Cara untuk memperoleh sambungan internet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Cara untuk memperoleh sambungan internet

on

  • 2,972 views

powerpoint

powerpoint

Statistics

Views

Total Views
2,972
Views on SlideShare
2,968
Embed Views
4

Actions

Likes
0
Downloads
29
Comments
0

1 Embed 4

http://www.docshut.com 4

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Cara untuk memperoleh sambungan internet Cara untuk memperoleh sambungan internet Presentation Transcript

  • Created by : nadya savira Class : IX-5
  • Internet (kependekandari interconnection-networking)ialah sistem global dari seluruhjaringan komputer yang salingterhubung menggunakan standarInternet Protocol Suite (TCP/IP)untuk melayani miliaran penggunadi seluruh dunia
  •  Dial up yaitu Koneksi internet melalui kabel telpon rumah dengan modem analog. contoh :Telkomnet instan Koneksi Internet Secara Dial Up Connection Mengakses Internet secara dial up adalah mengakses internet dengan menggunakan saluran telepon baik telepon tetap maupun telepon bergerak. Syaratnya kita harus mempunyai Modem. Modem singkatan dari Modulator Demodulator yang merupakan alat yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Untuk melakukan koneksi secara dial up, pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon. Contoh koneksi internet dengan metoda dial up connection ini misalnya koneksi internet dengan telkomnet@instan yang menggunakan line telepon telkom, koneksi internet lewat handphone yang memiliki modem, dan koneksi internet dengan menggunakan USB Modem. Saat ini semua operator telepon selular baik GSM maupun CDMA (Telkomsel, Indosat, XL, Three, Axis, TelkomFlexi, SmartFren dan Esia) sudah menyediakan akses internet secara dial up connection, dan biasanya dibungkus dengan istilah paket internet harian, mingguan, bulanan dan paket internet unlimited dengan perhitungan tarif berdasarkan time base (perhitungan lamanya waktu akses) ataupun volume based (perhitungan besarnya file yang didownload / diakses).
  •  Cara Penggunaan ADSL Adapun cara-cara penggunaan ADSL di Indonesia, pertama-tama kita terlebih dahulu harus memiliki perangkat ADSL. Seteleh memiliki perangkat ADSL, kita harus memeriksa keberadaan nomor telepon rumah kita di layanan Telkom Speedy, apakah sudah terdaftar atau belum. Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah, seberapa jauh jarak antara gardu Telkom dengan rumah kita. Karena dalam ADSL, jarak sangat berpengaruh pada kecepatan koneksi Internet. Setelah memastikan bahwa nomor telepon sudah terdaftar dan jarak sudah diperhitungkan, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah pemasangan ADSL pada sambungan telepon. Untuk menyambungkan antara ADSL dengan line telepon, kita menggunakan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.Splitter ini berguna untuk menghilangkan gangguan ketika kita menggunakan modem ADSL. Sehingga nantinya kita tetap dapat menggunakan Internet dan menjawab telepon secara bersamaan.
  •  Sebelum menggunakan HP untuk koneksi data, baiknya terlebih dahulu melakukan beberapa langkah dibawah ini : 1. Aktifkan GPRS HandPhone kamu 2. Install kabel data 3. Install modem 3. Buat koneksi internet. 5. Koneksi dengan internet CARA MEMBUAT KONEKSI INTERNET (pada contoh kali ini saya pakai Mentari Indosat dan pada dasarnya langkahnya sama dengan provider lain kecuali isi no. dial dan user name) a. Klik Start–>Control Panel–>Network Connection–>New Connetion. Lalu tekan tombol Next. b. Pilih Connect to the Internet, lalu tekan tombol Next c. Pilih Set up my connection manually, lalu tekan tombol Next d. Pilih Connect using a dial-up modem, lalu tekan tombol Next e. Akan terdapat pilihan modem. Kamu harus memilih Modem HP kamu, lalu tekan tombol Next. f. Masukan Nama ISP provider [ indosat ], lalu tekan tombol Next g. Masukkan nomer Telepon [ *99***1# ], lalu tekan tombol Next. h. isi User Name dengan [ satgprs ], Jangan isi Password, dan Confirm Password, lalu tekan tombol Next. i. Centang kotak “Add a shortcut to this connectin to my desktop”, lalu tekan j. tombol Finish. k. Setelah Ada tampilan window “Connect Indosat” klik tombol–>properties–>General l. Lalu klik Configure…. m. Check Maximum Speed (bps) 230400. n. Setelah selesai klik OK, kemudian OK. Lalu klik Dial.
  •  Pada Control Panel » Network Connection klik dua kali pada wireless network connection yang ada (bisa juga dari icon sys tray) Pada menu samping kiri, pilih refresh netwok list, sehingga akan muncul daftar nama pemancar hotspot yang berada di daerah jangkauan Koneksi wireless dibagi dalam dua kelompok: unsecured dan secured. Pada unsecured laptop kita akan otomatis terdaftar dan kita akan mendapatkan IP address dinamik. Sedangkan pada secured kita harus registrasi terlebih dahulu ke admin jaringan baru mendapatkan IP address. Pilih salah satu yang unsecured jika ada dari daftar pilihan koneksi wireless yang tersedia. Jika yang pemancar yang unsecured banyak, pilihlah yang kuat sinyalnya seperti yang dilihat pada masing-masing indikasi kualitas sinyal. Kemudian tekan tombol connect pada bagian kanan bawah, tunggu proses untuk mendapatkan IP address secara otomatis selesai Jika connect, pada icon tray, akan muncul icon wi-fi yang menyala hijau dilengkapi dengan jenis kekuatan sinyal yang diterima seperti Excelent (54 Mbps), Very Good, Good, Low, dan yang paling jelek kategori poor Jika jaringan terputus, biasanya akan otomatis tersambung lagi pemancar yang sama atau pemancar lain yang lebih baik kualitas sinyalnya.
  •  koneksi internet melalui media tv cable, biasanya dengan menggunakan modem ADSL. settingan modem sendiri akan dilakukan oleh teknisi penyedia media bersangkutan. dari modem tersebut lalu disambung ke komputer anda, bisa melalui USB maupun melalui LAN. setelah itu tergantung dari konvensi ip yg digunakan oleh penyedia layanan (biasanya menggunakan dinamik ip), komputer anda diset supaya obtain ip address automatically. dan selesai, internet pun bisa mulai digunakan.