Sejarah kerajaan pajang

11,052 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
11,052
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
275
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sejarah kerajaan pajang

  1. 1. SEJARAH KERAJAANPAJANG(PENYAJI)YOSHUA PUTRAPRASEDYA A.(6)(KETUA)SANDI YUDA P.(27)(SEKRETARIS)LUTFI ARIF Q.(21)(ANGGOTA)ALYANUAR A.(9)KELAS VII B
  2. 2. KERAJAAN PAJANG Kerajaan Pajang merupakan kerajaan Islampertama yang terletak di pedalaman. Sebelum menjelma menjadi kerajaan, Pajangmerupakan daerah yang berada dalamkekuasaan Demak. Kerajaan Pajang berpusat di Jawa Tengahsebagai kelanjutan Kerajaan Demak. Lokasinya terletak di daerah Kartasura, dekatSurakarta (Solo). Pada waktu itu yang menjadi adipati(semacam bupati) di Pajang adalah JokoTingkir.
  3. 3. ASAL USUL Nama negeri Pajang sudah dikenal sejakzaman Kerajaan Majapahit Kesultanan ini dibangun oleh PangeranHadiwijaya (Jaka Tingkir) Hadiwijaya wafat pada tahun1587, dimakamkan di Desa Butuh. Ia digantikan oleh menantunya, AryaPangiri. Arya Pangiri adalah putera SunanPrawoto dari Demak.
  4. 4.  Arya Pangiri lalu mengangkat Pangeran Benawa(Benowo), anak Hadiwijaya, menjadi adipati diJipang. Karena merasa lebih berhak atas tahtaPajang, Pangeran Benawa melakukanpemberontakan terhadap Pangiri. Ia dibantu oleh sejumlah pejabat Demak danadipati Mataram, Panembahan Senopati(Sutawijaya). Karena didukung kekuatan yanglebih besar Pangeran Benawa berhasil mengalahkanPangiri, yang tak lain masih saudara iparnyasendiri. Benawa menjadi sultan Pajang pada tahun1588.
  5. 5. KERUNTUHAN Pada perkembanganselanjutnya, Pangeran Benawa lebihmemilih menjadi penyiar Islam daripadamengurusi Pajang. Karena itu, yangberkuasa atas Jawa selanjutnya adalahMataram. Pada tahun 1589 PangeranBenawa digantikan oleh Gagak Beningatas kebijakan Sutawijaya. Pada tahun1591, Gagak Bening meninggal dandigantikan oleh anak Benawa, yang ketikaitu telah menjadi bawahan Mataram.
  6. 6. • Pada tahun 1618, putera Benawamemberontak terhadap Sultan Agung, RajaMataram. Karena tak seimbang, SultanAgung dengan mudah melumpuhkanperlawanan penguasa Pajang ini. Abdi-abdiPajang yang selamat melarikan diri ke Giridan Surabaya. Setelah pemberontakanbetul-betul redam, Sultan Agungmengirimkan penduduk Pajang ke Mataramuntuk menjadi buruh kerja paksa. Dengandemikian, tamatlah riwayat Pajang yangberkuasa hanya 45 tahun. Seluruh pusakakerajaan lalu Pajang dipindahkan keMataram.

×