Powerpoint: Tata Surya

66,440 views

Published on

Published in: Education
3 Comments
37 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
66,440
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
102
Actions
Shares
0
Downloads
3,286
Comments
3
Likes
37
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Powerpoint: Tata Surya

  1. 1. Oleh : yuliana Masitoh (1001298) Sumber : Hamparan Dunia Ilmu: SeriPlanet dan Antariksa (Nuansa Geografi SMA/MA Kelas X)
  2. 2. Galaksi dalam Jagat Raya Galaksi adalah kumpulanbintang, planet, gas, debu, nebula, dan benda-benda langit lainnya di dalam ruang hampa jagat raya.
  3. 3. 2. Galaksi Awan 1. Galaksi Magellan Bimasakti 3. Galaksi Andromeda4. Galaksi jauh
  4. 4. Pada tahun 1926, Edwin Hubble mengatakan empat macam galaksi menurut bentuknya. Galaksi Spiral Galaksi Elips Galaksi Spiral Galaksi tak Tak berpalang beraturan
  5. 5. 1. Matahari a) Merkurius f) Saturnus b) Venus g) Uranus 2. Planet c) Bumi h) Neptunus d) Mars i) Pluto e) Jupiter 3. AsteroidB. AnggotaTata Surya 4. Satelit 5. Komet 6. Meteoroid, met eor, dan meteorit …
  6. 6. a) Merkuriusplanet paling dekat dengan matahari sehingga memperolehpenyinaran matahari dalam waktu yang lama. Siang hari, suhupermukaannya mencapai 430°C, dan pada malam sampai –180°C.Diameter Merkurius adalah 4.878 km.b) VenusPlanet yang sebagian besar lapisan atmosfernya tersusunatas karbon dioksida (CO2), merupakan planet terpanasdalam sistem tata surya. Suhu permukaannya mencapai480°C.c) BumiJarak rata-ratanya ke matahari sekitar 150 jutakm, periode revolusinya sekitar 365,25 hari, danperiode rotasinya sekitar 23 jam 56 menit denganarah barat-timur.
  7. 7. d) MarsPlanet Mars berwarna merah karena tanahnyamengandung karat besi. Gas utama dalam atmosfer Marsadalah CO2. Temperatur permukaannya selalu berada dibawah titik beku, yaitu –23°C.e) JupiterJupiter merupakan planet terbesar yang tersusun atashidrogen dan helium, serta senyawa metana danamoniak yang lebih banyak. Temperatur permukaannyamencapai –150 Cf) SaturnusTemperatur permukaannya –180 C. Planet raksasa yangbesarnya sembilan kali Bumi ini memiliki 18 satelit dan lebihdari 1000 cincin yang melingkarinya, yaitu berasal darisatelit yang meledak kemudian berubah menjadi abu.
  8. 8. g) UranusUranus memiliki poros yang sejajar dengan orbitnyasehingga kutubnya lebih panas dari sisi lainnya. Temperaturpermukaannya mencapai –210 C. Atmosfernya mengandunghidrogen, helium, dan metanah) NeptunusNeptunus berwarna biru akibat atmosfernya menyerapwarna merah sinar matahari dan memantulkan warnabiru. Temperatur permukaannya mencapai –220 C.Atmosfernya terdiri atas hidrogen, helium, dan metana.i) PlutoPlanet ini ditemukan pada tahun 1930 oleh Cya Tambaugh(Amerika), dianggap sebagai planet kecil. Namun, berdasarkankeputusan Uni Astronomi Internasional, pada 25 Agustus 2006planet Pluto dinyatakan bukan lagi sebagai anggota tata surya.
  9. 9. Teori Nebula atau teori Kabut C. Teori Asal-Usul Tata Surya • matahari sebelumnya • pada saat sebuah Teori Planetisimal • Tata surya berasal Teori Pasang Surut dari kabut panas telah ada sebagai salah bintang mendekat yang berpilin. satu dari bintang- kematahari, terjadila Pilinannya berupa bintang yang banyak di h pasang naik pada gumpalan kabut langit. Pada suatu matahari yang membentuk waktu, ada sebuah membentuk bintang berpapasan bentukan cerutu bola besar, bagian yang besar tengahnya dengan matahari pada menjorok ke arah sebagai matahari jarak yang tidak terlalu bintang. Ketika dan gumpalan jauh. Akibatnya, terjadi bintang kabut di tarikan gravitasi antara menjauh, cerutu sekitarnya bintang yang lewat dan besar ini mengalami sebagai planet- matahari. Sebagian perpecahan dan planet. massa matahari membentuk tertarik ke arah bintang gumpalan gas di tersebut. sekitar matahari sebagai planet.
  10. 10. Teori Awan Debu (teori proto planet) Teori Big Bang • tata surya terbentuk dari • menemukan sisa radiasi gumpalan awan gas dan debu, salah satu gumpalan Sekian hasil ledakan raksasa. Radiasi latar kosmis, sebagai awan itu mengalami bukti bahwa alam semesta pemampatan. Pada proses berasal dari ledakan pemampatan partikel- raksasa, telah terbukti dan partikel debu tertarik ke menjawab hipotesis asal- bagian pusat awan Terimakasih ^_^/ usul alam semesta. Semua kemudian memadat dan persediaan unsur diciptakan membentuk gumpalan dalam setengah jam tunggal besar. Bagian inilah pertama setelah terjadi yang kemudian menjadi edakan. Oleh karena matahari. itu, tidak ada materi baru yang diciptakan.

×