Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Promkes

262 views

Published on

promkes

Published in: Science
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Promkes

  1. 1. a. Tujuan umum Meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Normal Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk. adalah membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekutan sosial ekonomi suatu keluargadengancara pengaturan kelahiran anak, agardiperoleh suatu keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. b. Tujuan Khusus Menurunnya jumlah angka kelahiran bayi. Meningkatnya kesehatan keluarga berencana dengan cara penjarangan kelahiran Pengaturan kelahiran, pendewasaan usia perkawinan, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.
  2. 2. Tujuan Promosi Kesehatan pada Ibu Menyusui Tujuan jangka panjang dalam promosi kesehatan pada ibu menyusui adalah mengoptimalkan status kesehatan dalam hal menyusui, tujuan jangka menengah adalah menciptakan perilaku sehat menyusui yang baik dan benar dan tujuan jangka pendek adalah sasaran atau ibu menyusui mengerti dan memahami teknik menyusui yang benar, bersikap dan memiliki norma yang positif mengenai menyusui.
  3. 3. PROMOSI KESEHATAN NIFAS Promosi kesehatan nifas dapat diberikan kepada ibu pasca persalinan dan keluarganya. Ini diberikan untuk menambah pengetahuan ibu dan keluarga dalam menghadapi masa nifas ini ibu, sehingga dalam masa nifas ini ibu dan keluarga siap dan tahu apa yang harus dilakukan dan tidak boleh di lakukan. Tujuan promosi kesehatan nifas adalah : 1. Menjaga kesehatan ibu dan bayinya, baik fisik maupun psikologis 2. Mendukung dan memperkuat keyakinan diri ibu dan memungkinkan ia melaksanakan peran ibu dalam situasi keluarga dan budaya yang khusus 3. Memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan kesehatan diri, nutrisi, keluarga berencana, menyusui, pemberian imunisasi, kepada bayinya dan perawatan bayi sehat. Peran bidan dalam masa nifas, yaitu: 1) Memberikan dukungan yang terus menerus selama masa nifas yang baik sesuai dengan kebutuhan ibu agar mengurangi ketegangan fisik dan psikologis selama persalinan dan nifas. 2) Sebagai promotor hubungan yang erat antara ibu dan bayi secara fisik dan psikologis. 3) Mengondisikan ibu untuk menyusui bayinya dengan cara meningkatkan rasa nyaman.
  4. 4. Promosi Kesehatan dalam mencegah terjadinya penyakit ISPA dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaraya: 1. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang cara-cara penularan dan cara-cara pemberantasan serta manfaat menegakkan diagnosis dini dari suatu penyakit seperti ISPA. 2. Penyediaan makanan sehat dan cukup (kualitas maupun kuantitas) 3. Perbaikan hygiene dan sanitasi lingkungan, misalnya penyediaan air bersih, pembuangan sampah, pembuangan tinja dan limbah. 4. Pendidikan kesehatan kepada masyarakat. 5. Olahraga secara teratur sesuai kemampuan individu.
  5. 5. Tujuan Promkes bagi masyarakat : Menghindari gigitan nyamuk Anopheles. Yang perlu dilakukan : Mengaktifkan obat nyamuk : bakar, spray, elektrik. Memakai kelambu. Memakai pakaian yang dapat menutupi badan, dari mata kaki hingga pergelangan tangan. Mengolesi badan dengan obat anti nyamuk. Memasang kawat kasa. Menjauhkan kandang ternak dari rumah. Menghindari berada diluar rumah pada malam hari. Membersihkan tempat hinggap/peristirahatan nyamuk Anopheles. Yang Perlu dilakukan. Membersihkan semak-semak. Melipat kain-kain yang bergantungan. Membuka jendela dan memasang genteng kaca. Mengecat rumah dengan warna terang. Meniadakan tempat perkembangbiakan nyamuk Anopheles. Yang perlu dilakukan: Mengalirkan air tergenang. Menimbun lubang/kubangan/cekungan tanah yang dapat menampung air. Membersihkan lumut di daerah lagun. Membersihkan sampah (misalnya dedaunan) yang ada di air. Mengatur rotasi pola tanam sawah (misalnya padi dan palawija). Tidak melakukan penambangan liar yang menyebabkan adanya genangan liar yang tidak terpelihara.

×