Presentation1

463 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
463
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
10
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentation1

  1. 1. NAMA : ERICKA TRIJAYANTI NO ABSEN : 08 KELAS : XII IPS 3
  2. 2. Hobby merupakan aktivitas atau kegiatan yang sering dilakukan seseorang dan aktivitas tersebut merupakan suatu kegemaran dari orang itu. Setiap orang mempunyai hobby yang berbeda-beda. Ada yang hobby travelling, memasak,membaca buku,mendengarkan musik,menari,menyanyi dan masih banyak lagi. Hobby mendengarkan musik misalnya. Mendengarkan musik merupakan suatu kegiatan yang memadukan suatu bunyi/irama yang dapat bermanfaat bagi tubuh.
  3. 3. Musik pop contohnya, musik pop adalah kombinasi dari berbagai gaya yang dipengaruhi oleh bentuk musik berkembang. Perkembangan musik pop adalah salah satu yang progresif, berguling dari generasi ke generasi. Dapat dikatakan pula musik pop adalah genre musik populer yang berasal dalam bentuk modern pada tahun 1950-an, yang berasal dari musik rock and roll. Sebagai sebuah genre, musik pop sangat beragam, sering meminjam unsur-unsur dari gaya lain termasuk urban,tari,rock,latin dan country. Musik pop pada umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial direkam dan keinginan untuk memiliki daya tarik penonton massal.
  4. 4. Musik pop di Indonesia diawali oleh sebuah grup yang cukup terkenal pada tahun 1970-an. Nama grup ini adalah koes plus. Grup ini menjadi legendaris di Indonesia karena puluhan lagu, bahkan ratusan lahir dari kelompok musik ini, dari yang versi pop, pop jawa, irama melayu, dangdut, pop anak-anak, lagu berbahasa Inggris, irama keroncong, folk song, dan hard beat. Baru-baru ini namanya diabadikan sebagai kelompok musik dengan lagu terbanyak di Museum RecordIndonesia (MURI). Lagu mereka sungguh sederhana baik dalam syair, musik, maupun melodi. Ciri khasnya adalah perpaduan suara antara vokalis mereka (Yon dan Yok) yang khas. Lagu-lagu mereka masih tetap digemari sampai sekarang. Salah satu ciri musik pop adalah penggunaan ritme yang terasa bebas.dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bass. Komposisi melodinya juga mudah dicerna. Biasanya, para musisinya juga menambahkan aksesori musik dan gaya yang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan pemahaman bagi para penikmatnya. Musik pop dibedakan atas musik pop anak-anak dan musik pop dewasa. Musik pop anak umumnya memiliki bentuk yang lebih sederhana dan memiliki syair yang lebih pendek. Selain itu, komposisi musiknya tidak terlalu kompleks dengan rentan nada yang tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Tema syair musik pop anak-anak biasanya berkisar pada hal-hal yang mendidik, seperti mencintai orang tua, Tuhan, Sekolah, dan Tanah Air. Sebaliknya, musik pop dewasa umumnya lebih kompleks dengan alunan melodinya lebih bebas dengan improvisasinya lebih banyak, namun ringan. Tema-tema syairnya pun lebih bervariasi, dari kehidupan remaja, percintaan, sampai masalah kritik sosial.
  5. 5. Beberapa musisi dan grup band pop indonesia antara lain, Titiek Puspa, Chrisye, Katon Bagaskara, Melly Goeslaw, grup band Peterpan, Ada Band, Kla Project dan sebagainya. Serta dengan artis indonesia antara lain, Kris dayanti, Ari laso, Ruth Sahanaya, dan lain-lain. Kelompok ini dibentuk pada tahun 1969, sebagai kelanjutan dari kelompok Koes Bersaudara. Koes Bersaudara menjadi pelopor musikpop and rock ‘n roll, bahkan pernah dipenjara karena musiknya yang dianggap mewakili aliran politik kapitalis. Di saat itu sedang garang-garangnya gerakan anti kapitalis di Indonesia. Sekitar tahun 1976, Koes Plus mulai redup, mungkin karena generasi yang berganti dan selera musik masyarakat yang terusberkembang. Sekitar 1978, Koes Plus benar-benar lesu. Kelesuannya digantikan oleh penyanyi solo ataupun grup yang terus menerus berganti dari tahun ke tahun. Sekitar tahun 1970 sampai 1980-an musik pop Indonesia dihiasi oleh kelompok musik antara lain Koes Plus, Mercy’s, Panber’s, D’Lloyd. Selanjutnya, akhir-akhir ini masuk kelompok-kelompok musik baru seperti Gigi, Sheila On 7 Peterpan, dan Radja. Inilah gambaran bahwa musik pop akan sangat terkenal dalam kurun waktu tertentu dan akan segera menghilang. Setelah menghilangnya Koes Plus sebagai pelopor musik pop di Indonesia, maka muncul lagi generasi musik pop berikutnya.
  6. 6. Adapun macam dari musik pop ialah :  Alternative Rock  Blues  Classical  Easy Listening  Rock  Rap  Jazz  Death Metal  J-Pop  New Age  R&B  J-Rock  Reggae  Techno  World  Danggdut
  7. 7. Mendengarkan musik sangat mudah untuk dilakukan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Kebanyakan orang mendengarkan musik disaat mereka sedang ada masalah karena musik dapat membuat hati menjadi tenang.
  8. 8. Manfaat mendengarkan musik pop yaitu : o Meningkatkan kreativitas o Mengurangi kecemasan dan stress o Meningkatkan intelegensi o Mengubah mood menjadi lebih positif o Meningkatkan konsentrasi o Membikin rileks o Mengatasi gangguan autis pada anak kecil o Membuat emosi jadi lebih positif o Meningkatkan kemampuan bahasa
  9. 9. Dalam melakukan hobby ini tidak ada kendala atau hambatannya . Karena hobby mendengarkan musik ini sangat mudah untuk dilakukan oleh semua orang.
  10. 10. Jadi, hobby mendengarkan musik adalah suatu hobby yang positif. Disamping itu banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari mendengarkan musik. Mulai dari anak kecil hingga orang tua dapat melakukan kegiatan tersebut karena kegiatan itu sangat mudah dilakukan. Selain itu mendengarkan musik dapat mengembalikan mood kita yang turun menjadi bangkit kembali.
  11. 11. Demikianlah presentase mengenai hobby saya. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih, Tuhan Memberkati.

×