Sistem jaringan intranet &internet

387 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
387
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sistem jaringan intranet &internet

  1. 1. SISTEM JARINGAN INTRANET&INTERNETNama:Agung Dwi PNo:03Kls:9F
  2. 2. PENGERTIAN INTERNETINTERNET MERUPAKAN HUBUNGAN ANTAR BERBAGAIJENIS KOMPUTER DAN JARINGAN DI DUNIA YANGBERBEDA SISTEM OPERASI MAUPUN APLIKASINYA DIMANA HUBUNGAN TERSEBUT MEMANFAATKANKEMAJUAN MEDIA KOMUNIKASI (TELEPON DAN SATELIT)YANG MENGGUNAKAN PROTOKOL STANDAR DALAMBERKOMUNIKASI YAITU PROTOKOL TCP/IP YANGBERISIKAN INFORMASI DAN SEBAGAI SARANAKOMUNIKASI DATA YANG BERUPASUARA, GAMBAR, VIDEO DAN JUGA TEKS. DANBERIKUT ADALAH CONTOH JARINGAN INTERNET.
  3. 3. TOPOLOGI BUS PADA TOPOLOGI BUS, KEDUA UNJUNG JARINGANHARUS DIAKHIRI DENGAN SEBUAH TERMINATOR. BAREL CONNECTORDAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMPERLUASNYA. JARINGAN HANYATERDIRI DARI SATU SALURAN KABEL YANG MENGGUNAKAN KABELBNC. KOMPUTER YANG INGIN TERHUBUNG KE JARINGAN DAPATMENGKAITKAN DIRINYA DENGAN MENTAP ETHERNETNYA SEPANJANGKABEL. TOPOLOGI INI SERINGKALI DIJUMPAI PADA SISTEMCLIENT/SERVER, DIMANA SALAH SATU MESIN PADA JARINGANTERSEBUT DIFUNGSIKAN SEBAGAI FILE SERVER, YANG BERARTIBAHWA MESIN TERSEBUT DIKHUSUSKAN HANYA UNTUKPENDISTRIBUSIAN DATA DAN BIASANYA TIDAK DIGUNAKAN UNTUKPEMROSESAN INFORMASI. INSTALASI JARINGAN BUS SANGATSEDERHANA, MURAH DAN MAKSIMAL TERDIRI ATAS 5-7 KOMPUTER.KESULITAN YANG SERING DIHADAPI ADALAH KEMUNGKINANTERJADINYA TABRAKAN DATA KARENA MEKANISME JARINGAN RELATIFSEDERHANA DAN JIKA SALAH SATU NODE PUTUS MAKA AKANMENGGANGGU KINERJA DAN TRAFIK SELURUH JARINGAN.
  4. 4. TOPOLOGI STAR/BINTANGTOPOLOGI BINTANG MERUPAKAN BENTUKTOPOLOGI JARINGAN YANG BERUPAKONVERGENSI DARI NODE TENGAH KESETIAP NODE ATAU PENGGUNA. TOPOLOGIJARINGAN BINTANG TERMASUK TOPOLOGIJARINGAN DENGAN BIAYA MENENGAH.
  5. 5. TOPOLOGI JARINGAN INI MENERAPKANHUBUNGAN ANTAR SENTRAL SECARA PENUH.JUMLAH SALURAN HARUS DISEDIAKAN UNTUKMEMBENTUK JARINGAN MESH ADALAH JUMLAHSENTRAL DIKURANGI 1 (N-1, N = JUMLAHSENTRAL). TINGKAT KERUMITAN JARINGANSEBANDING DENGAN MENINGKATNYA JUMLAHSENTRAL YANG TERPASANG. DENGAN DEMIKIANDISAMPING KURANG EKONOMIS JUGA RELATIFMAHAL DALAM PENGOPERASIANNYA.
  6. 6. NTRANET INTRANET ADALAH KONSEP LAN YANGMENGADOPSI TEKNOLOGI INTERNET DAN MULAIDIPERKENALKAN PADA AKHIR TAHUN 1995. ATAU BISADIKATAKAN INTRANET ADALAH LAN YANGMENGGUNAKAN STANDAR KOMUNIKASI DAN SEGALAFASILITAS INTERNET, DIIBARATKAN BERINTERNETDALAM LINGKUNGAN LOKAL. UMUMNYA JUGATERKONEKSI KE INTERNET SEHINGGA MEMUNGKINKANPERTUKARAN INFORMASI DAN DATA DENGAN JARINGANINTRANET LAINNYA (INTERNETWORKING) MELALUIBACKBONE INTERNET. DAN BERIKUT ADALAH CONTOHDARI JARINGAN INTRANET
  7. 7. LAN( LOCAL AREA NETWORK ) LAN ADALAH ISTILAHKEBANYAKAN ORANG INDONESIA YANG MAKSUDNYA ADALAHJARINGAN WILAYAH LOKAL ATAU DALAM BAHASA INGGRISLAN (LOKAL AREA NETWORK), YAITU JARINGAN KOMPUTERYANG HANYA MENCAKUP WILAYAH KECIL, SEPERTI JARINGANKOMPUTER KAMPUS, WARNET, GEDUNG, KANTOR, DALAMRUMAH, SEKOLAH ATAU YANG LEBIH KECIL. BIASANYA SALAHSATU KOMPUTER DI ANTARA JARINGAN KOMPUTER ITU AKANDIGUNAKAN MENJADI SERVER YANG MENGATUR SEMUASISTEM DI DALAM JARINGAN TERSEBUT. DAN JIKA SERVER ITUDIHUBUNGKAN KE INTERNET, SEMUA KOMPUTER DALAMJARINGAN LAN TERSEBUT BISA IKUT TERHUBUNG KEINTERNET HANYA DENGAN SATU MODEM DI SERVER.
  8. 8. MAN( METROPOLITAN AREA NETWORK )METROPOLITAN AREA NETWORK (MAN), PADADASARNYA MERUPAKAN VERSI LAN YANGBERUKURAN LEBIH BESAR DAN BIASANYAMENGGUNAKAN TEKNOLOGI YANG SAMADENGAN LAN. MAN DAPAT MENCAKUPKANTOR-KANTOR PERUSAHAAN YANG LETAKNYABERDEKATAN ATAU JUGA SEBUAH KOTA DANDAPAT DIMANFAATKAN UNTUK KEPERLUANPRIBADI (SWASTA) ATAU UMUM. MAN MAMPUMENUNJANG DATA DAN SUARA, BAHKAN DAPATBERHUBUNGAN DENGAN JARINGAN TELEVISIKABEL.
  9. 9. WAN( WORLD AREA NETWORK ) WORLD AREA NETWORKADALAH SUATU JARINGAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUATINTERKONEKSI ANTAR JARINGAN LOCAL YANG SECARA FISIKTIDAK BERDEKATAN SATU SAMA LAIN, YANG SECARA FISIK BISADIPISAHKAN DENGAN KOTA, PROPINSI, ATAU BAHKAN MELINTASIBATAS GEOGRAPHY – LINTAS NEGARA DAN BENUA. ADABEBERAPA TEKNOLOGI JARINGAN WAN SAAT INI YANG BISA KITAGUNAKAN. BERBEDA DENGAN JARINGAN LAN, ADA PERBEDAANUTAMA ANTARA KEDUANYA DIMANA TERLETAK PADA JARAK YANGMEMISAHKAN JARINGAN-2 YANG TERHUBUNG TERSEBUT. WANMENGGUNAKAN MEDIA TRANSMISI YANG BERBEDA, MAUPUNHARDWARE DAN PROTOCOL YANG BERBEDA PULA DENGAN LAN.DATA TRANSFER RATE DALAM KOMUNIKASI WAN UMUMNYAJAUH LEBIH RENDAH DIBANDING LAN.

×