Bakso Buah

912 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
912
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bakso Buah

  1. 1. BAKSO MUNGIL NANO-NANO yang RAME RASANYA BAKSO STARWBERRY, BAKSO MANGGA, BAKSO PEAR, BAKSO APEL, BAKSO NANGKA, BAKSO DURIAN Bakso Buah Kini Pindah ke Bakso Malang Asli Cak Tio [info lebih lanjut klik link ini] Jakarta Timur, kelanakuliner.com Kalau Anda ingat iklan permen yang rame rasanya, pasti ingat dengan iklan Nano-Nano. Permen yang rame rasanya ini ternyata ada di dalam sebuah sajian favorit orang banyak yakni Bakso. Makanya saya sangat antusias sekali ketika saya mendengar ada bakso yang mirip rasanya dengan permen unik itu. Sebut saja Bakso Nano-Nano, Bakso yang rame Rasanya Pulang dari berburu informasi dan berita, saya pulang lewat Pulogadung, kemudian ambil jalan melewati Cakung dan menuju Jl. Raya Rawakuning. Tak lebih dari 30 meter, di sebelah kiri saya depan sebuah SDN saya melihat warung bakso sederhana. Biarpun sederhana, tapi sajian yang ada di tempat ini gak kalah sensasional. Ya, namanya Bakso Buah. Kita bisa menikmati bakso yang lezat dan isinya adalah potongan buah-buahan segar, seperti strawberry, nanas, mangga, pear ataupun apel sesuai dengan selera pilihan Anda. Dan kalau Anda beruntung mungkin bisa saja menjumpai Bakso isi Durian... Waduh gimana rasanya tuh? Saya sendiri saat bertemu dengan sang pemilik warung bakso, A'a Alvin yang bernama lengkap Arifin ini menyambut saya dengan senang hati karena memang kami sudah seminggu lewat membuat janji untuk bertemu di tempatnya. Pemuda murah senyum ini memang sangat antusias menjual dan memasarkan Bakso Buahnya di wilayah perumahan warga di bilangan jalan raya Rawakuning, Pulogebang, Cakung.
  2. 2. Bila sebelumnya saat dia menjajakan gerobak bakso di TIM (Taman Ismail Marzuki), ia membuat bakso buahnya dalam ukuran yang lebih besar, tepatnya sebesar bola tenis. Hal ini disesuaikan dengan pasarnya, yang kebetulan juga banyak mahasiswa dan seniman senior belanja di warung baksonya, katanya mengenang masa lalu. Kini saat Alvin membuka warung di rumah kontrakannya bersama abangnya, lingkungan pasarnya memang belum siap dan akrab dengan bakso buah yang dibuatnya. Tapi justru pembelinya datang dari luar wilayahnya. Mereka kebanyakan adalah pelanggan lama dan para karyawan pulang kerja yang melintasi jalan di depan warung baksonya. Saat mereka mencoba, tampaknya mereka jatuh cinta dan mau membelinya kembali. Inilah langganan pertama Alvin. Dengan menghabiskan waktu di pagi hari setelah berbelanja, Alvin pemuda tanah Pasundan ini mengolah baksonya dengan mengisi beragam aneka buah, seperti pear, apel, nanas, strawberry bahkan bila ada uang berlebih, ia sesekali mengisi dengan nangka atau durian. Atau mungkin Anda ingin meminta dibuatkan bakso dengan isi buah khusus kesukaan Anda. Masalah rasa, jangan kuatir. Saya berani menjamin... super maknyusss! Top Buanget! Rasa gurih dan kenyal serta empuknya daging sapi olahan Alvin akan berbaur dengan manis dan asamnya buah yang ada di dalam bakso. Sensasinya yang rame inilah yang membuat para pelanggan yang kebanyakan orang luar kampungnya kembali bertandang ke warung dan memesan untuk dibawa pulang buat keluarga mereka. Sesekali ada juga yang makan di tempat.
  3. 3. Lelaki berusia duapuluhan kelahiran Tasikmalaya ini memang punya kiat tersendiri untuk memancing pelanggannya agar mau kembali datang. Dia pun membeli buku resep masakan bagaimana membuat bakso yang unik dan sedap dalam hal penyajian. Dia sendiri mengakui, bahwa bakso buahnya tidak terinspirasi dari buku, tapi kebetulan saat berdagang di TIM ada salah seorang pelanggannya yang akrab memintanya untuk berinovasi dengan dagangan baksonya agar unik dan mudah dikenali tetapi tetap mengutamakan rasa dan kualitas. Bagi Anda yang memang ingin merasakan sensasi ekstrim dan inovatif maka saya bisa menyarankan Bakso Buah Alvin di Jl. Raya Rawakuning, Pulogebang ini. Ingat saja ada sebuah SD Negeri tepat di depan warung bakso buahnya. Di samping penuh vitamin dan rame rasanya, bakso olahan Alvin memang cukup lembut dan lunak serta gurihnya yang begitu membekas di lidah Anda. Karena menurut pengakuannya, dia sudah lebih dari dua tahun melakukan inovasi agar bakso dagangannya dikenal oleh pelanggannya pada posisi tersendiri dalam benak mereka. Dengan harga per porsi Rp. 7.000,- Anda bisa merasakan bakso Nano-Nano ini. Gak Mahal dan Rame Rasanya! Sedangkan untuk pemesanan/Anda bisa menghubungi Alvin atau saya DikRizal di telp (021)9346.1965. Dik Rizal - dobeldobel.com ------------------------------------------------------------------------------------------------ Tulisan terkaity tentang Bakso Buah NIKMATNYA SENSASI BAKSO BUAH Jika ditanya usaha apa yang tidak pernah sepi, jawabnya adalah usaha bakso. Coba lihat disekeliling anda. Dalam satu komplek, dapat dijumpai lebih dari satu pedagang bakso dan semua masih tetap bisa berjalan satu dengan lainnya. Hampir di setiap tempat dapat kita jumpai produk ini. Di pasar-pasar, di pinggir jalan, di pondokan, pedagang keliling sampai di mall terkenal sekalipun. Meski banyak pesaingnya, peluang bisnis bakso masih tetap menjanjikan karena bakso merupakan makanan yang cukup digemari masyarakat Indonesia.
  4. 4. Perkembangan kuliner bakso memang semakin maju. Ragam variasi dan bentuknya cukup menarik, sehingga konsumen tidak pernah merasa jenuh untuk terus mencicipi. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa usaha bakso tidak pernah sepi. Ada yang menawarkan bakso kuah, bakso balungan, bakso rusuk, bakso isi daging, bakso isi telor, bakso isi seafood, bakso isi bandeng, isi tahu, isi keju dan lain-lain. Memang bakso bisa diisi apapun begitu juga buah-buahan. Peluang usaha bakso buah cukup menjanjikan dilihat dari potensi ketersediaan buah yang dimiliki Indonesia cukup melimpah dan beragam, selain itu usaha bakso buah masih jarang ditemuai sehingga peluang usahanya masih terbuka lebar. Jadi tunggu apalagi segera raih peluang ini. Untuk membuat bakso buah bisa digunakan buah salak, apel, anggur, kurma, kedondong, mangga muda, nanas, belimbing, anggur, kelengkeng dan lain-lain. Coba Anda bayangkan, bakso yang kenyal dan rasanya gurih dipadu dengan segarnya buah beraneka rasa. Hmmm..sebuah citarasa yang unik pastinya. Secara umum pembuatan bakso terdiri dari tahap pemotongan daging, penggilingan daging, penghalusan daging giling serta pencampuran dengan bumbu, pencampuran dengan tepung , pembentukan bola-bola dan terakhir adalah perebusan. Sedangkan pada pembuatan bakso buah hanya perlu disisipkan satu langkah yaitu untuk mengisikan potongan buah dalam adonan bakso. ALAT 1. Dandang 2. Kompor 3. Pengaduk 4. Sendok makan 5. Grinder 6. Food procerssor BAHAN 1. Daging sapi (bagian paha belakang) 1 kg 2. Putih telur 1 butir 3. Es serut 1 ons 4. Tepung sagu 100 gram 5. Garam 3/2 sdt 6. Lada bubuk 1 sd 7. Bawang putih 8 buah dihaluskan 8. Pengenyal 1 sdt 9. Buah – buahan Kuah 1. 2 liter air 2. 600 gr lutut sapi/tulang sapi 3. 6 siung bawang putih 4. 1/2 sdt merica 5. 2 batang daun bawang, iris
  5. 5. 6. 3 sdt garam CARA MEMBUAT 1. Daging dipotong kira kira 10 x 5 x 5 cm. 2. Giling daging dengan menggunakan grinder. 3. Masukkan daging giling ke dalam Food proscessor beserta campuran bahan – bahan seperti es serut, putih telur, garam, lada, bawang putih halus, dan pengenyal menjadi satu. Campuran tersebut dihaluskan selama 5 menit. 4. Tepung sagu, dan sisa es ditambahkan ke dalam food processor, dan semua campuran dihaluskan sampai halus (kurang lebih 10 menit) hingga adonan benar- benar kalis. 5. Ambil adonan secukupnya, lalu pipihkan. Beri potongan buah, lalu tutup dengan adonan sambil dibentuk bulat. 6. Tahap selanjutnya adalah perebusan. Perebusan bakso dilakukan dalam dua tahap agar permukaan bakso yang dihasilkan tidak keriput dan tidak pecah akibat perubahan suhu yang terlalu cepat. Tahap pertama, bakso dipanaskan dalam panci berisi air hangat sekitar 60 oC sampai 80 oC, sampai bakso mengeras dan terapung. Tahap kedua, bakso direbus sampai matang dalam air mendidih. 7. Setelah matang bakso siap disajikan dengan kuah. KUAH: 1. Haluskan bawang putih, merica, dan garam. 2. Didihkan air, bumbu, dan tulang, masak hingga mendidih, saring. 3. Taburi daun bawang , angkat.

×