Tips Menulis Berita Singkat

1,924 views

Published on

Tips Menulis Berita Singkat

1 Comment
4 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
1,924
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
963
Actions
Shares
0
Downloads
31
Comments
1
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tips Menulis Berita Singkat

  1. 1. ●SIAPA melakukan APA, KAPAN, DIMANA ●Apa TUJUANNYA Langkah Menulis Cepat untuk Pemula
  2. 2. Berawal dari foto
  3. 3. Contoh: Pencairan Dana SPKP PNPM-MP Desa Ciomas Tiga kelompok di Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu melakukan pencairan dana Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP) dari Program Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPN-MP), Senin (22/4/2013) di Aula Balai Desa Ciomas. SPKP merupakan Program PNPM-MP yang bertujuan untuk pengembangan sektor usaha kecil yang dikelola oleh kelompok Perempuan. Pencairan dilakukan oleh Kelompok Melati (Dusun Ciomas), Kelompok Mekarsari (Dusun Bojongsari) dan Kelompok Hudaya (Dusun Ciceuri). “Pencairan dana ini merupakan kali ke dua setelah pencairan tahap pertama yang dilakukan pada sepuluh bulan sebelumnya,” ujar Alit Muhlisin, Pegiat UPK Kecamatan Panjalu. “
  4. 4. Foto
  5. 5. Saung Karangsoak Media Interaksi Warga dan Pemdes Mandalamekar membangun saung di hutan Karangsoak. Saung didirikan secara gotong-royong sebagai tempat berkumpul warga dan pemerintah desa. Di saung itu mereka membahas persoalan-persoalan desa dalam suasana kekeluargaan. Menurut Tata Sumitra (51), Koordinator Petani Hutan Mitra Alam Munggaran, saung Karangsoak dibangun pada Juli 2012. Lokasinya di tepi jalan desa menuju Padusunan Mekarsari dan Cinangsi. Setelah saung berdiri banyak warga yang ngaliwet (memasak bersama) sambil membicarakan persoalan- persoalan sehari-hari. “Banyak permasalahan desa yang bisa terselesaikan karena dibahas di saung. Suasana di saung terasa santai sehingga otak jadi jernih,” jelas Tata.
  6. 6. Saung Karangsoak Media Interaksi Warga dan Pemdes Mandalamekar membangun saung di hutan Karangsoak. Saung didirikan secara gotong-royong sebagai tempat berkumpul warga dan pemerintah desa. Di saung itu mereka membahas persoalan-persoalan desa dalam suasana kekeluargaan. Menurut Tata Sumitra (51), Koordinator Petani Hutan Mitra Alam Munggaran, saung Karangsoak dibangun pada Juli 2012. Lokasinya di tepi jalan desa menuju Padusunan Mekarsari dan Cinangsi. Setelah saung berdiri banyak warga yang ngaliwet (memasak bersama) sambil membicarakan persoalan- persoalan sehari-hari. “Banyak permasalahan desa yang bisa terselesaikan karena dibahas di saung. Suasana di saung terasa santai sehingga otak jadi jernih,” jelas Tata.

×