• Like
  • Save
Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur

on

  • 1,671 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,671
Views on SlideShare
1,669
Embed Views
2

Actions

Likes
1
Downloads
27
Comments
0

1 Embed 2

https://twitter.com 2

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur Presentation Transcript

    • Mendemonstrasikan AksesInternet Sesuai Dengan Prosedur Nama : Dini Maghfiroh Kelas : IX-3 Absen : 3
    • A. SOFTWARE UNTUK INTERNET1. Software system operasi: soft ware/ perangkat lunak yang bertugas mengontrol kerja seluruh komponen computer. Contoh: Microsoft windows, machintosh, linux dll.2. Software aplikasi: program yang ada dalam computer yang bertugas menyelesaikan kebutuhan atau tugas yang spesifik/ khusus. contoh: ms. Internet explorer bertugas sebagai program untuk menjelajahi internet. Contoh lain: Mozilla firefox, opera, netscape communicator dll.
    • B. Browing dengan internet explorer Sebelum lebih lanjut perlu disini mengenalsymbol/ gambar ikon internet explorer. Gambarinternet explorer sbb:• Membuka program internet explorerPerintahnya bisa dengan melalui cara sbb:1. Dari menu star: star program internet explorer2. Double klik ikon internet explorer di desktop
    • C. Perangkat Lunak yang Digunakan untuk Akses Internet• Untuk mengoperasikan internet, kalian memerlukan perangkat lunak yang digunakan untuk berselancar dalam dunia maya.• Perangkat lunak disebut web browser.
    • D. Macam macam Web Browser1. Internet Explorer Internet Explorer pertama kali dirilis sebagaibagian dari add-on paket Plus! for Windows 95 in1995. untuk Windows 95 pada tahun 1995 yangdikembangkan oleh Microsof. Rilis terbaru adalahInternet Explorer 8. menurut “Net Application”yang melakukan survey tentang penggunaanbrowser menempatkan Internet Explorer sebagaiurutan pertama penggunaan browser yaitu63,69% yang tercatat per Desember 2009.
    • 1 . Mengidentifikasi menu dan fungsi menu danikon di tampilan internet explorer1. Title bar: bar judul menunjukkan judul halaman web yang sedang di buka. Dan berisi tombol ukuran/ size button yang terdiri 3 tombol, yaitu minimize, maxsimize/ restore dan close.2. Menu bar: disebut puldown menu. Setiap menu akan memiliki sub menu seperti terlihat gambar di bawah nanti. File = Pengaturan File Edit = mengedit dokumen View = mengatur tampilan dokumen Tools = mengatur perintah tool Wndow = mengatur tampilan jendela Help = mengatur perintah bantuan
    • 3. Address bar Dipakai untuk memasukkan alamatweb dan tanda panah ke bawah dipkai untukmenunjukkan alamat web yang telah kita kunjungi.4. Toolbar standar:terdiri dari ikon yang seringdigunakan dan memudahkan kita melakukanbrowsing.5. Status bar: berisi informasi tetnag penampilanweb di computer, terkadang berupa tulisantransferring data/ connecting/ waiting. Kalau sudahdi tampilkan di monitor maka akan tertulis “done”.
    • 2. Mozila Firefox Dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalahsalah satu web browser open source yang dibangundengan Gecko layout engine. Tak hanya handal firefoxjuga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstallterpisah yang memungkinkan pengguna melakukansesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Firefoxmerupakan salah satu Browser yang terpopuler saat iniSelain IE. Bahkan menurut “Net Application” yangmelakukan survey tentang penggunaan browsermenempatkan Firefox di 24,61% dari penggunan webbrowser yang tercatat per Desember 2009. Rilis stabil saatini adalah versi 3.5.7, yang dirilis pada Januari 05, 2010.
    • 3. Opera Mini Opera adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Jika firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons firefox. Opera versi terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite, memungkinkan Anda untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, foto, dan banyak lagi hal lainnya langsung dari browser. Saat ini rilis terakhir adalah 10.10 untuk windows.
    • 4. Safari Safari adalah browser web yang dikembangkanoleh Apple. Pertama kali dirilis sebagai beta pada 7Januari 2003. Bulan Desember 2009, Safari memiliki4,46% pangsa pasar menurut Net Applications. Saat inirilis terakhir untuk safari adalah safari 4 untuk mac danPC.
    • B. Akses Web Melalui URL untuk Memperoleh Informasi Setelah komputer kalian terhubung internetdan web browser telah beroperasi, kalian akanmenemukan dunia informasi yang terbentang luas.Untuk memperoleh informasi kalian tentumembutuhkan alamat URL. Kalian dapat mengetikkan alamat situs yangingin kalian akses padaaddress web browser. Situs-situs yang ada di internet dapat dikelompokkanmenjadi berikut:
    • 1. Search Engine Merupakan situs mesin pencari dan pelacakinformasi berdasarkan kata kunci ternten, misalnyagoogle.com, altavista.com, dan lain sebagainya.
    • 2. Portal Merupakan pintu gerbang untuk melakukanakses terhadap situs-situs di Internet,misalnya netscape.com, yahoo.com, bimasakti.com,diffy.com,altavista.com, dan lain sebagainya.
    • 3. Situs Perusahaan Merupakan situs yang dibangun oleh perusahaanuntuk menyajikan profile, informasi produk, ataumelakukan transaksi online. Contoh situs ini adalahklikbca.com, andipublisher.com, dan kompas.com.4. Situs Pemerintahan Merupakan situs yang dibangun oleh suatuinstansi pemerintahan baik pemerintah daerah,pemerintah pusat maupun departemen dan badanusaha milik negara.
    • 5. Situs Lembaga Merupakan situs dibangun oleh lembaga ataukomunitas yang bergerak dalam bidang tertentu,misalnya bidang pendidikan, sosial, budaya, atau yanglainnya.6. Situs Perorangan Merupakan situs yang dibangun oleh seseorangyang ingin menginformasikan profile atau karya-karyanya.
    • C. Mesin Pencari (Search Engine) Internet sebagai sumber informasi yang sangat besarmemuat jutaan informasi. Teknik pencariannya juga beragam,bisa berdasarkan kata kunci, kategori, maupun frasa.• 1. Pelacakan Alamat Berdasarkan Kata Kunci Melalui Mesin Pencari Kalian dapat memanfaatkan fasilitas mesin pencari yangdisediakan pada portal yahoo.com, atau mesin pencariseperti google.com.
    • 2. Pelacak Alamat Berdasarkan Kategori MelaluiMesin Pencari Kalian dapat memanfaatkan fasilitas mesinpencari gooogle.com untuk melacak alamat-alamat berdasarkankategori tertentu. Contohnya berdasarkankategori sport, culture, education, business, dan lain sebagainya.
    • 3. Pelacak Alamat Berdasarkan Frasa MelaluiMesin Pencari Mesin pencari seperti google.com memilikikemampuan untuk melakukan pelacakan. Pelacakantidak hanya berdasarkan kata kunci atau kategoritertentu, tetapi juga dapat berdasarkan frasa tertentu. Frasa merupakan suatu syarat yang dibentukdengan beberapa kata, misalnya ” Fisika Komputer”,Fisika dan Komputer, Fisika atau Komputer.