Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Samudra Pasifik

penjelasan singkat mengenai samudra pasik

  • Login to see the comments

Samudra Pasifik

  1. 1. Samudra Pasifik Oleh: Kelompok 9 Yoga Pratama 135080600111008 Anni Susanti S U 135080600111022 Efendy Surya Saputra 135080601111095 Oseanografi fisika Kelas I02
  2. 2. Samudra Pasifik • Samudra Pasifik merupakan samudra yang terbesar yang ada dibumi, dengan luas 165.250.000 kilometer persegi atau 46 persen luas permukaan air di bumi. • Terdapat banyak pulau, besar atau pun kecil • Suhu air permukaan air di Pasifik bervariasi dari -1,4 ° C (29,5 ° F) pada daerah kutub, 30 ° C (86° F) di dekat khatulistiwa. • Samudra Pasifik memiliki salinitas yang bervariasi dengan rata rata 35 ppt • Tebagi dua bagian oleh katulistiwa • Batas -Utara : Samudra arktik -Timur : Benua Amerika -Selatan : Samudra Selatan -Barat : Benua Asia dan Australia Gambar samudra pasifik
  3. 3. Angin dan Daya Apung Air • Pada samudra Pasifik Arus dan Sirkulasi tropis umumnya di pengaruhi oleh dorongan angin • Angin pada permukaan didominasi oleh angin barat di lintang selatan dari sekitar 60 (utara dan selatan), angin timur di lintang rendah dan angin pasat di wilayah tropis. • Daya apung massa air di Pasifik disebabkan oleh faktor pemanasan dan pendinginan • Ekman menyebabkan konvergensi (pemusatan) dan divergensi (pembuyaran) arus permukaan. • Saat upwelling terjadi didaerah ekuator bagian timur suhunya dingin. Dan akan panas pada sepanjang pantai barat Amerika Utara dan Selatan Gambar . (a) Wind stress (N/m2) (vectors) and wind-stress curl (!10"7 N/m3) ( color), multiplied by "1 in the Southern Hemisphere
  4. 4. SIRKULASI PASIFIK UTARA • Sirkulasi Subtropis : Arus subtropis Pasifik Utara seperti arus subtropis lain, yaitu anticyclonic (searah jarum jam di belahan bumi utara), berkaitan dengan ekman downwelling 1. Kuroshio 2. Arus pasifik utara 3. Arus utara khatulistiwa 4. Arus California • Sirkulasi Subkutub : 1. Arus Subkutub Perbatasan Barat 2. Sirkulasi di Teluk Alaska Sirkulasi permukaan pasifik utara
  5. 5. Kuroshio Kuroshio dalam bahasa Jepang berarati arus hitam, yang mana sio berarti saat ini. Merupakan arus panas kelanjutan arus katulistiwa utara Kuroshio mengarah ke utara mengikuti pantai selatan Jepang,kemudian mengalir ke arus Mid-subtropis. Kecepatan arus permukaan maksimum dari Kuroshio antara 75 - 250 cm / detik. Lebar arus 80 sampai 100 km. Kecepatan kuroshio berkurang dengan bertambahnya kedalaman, arus kuroshio meninggalkan batas barat lewat arah timur di selat takora Gambar arus kuroshio
  6. 6. Arus Pasifik Utara Arus di Pasifik utara mengalir kearah timur didaerah sup tropis. Kecepatan rata rata arusnya hanya 10cm/detik tapi penyebaran meridionalnya sangat luas Arus California California Current System membentang dari Selat Juan de Fuca ke ujung California. CCS memiliki dua bagian,yaitu: 1.ke selatan daerahnya dangkal, sempit, Current front berkelok-kelok, dengan zona upwelling di sepanjang pantai. 2. Kedua, aliran ke selatan dari arus subkutub. Aliran keduanya berasal dari arah yang berbeda.
  7. 7. Arus Subkutub Perbatasan Barat Aliran selatan dalam sistem arus perbatasan barat subkutub meliputi: 1. East Kamchatka Current (EKC) sepanjang semenanjung Kamchatka dan Kepulauan Kuril utara 2. Oyashio sepanjang Kepulauan Kuril selatan dan Hokkaido. Sirkulasi di Teluk Alaska Arus Pasifik Utara terbagi saat mendekati benua Amerika Utara dan bagian selatan menjadi CCS. Sisanya berbelok ke utara (Alaska). Pada Alaska Current terdapat pusaran anticyclonic besar yang permanen
  8. 8. Gambar. Ocean color from the SeaWIFS satellite, showing an anticyclonic Haida Eddy in the Alaska Current on June 13, 2002.
  9. 9. SOUTH PACIFIC CIRCULATION Sirkulasi permukaan di Pasifik Selatan adalah gyres angin didorong terkait atmospherically dengan anticyclone permanen berpusat di dekat Pulau Paskah. Gambar arus permukaan pasifik selatan
  10. 10. East Australian Current Bagian dari aliran berlawanan di Laut Tasman, barat daya Samudera Pasifik. Hal ini dibentuk oleh massa air dari air Coral Sea-khatulistiwa didorong oleh angin musiman dari Januari sampai Maret dan aliran subtropis ke arah timur dari April-Desember yang menuju tenggara antara Great Barrier dan terumbu Chesterfield (20 ° S lintang), paralel timur pantai Australia ke Laut Tasman. Mempersempit karena pendekatan 25 ° S lintang, arus kuat dari Cape Byron, utara New South Wales. Ini melemahkan dan mulai menghilang di luar 32 ° S lintang, namun sisa-sisa yang terus melayang ke selatan sampai Tasmania, mereka berayun ke arah timur dan mulai mengalir ke utara sebagai Tasman sekarang. Pada permukaan salinitas lebih dari 35 bagian per seribu, meningkat menjadi maksimum 35,8 pada kedalaman 660 kaki (200 meter). Mencapai kedalaman lebih dari 3.300 kaki (1.000 meter), Timur Australia saat ini mengangkut sekitar 1.100 juta kaki kubik (30 juta meter kubik) air per detik.
  11. 11. Subtropical Font • Didefinisikan sebagai batas massa air permukaan menggambarkan batas, juga dikenal sebagai bagian depan, yang merupakan zona transisi sempit antara massa udara. massa udara dari temperatur yang berbeda atau konsentrat uap air yang berbeda. • Ditandai dengan perubahan tak terduga dalam arah angin, dan kecepatan di permukaan antara sistem air, yang didasarkan pada suhu dan salinitas. • Subtropis yang memisahkan perairan subtropis yang lebih asin dari air sub- Antartika yang lebih tawar.
  12. 12. The South Equatorial Current • Arus Pasifik, Atlantik, dan Samudera Hindia signifikan yang mengalir dari timur ke barat antara khatulistiwa dan sekitar 20 derajat selatan. Di Pasifik dan Samudra Atlantik, itu meluas di khatulistiwa sekitar 5 derajat utara
  13. 13. PACIFIC OCEAN MESOSCALE EDDY VARIABILITY • Variabilitas eddy diukur dengan pengamatan ditambatkan di lokasi titik dan menggunakan pelampung Lagrangian yang biasanya dikerahkan pada kedalaman tunggal.
  14. 14. Meridional Overturn Meridional Overturn adalah adalah sistem permukaan dan arus yang mendalam meliputi semua dasar samudera.
  15. 15. TROPICAL PACIFIC CIRCULATION • Daerah tropis adalah wilayah kelebihan pemanasan dari matahari dan menjulang konveksi awan dan curah hujan di wilayah sempit di Pasifik. • Tropis Pasifik merupakan tempat siklus iklim global yang dikenal sebagai "El Nino", yang terjadi setiap 2-7 tahun.
  16. 16. El Nino / La Nina and The Southern Oscillation (ENSO) ENSO yaitu singkatan dari El Nino Southern Oscillation merupakan fenomena alam yang muncul di sekitar Samudera Pasifik dan mempengaruhi kondisi cuaca di sekitarnya. El Niño diindikasikan dengan beda tekanan atmosfer antara Tahiti dan Darwin yang disebut Osilasi Selatan, karena keduanya terletak di belahan bumi selatan.
  17. 17. El Nino merupakan suatu gejala alam di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur yaitu memanasnya suhu permukaan laut di wilayah katulistiwa bagian tengah dan timur. La Nina merupakan kebalikan dari El Nino ditandai dengan anomali suhu muka laut di daerah tersebut mendingin.
  18. 18. Pada kondisi normal, angin di wilayah samudera pasifik di sekitar ekuator (angin pasat timur) dan air laut di bawahnya mengalir dari timur ke barat. Arah aliran ini sedikit berbelok ke utara pada bumi belahan utara dan ke selatan pada bumi belahan selatan.
  19. 19. Suhu di pasifik tengah dan timur meningkat Melemahnya angin pasat tenggara di timur (angin pasat timur) dan angin barat yang lebih kuat di barat. El Niño ditandai dengan indeks osilasi selatan/Southern Oscillation Index (SOI) negatif, artinya tekanan atmosfer di atas Tahiti lebih rendah daripada tekanan di atas Darwin. Fenomena El Nino secara umum akan menyebabkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia berkurang.
  20. 20. La Nina merupakan kebalikan dari El Nino ditandai dengan anomali suhu muka laut di daerah tersebut mendingin. Menguatnya angin pasat tenggara di timur dan angin barat yang melemah di barat dengan menghasilkan air dingin. Massa air hangat yang terbawa semakin banyak ke arah Pasifik Barat. Akibatnya massa air dingin di Pasifik Timur bergerak ke atas dan menggantikan massa air hangat yang berpindah tersebut, hal ini biasa disebut upwelling. La Niña ditandai dengan indeks osilasi selatan/Southern Oscillation Index (SOI) positif. Tekanan atmosfer di atas Tahiti lebih tinggi daripada tekanan di atas Darwin. La Nina secara umum akan menyebabkan curah hujan di Indonesia bertambah.
  21. 21. Arus bawah laut Samudera Pasifik: A. Utara khatulistiwa 1. Arus Khatulistiwa utara Arus panas yang bergerak menuju ke arah barat dan sejajar dengan garis khatulistiwa digerakkan oleh angin pasat timur laut 2. Arus Kuroshio merupakan arus panas yang mengalir dari utara kepulauan Filipina, menyusur sebelah timur Kepulauan Jepang dan terus ke Pesisir Amerika Utara (terutama Kanada). Arus ini didorong oleh angin barat. 3. Arus California Mengalir di sepanjang Pesisir barat Amerika Utara ke arah selatan menuju ke khatulistiwa.
  22. 22. 4. Arus Oyashio Merupakan arus dingin yang didorong oleh angin timur dan mengalir dari Selat Bering menuju ke selatan dan berakhir di sebelah timur Kepulauan Jepang karena di tempat ini arus tersebut bertemu dengan arus Kuroshio. B. Selatan Khatulistiwa 1. Arus Khatulistiwa selatan Merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus didorong oleh Angin Pasat Tenggara. 2. Arus Humboldt atau Arus Peru Merupakan lanjutan dari sebagian arus Angin Barat yang mengalir di sepanjang baratAmerika Selatan menyusur ke arah utara.
  23. 23. 4. Arus Australia Timur Merupakan lanjutan arus khatulistiwa selatan yang mengalir di sepanjang pesisir Australia Timur dari arah utara ke selatan (sebelah timur Great Barrier Reef). 5. Arus Angin Barat Merupakan lanjutan dari sebagian arus Australia Timur yang mengalir menuju ke timur Arus ini didorong oleh Angin Barat.

×