Rpp+lks volume bola

6,085 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,085
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
202
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rpp+lks volume bola

  1. 1. MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN D I S U S U N OLEH: NAMA : YOLANDHA TRI PUTRI NIM : 06101408010 PRODI : PENDIDIKAN MATEMATIKA KAMPUS PALEMBANG
  2. 2. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )Sekolah : SMPN 10 PalembangMata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : IX/IAlokasi Waktu : 1 x 40 MenitA. Standar Kompetensi Memahami sifat – sifat tabung, kerucut dan bola serta menentukan ukurannya.B. Kompetensi Dasar Menghitung volume bolaC. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat :  Menemukan kembali volume bola  Menghitung volume bola Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline ),  Rasa hormat dan perhatian ( respect )  Tekun ( diligence ) dan  Tanggung jawab ( responsibility )D. Materi Ajar Geometri: Menemukan rumus volume bola.
  3. 3. E. Metode PembelajaranMetode : Diskusi, tanya jawab, ekspitori serta latihanPendekatan : PMRIF. Langkah-langkah Pembelajaran  Kegiatan awal Apresepsi:  Memberi contoh benda-benda yang berbentuk bola di kehidupan sehari-hari, seperti bola pingpong, kelereng, pentol bakso, jeruk dan sebagainya.  Mengingat kembali rumus volume kerucut Motivasi: Setelah memahami materi ini, siswa dapat mengaplikasikan rumus volume bola untuk menghitung voolume benda-benda yang berbentuk bola dalam kehidupan sehari-hari.  Kegiatan Inti  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:  Guru menyuruh siswa membentuk kelompok dan membagikan lembar kerja siswa (LKS).  Memberikan permasalahan kepada siswa. Diberikan sebuah alat peraga yang terdiri dari kerucut dan bola yang masing-masing memiliki panjang diameter yang sama besar serta pasir yang memenuhi bola.  Menjelaskan cara mencari rumus volume bola menggunakan alat peraga yang telah dipersiapkan, dengan menghubungkan volume kerucut ke volume bola.  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, guru:  Membahas permasalahan yang ada pada soal latihan mengenai volume bola secara bersama-sama.
  4. 4.  Berdiskusi untuk mencari perbedaan bangun datar dan bangun ruang setelah di dapat kesimpulan baru melakukan percobaan untuk mencari volume bola dengan menggunakan kerucut yang ukuran diameternya sama.  Menguji keterampilan siswa dengan soal-soal latihan volum bola.  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.  Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru:  Guru meriview kembali materi yang telah didiskusikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.G. Alat/Bahan dan Sumber Belajar  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Menengah kelas IX .  Lembar kerja siswa  Alat peraga seperti bola dan kerucut yang berdiameter sama serta pasir.  White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis.H. Penilaian Indikator Pencapaian Teknik Bentuk Instrumen/ Soal Kompetensi Penilaian Instrumen Menemukan rumus Tugas Laporan dan Sebutkanlah rumus volume volume bola Individu unjuk kerja bola dan
  5. 5. Mengenal rumus Kelompok Uraian Jelaskan unsur-unsur bola volume bola Objektif Hitungkanlah volume bola Menghitung volume bola Lembar Penilaian Penampilan Jumlah No Nama Siswa Produk Nilai Pengetahuan Sikap Skor 1. 2. 3. 4. 5. 6. ... CATATAN : Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10. Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial. ............, .............................. Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran .................................. .................................. NIP : NIP :
  6. 6. LKS (Lembar Kerja Siswa)Topik : Menemukan rumus volume bolaTujuan : Siswa dapat menemukan rumus volume bolaAlat & Bahan : Bola, kerucut, pasir AktivitasInstruksi: 1. Belah bola menjadi 2 bagian. 2. Ambil kerucut yang memiliki diameter yang sama dengan bola. 3. Isi kerucut dengan pasir. 4. Tumpahkan pasir dari kerucut ke belahan bola. 5. Ulangi sampai bola penuh pasir. 6. Simpulkan apa yang Anda alami. 7. Tuliskan Rumus Volume bola.Volume kerucut = ...Volume kercut = ... x volume bolaJadi, volume bola = ...Soal: 1. Suatu pabrik membuat 100 balon air dengan diameter 28 cm . Hitunglah banyak air yang diperlukan! 2. Kubah sebuah masjid berbentuk setengah bola dengan diameter 6 meter dan phi = 3,14. Hitung volume kubah tersebut!

×