Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Kliping Seni Tari & Baju Adat

24,966 views

Published on

Download ya....

Published in: Education
  • Sex in your area is here: ♥♥♥ http://bit.ly/36cXjBY ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Follow the link, new dating source: ❶❶❶ http://bit.ly/36cXjBY ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Kliping Seni Tari & Baju Adat

  1. 1. Disusun Oleh: Yovie Anggara .S. Kelas: IX ESMPN 3 Singkawang Tengah
  2. 2. Daftar Isi:1.Aceh (Tari Saman & Pakaian Ulee Balang)………………………..32.Sumatera Utara(Tari Tor-Tor & Pakaian Ulos)…………………….43.Jambi (Tari Selampit Delapan & Pakaian Adat Melayu)…………...54.DKI Jakarta(Tari Topeng & Pakaian Adat Betawi)………………..6 5.Jawa Barat(Tari Jaipong & Pakaian Adat Sunda)……………..7 6.Jawa Tengah(Tari Serimpi & Pakaian Kebaya)…………………8 7.Kalimantan Barat(Tari Ajat Temuan Datai & Pakaian King Baba & King Bibinge)………..98.Sulawesi Selatan(Tari Pakarena & Baju Bodo)…………………...10 9.NTB(Tari Batunganga & Pakaian Adat Lombok)………11 10.Papua (Tari Musyoh & Pakaian Adat Manawou)…………..12
  3. 3. 1.Aceh A.Tari Saman Tari Saman adalah sebuah tarian suku Gayo (Gayo Lues) yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian Saman mempergunakan bahasa Arab dan bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari Saman ditetapkan UNESCO sebagaiDaftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011. B.Pakaian Ulee BalangPakaian tradisional Aceh biasa disebut Ulee Balang. Pakaian tersebut biasanya digunakan oleh para raja dan keluarganya.
  4. 4. 2.Sumatera Utara A.Tari Tor-Tor Tor tor adalah tari tradisional SukuBatak. Menurut sejarah, tari tor tor digunakan dalam acara ritual yang berhubungan denganroh. Roh tersebut dipanggil dan "masuk" ke patung-patung batu (merupakan simbol leluhur). B.Pakaian Ulos Menurut majalah Mahligai, ulos dikenal oleh masyarakat Batak sejak abad ke-14, seiring masuknya alat tenun tangan dari India.Sebenarnya Ulos dapat digunakan untuk pakaian sehari-hari. Namun, pada acara-acara tertentu, ulos dianggap sebagai perantara pemberi berkat dari orang yang dihormati.
  5. 5. 3.Jambi A.Tari Selampit DelapanTari Selampit Delapan merupakan tarian dari daerah Jambi. Pertama kali diperkenalkan oleh M.Ceylon saat bertugas di Dinas Kebudayaan Jambi pada tahun 70-an. B.Pakaian Adat Melayu Pakaian adat Jambi atau dikenal dengan pakaian adat Melayu. Pakaian adat Jambi lebih mewah lebih mewah dari pada pakaian yang digunakan sehari-hari karena disulam dengan benang emas dan dihiasi dengan berbagai hiasan untuk kelengkapannya.
  6. 6. 4.DKI Jakarta A.Tari TopengTarian betawi yang cukup lama dikenal masyarakat adalah Tari Topeng Betawi. Dalam Tari Topeng Betawi, kita dapat melihat tiga unsur seni sekaligus. Yaitu tari, teater dan musik.Musik pengiring Tari Topeng Betawi banyak sekali. Topeng Betawi tumbuh dan berkembang di pinggir-pinggir Jakarta. Biasanya digelar saat ada pernikahan, acara sunatan dan membayar nazar. B.Pakaian Adat BetawiPakaian adat betawi terdiri dari beberapa jenis, baik untuk laki-laki maupun wanita. Pakaian adat masyarakat Betawi seperti halnya pakaian adat yang berlaku di provinsi lain, dipengaruhi oleh kebudayaan atau adat lainnya. Pengaruh tersebut dapat kita lihat dari pakaian adat Betawi untuk pakaian sehari-hari dan pakaian pengantin.
  7. 7. 5.Jawa Barat A.Tari Jaipong Tari jaipong atau Jaipongan adalah sebuah kesenian dari sunda berupa seni tari dengandiiringi musik Degung, yang dulunya bernama ketuk tilu dan bermula diciptakan seniman berbakat yang bernama gugum gumilar. yang menjadi ciri utama Jaipongan adalah gaya kaleran,alami dan apa adanya, ceria, erotis, humoris, bersemangat, berspontanitas, dan kesederhanaan. B.Pakaian Adat Sunda Ini merupakan contoh pakaian adat Sunda.
  8. 8. 6.Jawa Tengah A.Tari SerimpiSerimpi sama artinya dengan bilangan empat. Kata Srimpi menurut bahasa jawa artinya "impi atau mimpi". Tarian Serimpi merupakan tarian yang berasal dari Jawa Tengah. Tarian ini ditarikan oleh 4 orang putri yang diiringi oleh musik gamelan Jawa. B.Pakaian Kebaya Baju Kebaya merupakan salah satu busana yang memang benar-benar asli dari Indonesia,pakaian adat hasil warisan nenek moyang kita yang telah ada sejak jaman dahulu. walaupunkita sekarang sudah memasuki era yang digital/modern, ternyata Baju Kebaya ini masih tetap eksis dan banyak dipakai-diminati oleh semua kalangan.
  9. 9. 7.Kalimantan Barat A.Tari Ajat Temuan Datai Tari Ajat Temuai Datai, diangkat dari bahasa Dayak Mualang, yang tidak dapat diartikan secara langsung, karena terdapat kejanggalan jika di diartikan kata per kata. Tetapi maksudnya adalah Tari menyambut tamu, yang bertujuan untuk penyambutan tamu yang datang atau tamu agung (diagungkan). Awal lahirnya kesenian ini yakni dari masapengayauan/masa lampau, diantara kelompok-kelompok suku Dayak. Mengayau, berasal dari kata me – ngayau, yang berarti musuh (bahasa Dayak Iban). Tetapi jika mengayaumengandung pengertian khusus yakni suatu tindakan yang mencari kelompok lainnya (musuh) dengan cara menyerang dan memenggal kepala lawannya .B.Pakaian Adat King Baba & King BibingeIni merupakan baju adat khas Kalimantan Barat Dayak di Kalimantan Barat ini mulai mengenal pakaian yang disebut king baba (king = cawat; baba = laki-laki) untuk laki-laki, dan king bibinge untuk perempuan (bibinge = wanita). Pakaian tersebut terbuat dari kulit kayu yang diproses hingga menjadi lunak seperti kain. Kulit kayu yang bisa difungsikan sebagai kain untuk membuat cawat, celana, baju, clan selimut itu disebut kapua atau ampuro.
  10. 10. 8.Sulawesi Selatan A.Tari PakarenaTari Pakarena adalah tarian tradisional dari Sulawesi Selatan yang diiringi oleh 2 (dua) kepala drum (gandrang) dan sepasang instrument alat semacam suling (puik-puik)[1]. Selain tari pakarena yang selama ini dimainkan oleh maestro tari pakarena Maccoppong Daeng Rannu (alm) di kabupaten Gowa, juga ada jenis tari pakarena lain yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Selayar yaitu “Tari Pakarena Gantarang”. B.Baju Bodo Baju bodo adalah pakaian tradisional perempuan Bugis, Sulawesi, Indonesia. Baju bodoberbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia.Menurut adat Bugis, setiap warna baju bodo yang dipakai oleh perempuan Bugis menunjukkan usia ataupun martabat pemakainya.
  11. 11. 9.NTB A.Tari BatungangaTari Batu Nganga merupakan sebuah tari yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Tarian iniberisi cerita rakyat yang menceritakan tentang putri raja yang dicintai oleh rakyatnya. Putri tersebut diceritakan masuk ke dalam batu. Juga diceritakan permohonan rakyat agar sang putri dapat keluar dari dalam batu tersebut. B.Pakaian Adat Lombok Ini merupakan contoh pakaian adat Lombok, sekaligus menjadi pakaian adat NTB.
  12. 12. 10.Papua A.Tari MusyohTari Musyoh, merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah orang meninggal karena kecelakaan. B.Pakaian Adat Manawou Ini merupakan pakaian adat khas Papua. Biasanya digunakan pada acara tertentu.

×