Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas 3

96 views

Published on

tugas 3, mengenai unified modeling language(UML) selamat melihat...

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas 3

  1. 1. REKAYASA WEB 0316
  2. 2.  Unified modeling language(uml) adalah himpunan struktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorien tasi objek (oop) serta aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem tersebut. Uml mulai diperkenalkan oleh Objek Management Group, sebuah organisasi yang telah mengembangkan model,teknologi, dan standar OOP sejak tahun 1980-an , Uml merupakan dasar perangkat (tool) desain berorientasi objek dari IBM.  Uml adalah suatu bahasa yang digunakan untuk menentukan,memvisualisasi,membangun ,dan mendokumentasikan suatu sistem informsi. Atau biasa disebut juga sebagai suatu bahasa yang sudah menjadi standar pada visualisasi, Uml dikembangkan sebagai suatu alat untuk analisis dan desain berorientasi objek oleh grady booch,jim rumbaugh, dan ivar jacobson. Uml dapat digunakan untuk memahami dan mendokumentasikan setiap sistem informasi.
  3. 3.  Uml sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas-kelas dalam bahasa program yang spesifik,skema database, dan komponen- komponen yang diperlukan dalam sistem software  Uml sebagai sebuah vocabulary dan tatanan penulisan kata-kata dalam ‘MS word’ untuk kegunaan komunikasi. Sebuah bahasa model adalah sebuah bahasa yang mempunyai vocabulary dan konsep tatanan aturan penulisan serta secara fisik mempresentasikan dari sebuah sistem  Uml memberikan jalur komunikasi dari sistem analis kemudian disigner , lalu programer mengenai rancangan software yang akan dikerjakan .
  4. 4.  A. use case diagram adalah jenis diagram uml yang menggambarkan antara interaksi sistem dan aktor,juga dapat mendeskripsikan tipe interaksi antara si pemakai sistem dengan sistemnya. Untuk memperjelas lihat gambaran suatu peristiwa untuk sebuah restoran dibawah ini:
  5. 5.  B. activity diagram, yang dapat memodelkan proses- proses apa saja yang terjadi pada sistem. Diagram activity sering digunakan oleh flowchart. Diagram ini berfokus pada aktifitas-aktifitas yang terjadi yang terkait dalam suatu proses tunggal jadi dengan kata lain diagram ini menunjukan bagaimana aktifitas-aktifitas bergantung satu sama lain
  6. 6. C. sequence diagram ,merupakan salah satu diagram interaction yang menjelaskan bagaimana suatu operasi tiu dilakukan (message/pesan), diagram ini menjelaskan interaksi objek berdasarkan urutan waktu, dan juga dapat mengambarkan urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu seperti pada use case diagram.
  7. 7.  D. class diagram ,yaitu salah satu jenis diagram uml yang digunakan untuk menampilkan kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan digunkan, jadi dapat memberikan sebuah gambaran mengenai sistem maupun relasi-relasi yang terdapat pada sistem tersebut.
  8. 8.  Karena dalam tahap desain seorang analyst mulai membuat desain yang nanti nya akan diserahkan kepada programer untuk dibuatkan program , maka untuk mendesain sistem yang dibuat nanti analyst harus membuat flowchart, flowmap,DFD,ERD, workflow. Lalu programer akan membuat pseudocodenya seperti apa dan bisa langsung ditransformasikan ke dalam tahap coding.

×