Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
PERTANYAAN DARI CERPEN “JURU MASAK”
1. Tema merupakan makna keseluruhan yang
didukung cerita. Tema ini bersifat mengikat
keseluruhan masalah yang ada di cerit...
2. Oleh para ahli sastra, istilah tokoh dan penokohan dalam sebuah cerita
rekaan dianggap berbeda. Tokoh dalam cerita akan...
3. Berdasarkan peranannya dalam cerita, tokoh terbagi atas tokoh utama atau tokoh
sentral dan tokoh tambahan. Tokoh utama ...
4. apakah permasaahan yang dihadapi tokoh dalam
cerpen? Dapatkah tokoh tersebut menemukan solusi
atas permaslahan yang dih...
5. Sikap kewirausahaan apa yang
dapat kalian teladani dari cerpen
tersebut?
Tetaplah berusaha untuk meraih
sukses.
6. Bagaimana pendapat kalian tentang
perjuangan tokoh dalam cerita itu?
Menurut kami perjuangan para tokoh
dalam cerpen t...
7. Jika kelak kalian berprofesi sebagai pengusaha, apa
yang harus kalian lakukan ketika menghadapi
hamabatan yang menghada...
8. Jikakalian melakukan hal yang positif, tetapi hal
tersebut bagi sebagian orang masih merupakan
hal yang ganjil, contohn...
9. Bagaimana cara kalian menunjukkan simpati atau
empati kepada teman yang sedang mengalami
kesulitan?
 Kami akan menunju...
10.Jika teman kalian meraih sukses, apa yang akan kalian
lakukan?
 Kami akan mendukungnya.
TERIMAKASIH
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Pertanyaan dari Cerpen Juru Masak Bahasa Indonesia Semester I Kurikulum 2013

14,868 views

Published on

Have Fun

Published in: Education
  • If u need a hand in making your writing assignments - visit ⇒ www.HelpWriting.net ⇐ for more detailed information.
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Check the source ⇒ www.WritePaper.info ⇐ This site is really helped me out gave me relief from headaches. Good luck!
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • I think you need a perfect and 100% unique academic essays papers have a look once this site i hope you will get valuable papers, ⇒ www.WritePaper.info ⇐
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Dating for everyone is here: ♥♥♥ http://bit.ly/2F90ZZC ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ♥♥♥ http://bit.ly/2F90ZZC ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Pertanyaan dari Cerpen Juru Masak Bahasa Indonesia Semester I Kurikulum 2013

  1. 1. PERTANYAAN DARI CERPEN “JURU MASAK”
  2. 2. 1. Tema merupakan makna keseluruhan yang didukung cerita. Tema ini bersifat mengikat keseluruhan masalah yang ada di cerita. Untuk menemukan tema, terlebih dahulu harus diidentifikasikan masalah yang ditemukan tema tersebut. Lalu, dapatkah kalian mengidentifikasi masalah yang ada dalam cerpen “juru masak” tersebut? Kemudian, apa tema yang “tersembunyi’’ di balik cerita pendek tersebut?  - Azrial gagal mempersunting Renggoni - Makaji tidak jadi memasak di pesta pernikahan Renggogeni - Kacaunya pesta pernikahan Renggoni dengan suaminya  Tema dari cerpen “juru masak” tersebut adalah perjuangan meraih sukses.
  3. 3. 2. Oleh para ahli sastra, istilah tokoh dan penokohan dalam sebuah cerita rekaan dianggap berbeda. Tokoh dalam cerita akan dimasukkan untuk orang yang ditampilkan dalam suatu karya naratif yang oleh pembaca ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu seperti yang diekspresikan dalam ucapan dan apa yang dilakukan dalam tindakan. Sementara istilah penokohan merujuk pada pelukisan gambaran yang jelas tentang seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita. Penokohan yang kerap disebut sebagai karakter, adalah sikap, ketertarikan, keinginan, emosi, dan prinsip moral yang dimiliki tokoh cerita. Dengan demikian, tokoh adalah orang yang melakukan perbuatan dan mengalami peristiwa dalam sebuah rekaan, sementara peokohan lebih mengacu pada pandangan, sifat, sikap, dan emosi yang dipunyai oleh tokoh dalam karya rekaan tersebut,. Maka, siapa sajakah tokoh yang ada dalam cerpen “juru masak” tersebut dan bagaimana penokohan tersebut?  Makaji : Seorang orang tua yang gigih di masa tuanya dan orang yang tidak suka mengingkari janjinya Azrial : pendendam namun Azrial adalah orang yang gigih untuk mencapai cita-citanya. Renggoni : anak yang taat pada orang tuanya Mengkudum: orang yang tidak tau kebahagiaan anaknya Renggogeni
  4. 4. 3. Berdasarkan peranannya dalam cerita, tokoh terbagi atas tokoh utama atau tokoh sentral dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang berhubungan dengan setiap peristiwa dalam cerita. Tokoh ini selalu ada dan relevan dalam setiap peristiwa di sebuah cerita. Biasanya dalam sebuah cerita, tokoh utama ini mendominasi sebagian besar cerita. Dia lebih sering diceritakan dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya. Dia juga diberi kesempatan lebih banyak diberi kesempatan lebih banyak untuk mengemukakan pendatap dan sikapnya, sementara tokoh tambahan adalah tokoh yang tidak sentral kedudukannya dalam cerita, tetapi kehadirannya sangat diperlukan dalam tokoh utama. Kecenderungan jumlah tokoh tambahan yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan tokoh utama, membuat tokoh ini tidak diceritakan dan dibicarakan secara mendetail dalam cerita. Dengan demikian, para tokoh yang telah kalian sebutkan pada butir soal 2), siapa sajakah yang termasuk tokoh utama dan tokoh tambahan? Berilah tanda (v) pada kolom jenis tokoh utama sesuai dengan peran tokoh masing-masing.
  5. 5. 4. apakah permasaahan yang dihadapi tokoh dalam cerpen? Dapatkah tokoh tersebut menemukan solusi atas permaslahan yang dihadapinya?  - Azrial gagal mempersunting Renggoni - Kacaunya pesta pernikahan Renggoni dengan suaminya - Makaji tidak jadi memasak di pesta pernikahan Renggogeni
  6. 6. 5. Sikap kewirausahaan apa yang dapat kalian teladani dari cerpen tersebut? Tetaplah berusaha untuk meraih sukses.
  7. 7. 6. Bagaimana pendapat kalian tentang perjuangan tokoh dalam cerita itu? Menurut kami perjuangan para tokoh dalam cerpen tersebut sudah cukup mengagumkan atau menarik dengan melihat banyaknya perubahan yang terjadi bagi mereka.
  8. 8. 7. Jika kelak kalian berprofesi sebagai pengusaha, apa yang harus kalian lakukan ketika menghadapi hamabatan yang menghadang?  Jika salah seorang dari kami berprofesi sebagai pengusaha dan bila perusahaan kami ada masalah, kami akan berpikir untuk tetap menjalankan usaha kami dengan mengusahakan dan membentuk relasi dengan orang lain agar dapat membantu usaha saya tetap berdiri.
  9. 9. 8. Jikakalian melakukan hal yang positif, tetapi hal tersebut bagi sebagian orang masih merupakan hal yang ganjil, contohnya kalian berjualan di sekolah, tetapi tidak menganggu kegiatan belajar, dan teman-teman mencemooh kalian, bagaimana tanggapan kalian?  Kami akan tetap berjualan, karena menurut kami cemooh bukanlah halangan bagi Kami untuk menjadi orang sukses.
  10. 10. 9. Bagaimana cara kalian menunjukkan simpati atau empati kepada teman yang sedang mengalami kesulitan?  Kami akan menunjukkan simpati atau empati dengan ikut terlibat dalam maslahnya jika dia mengizinkan untuk di bantu. Kami akan membantu dia dengan senang hati sesuai kemampuan yang dapat Kami berikan kepada teman Kami yang membutuhkan tersebut.
  11. 11. 10.Jika teman kalian meraih sukses, apa yang akan kalian lakukan?  Kami akan mendukungnya.
  12. 12. TERIMAKASIH

×