NTFS. Dengan dua system file seperti di atas anda bias membaca dan bahkan melihat menyimpan file di system FAT atau NTFS milik windows.
  16. 16.  Linux :  Di linux tidak akan menemukan program untuk men- defrag hardisk namun jika hardisk sudah terisi sampai 99%, akan mendapatkan masalah kecepatan.  Windows :  Mungkin sering mengalami masalah menurunya kecepatan windows. Salah satu penyebabnya biasanya adalah file-file harddisk yang sudah tidak tersusun rapi lagi. Itu sebabnya anda di sarankan untuk menggunakan program defrag
  17. 17.  Linux :  Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan linux juga bersifat case-sensitive.  Windows :  Untuk memisahkan folder windows menggunkaan “”.
  18. 18.  Linux :  Linux mampu menjalankan fitur 3D desktop yang lebih lengkap pada computer dengan spesifikasi yang sangat rendah.  Windows :  Windows menyediakan vitur 3D desktop akan tetapi harus dengan computer yang mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi.
  19. 19.  a. Kelebihan Windows  · Dukungan hardware yang lengkap, aplikasi bagi platform      Windows lebih banyak. · Mendukung sistem berkas partii dengan fomat FAT, FAT16, FAT32, NTFS, juga ISO9660. · Mendukung Sistem Berkas Terenskripsi ( EFS ). Sistem ini digunakan untuk memproteksi data- data yang penting agar tidak dapat di buka oleh user lain apalagi komputer lain. b. Kelemahan Windows · Mudah sekali tertular virus. · Harga lisensi terlalu mahal dan tidak dapat dijangkau oleh user secara keseluruhan. · Tidak ada efek tiga dimensi dan memiliki resolusi gambar yang rendah.
  20. 20.  Kelebihan  · Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk desain      grafik/multimedia. · Tidak mudah terserang virus, Karena dirancang oleh security oriented. · Mempunyai program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tetapi juga di Internet. b. Kelemahan · Software untuk OS ini belum begitu lengkap seperti pada windows. · Seakan hanya ditujukan untuk desainer grafis. · Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

×