Milikilah cara hidup yang baik

13,353 views

Published on

Hidup yang baik sangat dibutuhkan di tengah dunia yang semakin jahat. Tidak ada cara lain yang bisa mengalahkan kejahatan, kecuali dengan cara hidup yang baik yang bisa kita lakukan untuk menerangi dunia ini.

Published in: Spiritual
0 Comments
16 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
13,353
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1,168
Actions
Shares
0
Downloads
978
Comments
0
Likes
16
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Milikilah cara hidup yang baik

  1. 1. Milikilah Cara Hidup yang Baik 1 Petrus 2:11-17 Pdt. Robby Reno, M.Th Milikilah Cara Hidup yang Baik 1 Petrus 2:11-17 Pdt. Robby Reno, M.Th
  2. 2. PENDAHULUAN • Surat Petrus ditujukan kepada jemaat Kristen yang berada di perantauan atau “orang-orang pendatang” (I Petrus 1:1), yang berarti “penduduk asing yang tinggal sementara.” Pendahuluan • Surat Petrus ditujukan kepada jemaat Kristen yang berada di perantauan atau “orang-orang pendatang” (I Petrus 1:1), yang berarti “penduduk asing yang tinggal sementara.”
  3. 3. • Waktu surat ini ditulis orang-orang Kristen sedang berada dalam berbagai-bagai penderitaan dan penganiayaan, yaitu: –Mengalami penderitaan karena mereka hidup saleh serta berbuat baik dan benar (I Petrus 2:19-23; 4:1-4, 15-19). –Dinista karena nama Kristus (I Petrus 4:14) –Dicaci maki oleh orang-orang yang belum diselamatkan (I Petrus 3:9-10). • Waktu surat ini ditulis orang- orang Kristen sedang berada dalam berbagai-bagai penderitaan dan penganiayaan, yaitu: –Mengalami penderitaan karena mereka hidup saleh serta berbuat baik dan benar (I Petrus 2:19-23; 4:1-4, 15-19). –Dinista karena nama Kristus (I Petrus 4:14) –Dicaci maki oleh orang-orang yang belum diselamatkan (I
  4. 4. • Akibat dari penderitaan dan penganiayaan ini: ada yang murtad, ada yang tetap bertahan. Pada saat kegelapan seperti inilah Petrus menulis surat kepada mereka. • Akibat dari penderitaan dan penganiayaan ini: ada yang murtad, ada yang tetap bertahan. Pada saat kegelapan seperti inilah Petrus menulis surat kepada mereka.
  5. 5. • Penekanan Petrus adalah dalam keadaan bagaimanapun orang Kristen harus tetap hidup dan bertumbuh. • Penekanan Petrus adalah dalam keadaan bagaimanapun orang Kristen harus tetap hidup dan bertumbuh.
  6. 6. • Sebab di dalam diri orang Kristen ada potensi untuk bertumbuh karena memiliki (II Petrus 1:3-4): – Kuasa Ilahi, ayat 3 – Janji-janji Ilahi, ayat 4 – Kodrat Ilahi, ayat 4 • Sebab di dalam diri orang Kristen ada potensi untuk bertumbuh karena memiliki (II Petrus 1:3-4): –Kuasa Ilahi, ayat 3. –Janji-janji Ilahi, ayat 4. –Kodrat Ilahi, ayat 4.
  7. 7. Beberapa cara hidup yang harus dimiliki orang Kristen dapat bertumbuh ke arah kedewasaan yang sempurna di dalam Kristus Yesus. Beberapa cara hidup yang harus dimiliki orang Kristen dapat bertumbuh ke arah kedewasaan yang sempurna di dalam Kristus Yesus.
  8. 8. HIDUP DALAM KEKUDUSAN (Ayat 11-12) HIDUP DALAM KEKUDUSAN (Ayat 11-12)
  9. 9. Petrus mengingatkan pembacanya supaya mereka mengesampingkan sikap hati tertentu yang salah yang akan merusak kesaksian hidup mereka. Hal yang sangat penting untuk orang Kristen adalah harus hidup dalam kesucian. Petrus mengingatkan pembacanya supaya mereka mengesampingkan sikap hati tertentu yang salah yang akan merusak kesaksian hidup mereka. Hal yang sangat penting untuk orang Kristen adalah harus hidup dalam kesucian.
  10. 10. Untuk dapat hidup dalam kesucian, seseorang harus mengalami kelahiran kembali. Karena seorang Kristen baru dapat dikatakan Kristen bila telah melewati titik star “Kelahiran Kembali.” Untuk dapat hidup dalam kesucian, seseorang harus mengalami kelahiran kembali. Karena seorang Kristen baru dapat dikatakan Kristen bila telah melewati titik star “Kelahiran Kembali.”
  11. 11. Seorang yang telah dilahirkan kembali harus masuk dalam proses pengudusan. Salah satu kendala atau hambatan pertumbuhan iman adalah orang belum siap meninggalkan dosa- dosanya. Seorang yang telah dilahirkan kembali harus masuk dalam proses pengudusan. Salah satu kendala atau hambatan pertumbuhan iman adalah orang belum siap meninggalkan dosa-dosanya.
  12. 12. Ilustrasi : Tidak mungkin air yang kotor mencuci pakaian yang kotor. Dengan kata lain, Allah baru mau memakai seseorang menjadi alat-Nya, jika orang tersebut hidup dalam kekudusan. Ilustrasi : Tidak mungkin air yang kotor mencuci pakaian yang kotor. Dengan kata lain, Allah baru mau memakai seseorang menjadi alat-Nya, jika orang tersebut hidup dalam kekudusan.
  13. 13. HIDUP DALAM KETAATAN, Ayat 13-14HIDUP DALAM KETAATAN, Ayat 13-14
  14. 14. Petrus mengatakan bahwa orang kristen harus tunduk kepada pemerintah, tak peduli pemerintah itu Yahudi atau non Yahudi. Alasan ketundukan kita adalah karena Tuhan/Allah memerintahkan kita untuk tunduk kepada pemerintah yang ditetapkan olehNya. Petrus mengatakan bahwa orang kristen harus tunduk kepada pemerintah, tak peduli pemerintah itu Yahudi atau non Yahudi. Alasan ketundukan kita adalah karena Tuhan/Allah memerintahkan kita untuk tunduk kepada pemerintah yang ditetapkan oleh-Nya.
  15. 15. Roma 13:1, “Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya”. Roma 13:1, “Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya”.
  16. 16. Karena ketaatan kepada pemerintah itu harus dilakukan karena/demi Allah, maka jelas bahwa kita tidak boleh mentaati pemerintah pada saat pemerintah menyuruh/melarang kita untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan Firman Tuhan. Dalam hal seperti ini kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia/pemerintah (Kis 4:19 Kis 5:29). Karena ketaatan kepada pemerintah itu harus dilakukan karena/demi Allah, maka jelas bahwa kita tidak boleh mentaati pemerintah pada saat pemerintah menyuruh/melarang kita untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan Firman Tuhan. Dalam hal seperti ini kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia/pemerintah (Kis 4:19 Kis 5:29).
  17. 17. HIDUP TAKUT AKAN ALLAH, Ayat 15-17 HIDUP TAKUT AKAN Allah, Ayat 15-17
  18. 18. Selain kesucian hidup dan ketaatan, hal yang juga dapat membuat orang Kristen dapat menjadi saksi Tuhan yang baik ialah hidup takut akan Allah. Selain kesucian hidup dan ketaatan, hal yang juga dapat membuat orang Kristen dapat menjadi saksi Tuhan yang baik ialah hidup takut akan Allah.
  19. 19. Bagaimana kita dapat hidup takut akan Allah, yaitu dengan: Bagaimana kita dapat hidup takut akan Allah?
  20. 20. Berbuat Baik (ayat 15) Berbuat Baik (ayat 15)
  21. 21. “Sekalipun kadang-kadang cocok bagi umat Tuhan untuk menggunakan pembelaan diri dengan kata-kata untuk membersihkan diri mereka sendiri, dan cara-cara pembelaan yang sah lainnya terhadap fitnahan palsu (Kis 24:10-dst, 25:8), tetapi sikap yang kudus dan kristiani merupakan cara yang paling kuat, untuk membantah fitnahan dari orang-orang jahat; dan untuk membungkam mulut mereka, dari berbicara menentang orang- orang saleh.”
  22. 22. Hidup sebagai Orang Merdeka (ayat 16) Hidup sebagai Orang Merdeka (ayat 16)
  23. 23. Orang kristen memang adalah orang merdeka. Mereka merdeka dari setan dan dosa, tetapi mereka adalah hamba-hamba Allah, dan karena itu harus taat kepada Allah, dan karena Allah menyuruh mereka taat kepada pemerintah, maka mereka harus taat kepada pemerintah. Orang kristen memang adalah orang merdeka. Mereka merdeka dari setan dan dosa, tetapi mereka adalah hamba-hamba Allah, dan karena itu harus taat kepada Allah, dan karena Allah menyuruh mereka taat kepada pemerintah, maka mereka harus taat kepada pemerintah.
  24. 24. Menghormati dan Mengasihi (ayat 17) Menghormati dan Mengasihi (ayat 17)
  25. 25. Menghormatinya dengan hati yang tulus, bukan dengan motivasi yang tidak bisa dipertanggung- jawabkan. Kita juga harus mengasihi orang kristen KTP dan orang kafir (Mat 22:39), dan bahkan musuh (Mat 5:44), tetapi untuk sesama orang Kristen, hal ini harus lebih ditekankan! Menghormatinya dengan hati yang tulus, bukan dengan motivasi yang tidak bisa dipertanggung- jawabkan. Kita juga harus mengasihi orang kristen KTP dan orang kafir (Mat 22:39), dan bahkan musuh (Mat 5:44), tetapi untuk sesama orang Kristen, hal ini harus lebih ditekankan!
  26. 26. Gal 6:10 - “Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman”. Gal 6:10 - “Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman”.
  27. 27. Penutup Penutup Firman Tuhan melalui teks ini telah menyatakan cara hidup baik yang harus dimiliki oleh setiap anak-anak Tuhan jika mau mengalami pertumbuhan iman yang sehat.
  28. 28. Firman Tuhan melalui teks ini telah menyatakan cara hidup baik yang harus dimiliki oleh setiap anak-anak Tuhan jika mau mengalami pertumbuhan iman yang sehat Tuhan sangat merindukan supaya umat-Nya mengalami kehidupan yang memberi dampak positif kepada lingkungan di mana mereka hidup, bergerak dan ada.
  29. 29. hidup dalam kesucian, hidup dalam ketaatan, dan hidup takut akan Allah. Kalau ada di antara kita sebagai umat Tuhan yang belum memiliki cara hidup yang baik, ingatlah bahwa Firman Tuhan dengan tegas menantang kita untuk bertindak mengambil keputusan untuk hidup sebagai umat Tuhan yang setia melaksanakan peritah-Nya. Cara hidup yang baik menurut Petrus ialah: pertama, hidup dalam kesucian; kedua, hidup dalam ketaatan; ketiga, hidup takut akan Allah.
  30. 30. Kalau ada di antara kita sebagai umat Tuhan yang belum memiliki cara hidup yang baik, ingatlah bahwa Firman Tuhan dengan tegas menantang kita untuk bertindak mengambil keputusan untuk hidup sebagai umat Tuhan yang setia melaksanakan peritah-Nya.

×