Sistem jaringan intranet &internet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sistem jaringan intranet &internet

on

  • 270 views

 

Statistics

Views

Total Views
270
Views on SlideShare
256
Embed Views
14

Actions

Likes
0
Downloads
4
Comments
0

2 Embeds 14

http://agungdwiputr.blogspot.com 13
http://agungdwiputr.blogspot.no 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Sistem jaringan intranet &internet Sistem jaringan intranet &internet Presentation Transcript

    • SISTEM JARINGAN INTRANET&INTERNETNama:Agung Dwi PNo:03Kls:9F
    • PENGERTIAN INTERNETINTERNET MERUPAKAN HUBUNGAN ANTARBERBAGAI JENIS KOMPUTER DAN JARINGAN DIDUNIA YANG BERBEDA SISTEM OPERASI MAUPUNAPLIKASINYA DI MANA HUBUNGAN TERSEBUTMEMANFAATKAN KEMAJUAN MEDIA KOMUNIKASI(TELEPON DAN SATELIT) YANG MENGGUNAKANPROTOKOL STANDAR DALAM BERKOMUNIKASIYAITU PROTOKOL TCP/IP YANG BERISIKANINFORMASI DAN SEBAGAI SARANA KOMUNIKASIDATA YANG BERUPA SUARA, GAMBAR, VIDEO DANJUGA TEKS. DAN BERIKUT ADALAH CONTOHJARINGAN INTERNET.
    • TOPOLOGI BUS PADA TOPOLOGI BUS, KEDUA UNJUNGJARINGAN HARUS DIAKHIRI DENGAN SEBUAH TERMINATOR.BAREL CONNECTOR DAPAT DIGUNAKAN UNTUKMEMPERLUASNYA. JARINGAN HANYA TERDIRI DARI SATUSALURAN KABEL YANG MENGGUNAKAN KABEL BNC.KOMPUTER YANG INGIN TERHUBUNG KE JARINGAN DAPATMENGKAITKAN DIRINYA DENGAN MENTAP ETHERNETNYASEPANJANG KABEL. TOPOLOGI INI SERINGKALI DIJUMPAIPADA SISTEM CLIENT/SERVER, DIMANA SALAH SATU MESINPADA JARINGAN TERSEBUT DIFUNGSIKAN SEBAGAI FILESERVER, YANG BERARTI BAHWA MESIN TERSEBUTDIKHUSUSKAN HANYA UNTUK PENDISTRIBUSIAN DATA DANBIASANYA TIDAK DIGUNAKAN UNTUK PEMROSESANINFORMASI
    • TOPOLOGI STAR/BINTANG TOPOLOGIBINTANG MERUPAKAN BENTUK TOPOLOGIJARINGAN YANG BERUPA KONVERGENSIDARI NODE TENGAH KE SETIAP NODE ATAUPENGGUNA. TOPOLOGI JARINGAN BINTANGTERMASUK TOPOLOGI JARINGAN DENGANBIAYA MENENGAH.
    • TOPOLOGI JARINGAN INI MENERAPKANHUBUNGAN ANTAR SENTRAL SECARAPENUH. JUMLAH SALURAN HARUSDISEDIAKAN UNTUK MEMBENTUK JARINGANMESH ADALAH JUMLAH SENTRALDIKURANGI 1 (N-1, N = JUMLAH SENTRAL).TINGKAT KERUMITAN JARINGAN SEBANDINGDENGAN MENINGKATNYA JUMLAH SENTRALYANG TERPASANG. DENGAN DEMIKIANDISAMPING KURANG EKONOMIS JUGARELATIF MAHAL DALAMPENGOPERASIANNYA.
    • NTRANET INTRANET ADALAH KONSEP LANYANG MENGADOPSI TEKNOLOGI INTERNET DANMULAI DIPERKENALKAN PADA AKHIR TAHUN 1995.ATAU BISA DIKATAKAN INTRANET ADALAH LANYANG MENGGUNAKAN STANDAR KOMUNIKASI DANSEGALA FASILITAS INTERNET, DIIBARATKANBERINTERNET DALAM LINGKUNGAN LOKAL.UMUMNYA JUGA TERKONEKSI KE INTERNETSEHINGGA MEMUNGKINKAN PERTUKARANINFORMASI DAN DATA DENGAN JARINGANINTRANET LAINNYA (INTERNETWORKING) MELALUIBACKBONE INTERNET. DAN BERIKUT ADALAHCONTOH DARI JARINGAN INTRANET
    • LAN( LOCAL AREA NETWORK ) LAN ADALAH ISTILAHKEBANYAKAN ORANG INDONESIA YANG MAKSUDNYAADALAH JARINGAN WILAYAH LOKAL ATAU DALAMBAHASA INGGRIS LAN (LOKAL AREA NETWORK), YAITUJARINGAN KOMPUTER YANG HANYA MENCAKUP WILAYAHKECIL, SEPERTI JARINGAN KOMPUTERKAMPUS, WARNET, GEDUNG, KANTOR, DALAMRUMAH, SEKOLAH ATAU YANG LEBIH KECIL. BIASANYASALAH SATU KOMPUTER DI ANTARA JARINGANKOMPUTER ITU AKAN DIGUNAKAN MENJADI SERVERYANG MENGATUR SEMUA SISTEM DI DALAM JARINGANTERSEBUT. DAN JIKA SERVER ITU DIHUBUNGKAN KEINTERNET, SEMUA KOMPUTER DALAM JARINGAN LANTERSEBUT BISA IKUT TERHUBUNG KE INTERNET HANYADENGAN SATU MODEM DI SERVER.
    • MAN( METROPOLITAN AREA NETWORK )METROPOLITAN AREA NETWORK (MAN), PADADASARNYA MERUPAKAN VERSI LAN YANGBERUKURAN LEBIH BESAR DAN BIASANYAMENGGUNAKAN TEKNOLOGI YANG SAMA DENGANLAN. MAN DAPAT MENCAKUP KANTOR-KANTORPERUSAHAAN YANG LETAKNYA BERDEKATAN ATAUJUGA SEBUAH KOTA DAN DAPAT DIMANFAATKANUNTUK KEPERLUAN PRIBADI (SWASTA) ATAUUMUM. MAN MAMPU MENUNJANG DATA DANSUARA, BAHKAN DAPAT BERHUBUNGAN DENGANJARINGAN TELEVISI KABEL.
    • WAN( WORLD AREA NETWORK ) WORLD AREA NETWORKADALAH SUATU JARINGAN YANG DIGUNAKAN UNTUKMEMBUAT INTERKONEKSI ANTAR JARINGAN LOCAL YANGSECARA FISIK TIDAK BERDEKATAN SATU SAMA LAIN, YANGSECARA FISIK BISA DIPISAHKAN DENGANKOTA, PROPINSI, ATAU BAHKAN MELINTASI BATASGEOGRAPHY – LINTAS NEGARA DAN BENUA. ADA BEBERAPATEKNOLOGI JARINGAN WAN SAAT INI YANG BISA KITAGUNAKAN. BERBEDA DENGAN JARINGAN LAN, ADAPERBEDAAN UTAMA ANTARA KEDUANYA DIMANA TERLETAKPADA JARAK YANG MEMISAHKAN JARINGAN-2 YANGTERHUBUNG TERSEBUT. WAN MENGGUNAKAN MEDIATRANSMISI YANG BERBEDA, MAUPUN HARDWARE DANPROTOCOL YANG BERBEDA PULA DENGAN LAN. DATATRANSFER RATE DALAM KOMUNIKASI WAN UMUMNYAJAUH LEBIH RENDAH DIBANDING LAN.