• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Matlab
 

Matlab

on

  • 1,400 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,400
Views on SlideShare
1,400
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
36
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Matlab Matlab Presentation Transcript

    • KELOMPOK 4 Ghery Carlos Hedo Pratama Hadi Suseno Inten Wulandini Ismail Saptahadi YacubKELAS : 3IA18
    • Merupakan singkatan dari MATrix LABoratory yang merupakan bahasapemrograman yang hadir dengan fungsi dan karakteristik yang berbedadengan bahasa pemrograman lain yang sudah ada lebih dahulu sepertiDelphi, Basic maupun C++. Matlab merupakan bahasa pemrogramanlevel tinggi yang dikhususkan untuk kebutuhan komputasiteknis, visualisasi dan pemrograman seperti komputasi matematik, analisisdata, pengembangan algoritma, simulasi dan pemodelan dan grafik-grafikperhitungan.
    •  Matlab memiliki perangkat grafik yang powerful dan dapat membuatgambar-gambar dalam 2D dan 3D. Dalam hal pemrograman, Matlabserupa dengan bahasa C dan bahkan salah satu dari bahasa pemrogramantermudah dalam hal penulisan program matematik.Matlab juga memilikibeberapa toolbox yang berguna untuk pengolahan sinyal (signalprocessing), pengolahan gambar (image processing), dan lain-lain. Alasan menggunakan bahasa Matlab dikarenakan pada penelitian banyakmenggunakan perhitungan berbasis matriks, menggunakan matlab inikarena program dapat menformulasikan masalah ke dalam format matriks.Selain untuk menghemat waktu pengerjaan, program ini juga sangatefisien untuk menyelesaikan masalah.
    •  Matlab hanya memiliki dua jenis tipe data yaitu Numeric dan String.Dalam matlab setiap variabel akan disimpan dalam bentuk matrik. Userdapat langsung menuliskan variabel baru tanpa harus mendeklarasikannyaterlebih dahulu pada command window. Penamaan variabel pada matlab bersifat caseSensitif karena itu perludiperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil pada penamaan variabel.Apabila terdapat variabel lama dengan nama yang sama maka matlabsecara otomatis akan me-replace variabel lama tersebut dengan variabelbaru yang dibuat user.
    • >> varA = 1000varA =1000>> varB = [45 2 35 45]varB =45 2 35 45>> varC = test variabelvarC =test variabel
    • Dapat diasumsikan bahwa didalam matlab setiap data akan disimpandalam bentuk matriks. Dalam membuat suatu data matriks pada matlab,setiap isi data harus dimulai dari kurung siku „[„ dan diakhiri dengankurung siku tutup „]‟. Untuk membuat variabel dengan data yang terdiribeberapa baris, gunakan tanda „titik koma‟ (;) untuk memisahkan data tiapbarisnya.Contoh pembuatan data matriks pada matlab:>> DataMatriks = [1 2 3;4 5 6]DataMatriks =1 2 34 5 6
    • Matlab menyediakan beberapa fungsi yang dapat kita gunakan untukmenghasilkan bentuk-bentuk matriks yang diinginkan. Fungsi-fungsitersebut antara lain: zeros : untuk membuat matriks yang semua datanya bernilai 0 ones : matriks yang semua datanya bernilai 1 rand : matriks dengan data random dengan menggunakan distribusiuniform randn : matris dengan data random dengan menggunakan distribusinormal eye : untuk menghasilkan matriks identitas
    •  Current DirectoryWindow ini menampilkan isi dari direktori kerja saat menggunakan matlab.Kita dapat mengganti direktori ini sesuai dengan tempat direktori kerja yangdiinginkan. Default dari alamat direktori berada dalam folder works tempatprogram files Matlab berada. Command HistoryWindow ini berfungsi untuk menyimpan perintah-perintah apa saja yangsebelumnya dilakukan oleh pengguna terhadap matlab.
    •  Command WindowWindow ini adalah window utama dari Matlab. Disini adalah tempat untukmenjalankan fungsi, mendeklarasikan variable, menjalankan proses-prosesserta melihat isi variable. WorkspaceWorkspace berfungsi untuk menampilkan seluruh variabel-variabel yangsedang aktif pada saat pemakaian matlab. Apabila variabel berupa datamatriks berukuran besar maka user dapat melihat isi dari seluruh datadengan melakukan double klik pada variabel tersebut. Matlab secaraotomatis akan menampilkan window “array editor” yang berisikan datapada setiap variabel yang dipilih user.
    •  Bahasa pemrogramannya didasarkan pada matriks (baris dankolom) Lambat (dibandingkan dengan fortran atau C) karena bahasanyalangsung diartikan. Sebagai contoh, tidak perlu diartikan pre-copiled. Menghindari kalang for (for loops). Setiap saatmenggunakan bentuk-bentuk vector. Automatic memory management, misalnya kita tidak harusmendeklarasikan array terlebih dahulu. Tersusun rapi (seperti pengaturan array di fortran-90)
    •  Memiliki waktu pengembangan program yang lebih cepatdibandingkan bahasa pemrograman tradisional seperti fortran atauC. Tersedia banyak toolbox untuk aplikasi-aplikasi khusus Bersama dengan maple untuk komputasi-komputasi simbolik Dalam shared memory parallel computers, seperti SGI Origin2000,beberapa operasi secara otomatis dapat diproses bersama
    •  Mudah digunakan Platform yang berdiri sendiri Memiliki fungsi-fungsi bawaan Memiliki perangkat yang berdiri sendiri untuk menvisualikan gambarataugrafik Memiliki GUI Memilki compiler
    •  Lebih lambat dalam mengeksekusi dibandingkan bahasa pemrogramanlainnya Harganya relative tinggi Apabila kita menginginkan output perhitungan tidak ditampilkan, namunhanya disimpan dalam memory, maka tambahkan tanda semicolon di akhirperintah.
    •  Pada program Matriks yang telah dibuat, pertama kali meminta inputanuntuk ukuran orde matriks, setelah itu diminta untuk menginput nilai yangakan digunakan pada matriks A dan matriks B. Terdapat prosesperhitungan perkalian kedua matriks tersebut yang hasilnya akan dicetaksebagai hasil dari matriks tersebut.