Mencoba peruntungan di peternakan belut

1,211 views

Published on

1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,211
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
57
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mencoba peruntungan di peternakan belut

  1. 1. BAB I & IIDisusun Oleh : Yoga ArdyPermana
  2. 2. SISTEM PETERNAKAN KIRA DIMULAI PADA 9000 SM HEWAN YANG DITERNAKAN ANJING KAMBING DOMBAYANGDIMANFAATKAN DAGING
  3. 3. PERKEMBANGAN PADA MASA NEOLITIKUM >>>>>> HEWAN YANG DITERNAKANANJING KAMBING BABI SAPI DOMBA YANG DIMANFAATKAN DAGING DAGING DAGING DAGINGDAGING DAN SUSU DAN SUSU
  4. 4. Pada jaman sekarang peternakansudah banyak berkembang, bahkan padazaman ini beternak tidak hanya dilakukanuntuk memenuhi kebutuhan panganpribadi saja namun pada zaman inibeternak juga dapat menjadi pundi pundiuang
  5. 5. Ilmu pengetahuan tentang peternakan, diajarkan di banyak unversitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia. Para siswa belajar ilmu seperti :  ilmu giziPADA ZAMAN SEKARANG  genetika>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>  budidaya atau ilmu reproduksi. Lulusan dari perguruan tinggi ini kemudian aktif sebagai dokter hewan, farmasi ternak, pengadaan ternak dan industri makanan.
  6. 6. Peternakan adalah kegiatanmengembangbiakan dan membudidayakan hewanternak untuk mendapatkan manfaat dan hasildari kegiatan tersebut. Pengertian peternakan tidak terbatas padapemeliharaannya saja, memelihara danpeternakan perbedaannya terletak pada tujuanyang ditetepkan. Tujuan peternakan adalahmencari keuntungan dengan penerapan prinsip –prinsip manajemen pada faktor – faktor produksiyang dikombinasikan secara optimal.
  7. 7. Kegiatan peternakan dibagimenjadi 2 Hewan Kuda, sapi, Besar kerbau Kegiatan peternakan Hewan Lele, belut, Kecil kelinci, ayam, bebek
  8. 8. Pengertian budidaya Budidaya adalah kegiatan memeliharabinatang atau dengan menggunakan fasilitasbuatan yang mirip dengan habitat aslinyadengan tujuan mendapatkan sebuah hasilyang ingin di capai. Salah satu contohnyaadalah budidaya belut.
  9. 9. Budidaya belut adalah serangkaiankegiatan memelihara belut mulai daripembuatan kolam yang dibuat semiripmungkin dengan habitat aslinya,pembenihan, pemberian pakan hingga panen.Tujuan budidaya belut ini adalah untukmendapatkan keuntungan berupa uangdengan menjual belut yang sudah siap panenke konsumen
  10. 10. Belut adalah sekelompok ikan berbentukmenyerupai ular yang termasuk sukusynbranchidae. Belut juga bisa dikatakan ikan yang tidakbersirip, kecuali sirip di bagian ekor danbernafas tidak menggunakan insang.
  11. 11. Kebanyakan belut tidak suka berenangdan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur.Semua belutadalah pemangsa. Daftarmangsanya biasanya hewan-hewan kecil dirawa atau sungai,seperti ikan,katak, serangga,serta krustasea kecil.
  12. 12. Belut RawaKlasifikasi Belut Belut Kali Belut Sawah
  13. 13.  Kandungan dan khasiat Kebanyakan budi daya belut dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi. Dilihat dari komposisi gizinya, belut mempunyai nilai energi yang cukup tinggi, yaitu 303 kkal per 100 gram daging. Nilai energi belut jauh lebih tinggi dibandingkan telur (162 kkal/ 100 gram tanpa kulit) dan daging sapi (207 kkal per 100 gram). Nilai protein pada belut (18,4 g/ 100 g daging) setara dengan protein daging sapi (18,8 g/ 100g), tetapi lebih tinggi dari protein telur (12,8 g/100 g). Seperti jenis ikan lainnya, nilai cerna protein pada belut juga sangat tinggi, sehingga sangat cocok untuk sumber protein bagi semua kelompok usia, dari bayi hingga usia lanjut.
  14. 14. Leusin berguna untuk perombakan danpembentukan protein otot. Asam glutamatsangat diperlukan untuk meningkatkan sistemkekebalan tubuh dan asam aspartat untukmembantu kerja neurotransmitter. Tingginya kadar asam glutamat padabelut menjadikan belut berasa enak dangurih. Dalam proses pemasakannya tidakperlu ditambah penyedap rasa berupamonosodium glutamat (MSG).
  15. 15. Belut kaya akan zat besi (20 mg/100 g),jauh lebih tinggi dibandingkan zat besi padatelur dan daging (2,8 mg/ 100g). Konsumsi125 gram belut setiap hari telah memenuhikebutuhan tubuh akan zat besi, yaitu 25 mgper hari. Zat besi sangat diperlukan tubuhuntuk mencegah anemia gizi, yang ditandaioleh tubuh yang mudah lemah, letih, danlesu.
  16. 16. Belut juga kaya akan fosfor. Nilainya duakali lipat fosfor pada telur. Tanpa kehadiranfosfor, kalsium tidak dapat membentukmassa tulang. Kandungan vitamin A yang mencapai1.600 SI per 100 g membuat belut sangatbaik untuk digunakan sebagai pemelihara selepitel. Selain itu, vitamin A juga sangatdiperlukan tubuh untuk pertumbuhan,penglihatan, dan prows reproduksi.
  17. 17.  Manfaat Sumber penghasil protein hewani Memenuhi Belut kebutuhan pangan Obat penambah darah
  18. 18. TERIMA KASIH

×