SISTEM OPERASI JARINGAN
Nama

:

Afifah Amira Zahira (2)
Yuliana Rahma Fadhila (36)
Kelas
:
X-MM-1
SISTEM OPERASI JARINGAN

Sistem Operasi Jaringan adalah adalah sebuah jenis system
operasi yang ditujukan untuk menangani ...
MACAM-MACAM SISTEM OPERASI
JARINGAN

Jaringan peer to peer
 Jaringan client/server

JARINGAN PEER TO PEER
Setiap komputer yang terhubung pada jaringan dapat
berkomunikasi dengan komputer-komputer lain secar...
JARINGAN PEER TO PEER

Komputer yang terhubung dalam jaringan peer to peer
pada prinsipnya mampu untuk bekerja sendiri seb...
JARINGAN CLIENT/SERVER

Terdapat sebuah komputer berfungsi sebagai server
sedangkan komputer yang lain berfungsi sebagai c...
FUNGSI SISTEM OPERASI JARINGAN

Sistem operasi diperlukan untuk mengorganisasi seluruh
sumber daya yang terdapat dalam jar...
MANFAAT SISTEM OPERASI JARINGAN
1. Sharing resources
bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya
dap...
MANFAAT SISTEM OPERASI JARINGAN
4. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan
m...
PERANGKAT LUNAK SISTEM JARINGAN
1.

2.
3.

4.

Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti
pengolah kata, lemb...
PERANGKAT LUNAK SISTEM JARINGAN
1.

2.

3.
4.
5.

Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang
dipasang dalam jam tanga...
Sistem operasi jaringan
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Sistem operasi jaringan

3,225 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
3,225
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
93
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sistem operasi jaringan

  1. 1. SISTEM OPERASI JARINGAN Nama : Afifah Amira Zahira (2) Yuliana Rahma Fadhila (36) Kelas : X-MM-1
  2. 2. SISTEM OPERASI JARINGAN Sistem Operasi Jaringan adalah adalah sebuah jenis system operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan.
  3. 3. MACAM-MACAM SISTEM OPERASI JARINGAN Jaringan peer to peer  Jaringan client/server 
  4. 4. JARINGAN PEER TO PEER Setiap komputer yang terhubung pada jaringan dapat berkomunikasi dengan komputer-komputer lain secara langsung tanpa melalui komputer perantara.  Pada jaringan ini sumber daya terbagi pada seluruh komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut, baik sumber daya yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak dan datanya 
  5. 5. JARINGAN PEER TO PEER Komputer yang terhubung dalam jaringan peer to peer pada prinsipnya mampu untuk bekerja sendiri sebagai sebuah komputer stand alone.  Tipe jaringan seperti ini sesuai untuk membangun sebuah workgroup dimana masing-masing penguna komputer bisa saling berbagi pakai penggunaan perangkat keras. 
  6. 6. JARINGAN CLIENT/SERVER Terdapat sebuah komputer berfungsi sebagai server sedangkan komputer yang lain berfungsi sebagai client  Komputer server berfungsi dan bertugas melayani seluruh komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut.  Sedangkan komputer client (workstation) sesuai dengan namanya menerima lanyanan dari komputer server 
  7. 7. FUNGSI SISTEM OPERASI JARINGAN Sistem operasi diperlukan untuk mengorganisasi seluruh sumber daya yang terdapat dalam jaringan.
  8. 8. MANFAAT SISTEM OPERASI JARINGAN 1. Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai. 2. Media Komunikasi Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. 3. Integrasi Data Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
  9. 9. MANFAAT SISTEM OPERASI JARINGAN 4. Pengembangan dan Pemeliharaan Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. 5. Keamanan Data Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif. 6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.
  10. 10. PERANGKAT LUNAK SISTEM JARINGAN 1. 2. 3. 4. Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.Org. Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaanbarcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  11. 11. PERANGKAT LUNAK SISTEM JARINGAN 1. 2. 3. 4. 5. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh. Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software) Perangkat lunak gratis (freeware) Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware) Perangkat lunak perusak (malware)

×