Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Membuat Soal Interaktif - Mengenal Ispring Quizmaker

6,803 views

Published on

Pamongdidik.com dan Presentasi.web.id mempersembahkan seri ebook elearning dengan tutorial mengenal iSpring Quizmaker dalam pembuatan soal interaktif.

Untuk video tutorialnya bisa dikunjungi di https://www.youtube.com/watch?v=AsSqSZ2sDg4

yuk membuat soal interaktif dengan iSpring Quizmaker. Tentunya para guru akan dimudahkan dalam pembuatannya dan jangan takut tidak bisa, karena divideo itu saya berikan penjelasan mengenal bagaimana cara membuat soal interaktif untuk evaluasi yang bisa digunakan dalam media presentasi pembelajaran dengan iSpring Quizmaker.

iSpring Quizmaker adalah sebuat authoring tool yang bisa digunakan oleh pendidik dalam membuat beraneka macam soal interaktif, mulai dari jenis soal pilihan ganda, true - false, menjodohkan hingga soal essay pun bisa untuk dibuat.

Dengan iSpring Quizmaker, maka pendidik pun mampu menjadikan soal yang dibuatnya untuk dijadikan evaluasi sebagai uji kompetensi mata pelajaran yang telah diberikan jadi lebih interaktif dan fun untuk dikerjakan oleh siswa. sang pendidik tidak lagi direpotkan dengan beraneka tuntutan untuk melakukan pengacakan soal, atau bahkan pengacakan jenis jawabannya. Bahkan dengan iSpring ini pengolahan nilai pun bisa langsung ditampilkan ketika telah selesai melakukan penjawaban pada seluruh pertanyaan yang diberikan.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk menggunakan iSpring Quizmaker sebagai pengolah soal interaktif untuk media presentasi pembelajaran guru dikelas? Silahkan juga download free ebook panduan mengenal iSpring Presenter ini di website www.pamongdidik.com atau www.presentasi.web.id

Published in: Education

Membuat Soal Interaktif - Mengenal Ispring Quizmaker

  1. 1. Mengenal iSpring QuizMaker Di buat oleh : Andy Hermawan, S.Pd – www.pamongdidik.com iSpring QuizMaker adalah salah satu authoring tool yang bisa digunakan oleh para pendidik guna menunjang proses pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi ini, pendidik akan dimudahkan dalam membuat berbagai pilihan pertanyaan dalam melakukan uji kompetensi. Kenalilah authoring tool dari Ispring Solution ini, sehingga bermanfaat untuk kita dalam melakukan proses pembelajaran dengan mencapai hasil yang memuaskan. Seri Panduan E-learning – Membuat Kuis Interaktif Dengan Ispring QuizMaker Mengenal iSpring QuizMaker iSpring QuizMaker adalah authoring tool yang bisa digunakan oleh para pendidik guna membuat sebuah konten interaktif guna menunjang proses pembelajaran. Dengan menggunakan iSpring QuizMaker ini, para pendidik bisa membuat salah satu jenis uji kompetensi dengan berbagai macam jenis kriteria soal.
  2. 2. Presented by Andy Hermawan, S.Pd 2 Membuat Soal Interaktif dengan iSpring QuizMaker www.pamongdidik.com Untuk mengenal aplikasi ini, akan saya jelaskan apa saja yang menjadi nilai lebih aplikasi ini. Mengenal Graded Quiz Untuk langkah awal, kita akan mengenal bagian-bagian dari graded quiz yang disediakan oleh iSpring QuizMaker. Mengenal Tampilan iSpring QuizMaker Inilah tampilan ketika kita akan menggunakan aplikasi iSpring QuizMaker. Pada tampilan ini kita akan menemukan berbagai pilihan yang memang sangat user friendly alias sangat mudah sekali digunakan. Berikut akan saya jelaskan berbagai tampilan iSrping QuizMaker : 1. Pada bagian awal ini kita akan menemui menu Home dengan berbagai ribbon. Untuk yang pertama kita akan melihat bagian dari ribbon Insert yang didalamnya terdapat pilihan Graded Question, Survey Question, Info Slide, Question Grup, dan Import Questions.
  3. 3. Presented by Andy Hermawan, S.Pd 3 Membuat Soal Interaktif dengan iSpring QuizMaker www.pamongdidik.com 2. Untuk ribbon Question, terdapat pilihan Slide View, Duplicate dan Link. 3. Untuk ribbon Clipboard akan kita temukan pilihan Cut, Copy dan Paste. 4. Pada ribbon Text kita akan menemukan pilihan penebalan teks (Bold), miring (Italic), garis bawas (underlined), hyperlink, bullet, hingga pengaturan indent. 5. Pada ribbon quiz terdapat pengaturan player dan properties konten yang akan kita buat. 6. Untuk ribbon Publish, kita bisa menampilkan konten yang telah kita buat dan melakukan publikasi pada hasil akhirnya. 7. Pada bagian questions, kita akan menemukan bagian dari halaman awal sebuah kuis, bagian dari grup kuis serta pengaturan hasil akhir dari kuis yang kita buat. 8. Untuk Intro Slide, kita akan melihat pilihan display slide, description, pilihan masukan seperti picture, audio, video hingga equation. Aneka Pilihan Pertanyaan Aplikasi iSpring Question ini akan sangat memudahkan bagi para pendidik dalam membuat sebuah konten interaktif dalam menunjang proses pembelajaran. Seperti yang kita lihat ini para pendidik akan dengan mudahnya melakukan uji kompetensi dengan berbagai jenis pertanyaan yang bisa digunakan. 1. True or False : Jenis pertanyaan yang memungkinkan untuk memilih pilihan benar atau salah. 2. Multiple Choice : Jenis pertanyaan yang memberikan berbagai opsi pilihan, namun hanya satu jawaban yang benar. 3. Multiple Respon : Hampir sama dengan multiple choice/pilihan berganda, namun pada jenis ini kita bisa memilih banyak pilihan jawaban. 4. Type in : Pada pertanyaan ini memungkinkan yang menjawab dengan mengisi bagian teks pada kolom yang disediakan. 5. Matching atau disebut juga dengan menjodohkan, pada bagian ini akan diberikan pilihan yang harus dipasangkan dengan jawaban yang tepat. 6. Sequence atau mengurutkan, pada jenis pertanyaan ini kita akan mengurutkan pilihan jawaban sesuai dengan urutannya. 7. Numeric : Jenis pertanyaan yang hanya membutuhkan jawaban berupa angka dan bukan teks tulis. 8. Fill in the Blank : Pilihan pertanyaan yang membutuhkan jawaban isian yang bisa satu atau lebih kata yang diisi. 9. Multiple Choice Text : Kita akan menjawab berbagai pilihan teks berupa list yang diberikan dan memilih jawaban yang tepat. 10. Word Bank : Pada jenis pertanyaan ini, kita akan melakukan drag and drop pada pilihan kata yang harus dilengkapi. 11. Hotspot adalah jenis pertanyaan yang hanya membutuhkan titik klik pada mouse untuk memilih jawaban yang tepat.
  4. 4. Presented by Andy Hermawan, S.Pd 4 Membuat Soal Interaktif dengan iSpring QuizMaker www.pamongdidik.com 1. Jenis Pertanyaan True / False Dengan menggunakan jenis pertanyaan ini, pendidik akan dengan mudah memberikan opsi pilihan kepada akan didiknya akan pilihan benar atau salah. 2. Jenis Pertanyaan Multiple Choice Multiple Choice atau lebih sering dikenal dengan pilihan ganda yang sudah tidak asing lagi dalam jenis pembuatan soal bagi para pendidik. 3. Jenis Pertanyaan Multiple Response Pada jenis pertanyaan ini, penguji bisa memberikan berbagai alternatif pilihan jawaban yang tersedia. Dan untuk mengerjakan pun bisa menjawab lebih dari satu alternatif pilihan jawaban.
  5. 5. Presented by Andy Hermawan, S.Pd 5 Membuat Soal Interaktif dengan iSpring QuizMaker www.pamongdidik.com 4. Jenis Pertanyaan Type In Pada jenis pertanyaan ini, pembuat konten bisa memberikan keleluasaan buat penjawab dalam menulis jawaban yang tepat. Tentunya kita harus mengisi berbagai kemungkinan jawaban yang akan dijawab dengan benar. 5. Jenis Pertanyaan Matching Pada jenis pertanyaan ini, matching atau menjodohkan yaitu diharuskan memasangkan pada pilihan jawaban yang tepat untuk pilihan item yang tersedia. 6. Jenis Pertanyaan Sequence Untuk jenis pertanyaan sequence atau mengurutkan. Pada jenis ini kita diharuskan menyusun urutan yang tepat dari item yang tersedia.
  6. 6. Presented by Andy Hermawan, S.Pd 6 Membuat Soal Interaktif dengan iSpring QuizMaker www.pamongdidik.com 7. Jenis Pertanyaan Numeric Hampir serupa dengan jenis pertanyaan type in, pada jenis numeric ini hanya diharuskan untuk mengisikan angka pada kolom yang disediakan. 8. Jenis Pertanyaan Fill in the blank Pada jenis pertanyaan ini, kita hanya mengisi jawaban yang tepat pada kolom yang disediakan. 9. Jenis Pertanyaan Multiple Choice Text Form Drop-Down List Untuk pilihan jawaban pada pertanyaan multiple choice text, kita hanya perlu memilih pada bagian dropdown list yang telah disediakan. 10. Jenis Pertanyaan Word Bank Pada jenis pertanyaan ini, disediakan pilihan kata yang harus dilengkapi pada kolom yang disediakan. Jadi buat yang menjawab soal ini hanya perlu melakukan drag and drop pada kata yang tersedia dibagian bawah.
  7. 7. Presented by Andy Hermawan, S.Pd 7 Membuat Soal Interaktif dengan iSpring QuizMaker www.pamongdidik.com 11. Jenis Pertanyaan Hotspot Dan untuk jenis pertanyaan ini, kita hanya perlu melakukan klik dan membuat point pada area jawaban yang tepat. Terima kasih atas perkenannya dalam mendownload panduan mengenal iSpring QuizMaker yang telah saya buat secara sederhana ini, semoga kedepannya saya bisa melakukan pembuatan berbagai panduan lainnya mengenai aneka authoring tool untuk para praktisi pendidikan. Salam Pendidik,

×