Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Presentasi Kata depan dan Kata keterangan

2,901 views

Published on

Visit my blog :http://goo.gl/Rakiuj

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Presentasi Kata depan dan Kata keterangan

  1. 1. Kata Depan & Kata Keterangan Kelompok VI : • Aditya Yoas Oktavianus • Derry Revy P • Dhimas Naufal • Hans Wisnu • Muhammad Robi • Riski Amalia
  2. 2. Pengertian kata depan Kata depan adalah kata yang menghubungkan kata benda dengan bagian kalimat. Kata depan biasanya digunakan untuk mengantarkan objek penyerta kalimat dan tidak boleh mengantarkan subjek kalimat. Selain kata depan di, ke, dari, dikenal juga kata depan pada, kepada, oleh, dengan, atas.
  3. 3. Fungsi Kata Depan Beberapa fungsi kata depan antara lain: A. Penanda peruntukan: bagi, untuk, buat,guna B. Penanda asal: asal C. Penanda keberadaan: di D. Penanda arah menuju: ke, kepada,terhadap E. Penanda cara: dengan F. Penanda ihwal: tentang G. Penanda pelaku: oleh.
  4. 4. Penjelasan kata depan 1) Kata depan pada, kepada digunakan untuk menyatakan waktu, orang, nama orang, atau kiasan. Contoh: - Matahari bersinar pada siang hari - Buku itu akan saya serahkan kepada yang membutuhkan. 2) Kata depan oleh digunakan untuk menyatakan pelaku. Contoh: kegiatan itu diselenggarakan oleh pemuda karang taruna. 3) Kata depan dengan mempunyai fungsi: - Menyatakan alat. Contoh: adik menulis dengan pensil - Menyatakan hubungan kesetaraan. Contoh: ibu berangkat dengan bi inah - Menyatakan keterangan komparatif (perbandingan). Contoh: wisnu sama pintarnya dengan surya. 4) Kata depan atas mempunyai fungsi menghubungkan kata benda atau kata kerja dengan keterangan. Contoh: kami mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara. 5) Kata depan antara mempunyai fungsi: - menunjukkan jarak. Contoh: jarak antara rumah dan sekolah tidak terlalu jauh - berarti kira-kira. Contoh: umar tidak masuk sekolah antara dua tiga hari.
  5. 5. Jenis-Jenis kata depan A. Kata depan di menandai hubungan tempat beradanya sesuatu Contoh : (-) Anak itu menangis di teras B. Kata depan ke menandai arah yang dituju Contoh : (-) Ayah berangkat ke kantor C. Kata depan dari menandai hubungan asal dan arah dari suatu tempat Contoh : 1. Nasi terbuat dari beras (asal) 2. Paman pulang dari kantor (arah suatu tempat) D. Kata depan oleh menandai hubungan pelaku Contoh : (-) kerja bakti dilakukan oleh seluruh warga
  6. 6. Kata Keterangan Kata keterangan (Adverbia) adalah kata yang member keterangan padda kata sifat, kata kerja, kata benda atau pada kalimat. Kata keterangan ada yang berupa: a. Kata dasar, contoh: mungkin, sudah. b. Kata berimbuhan, contoh: seharusnya, sebenarnya. c. Kata ulang, contoh: benar-benar, mati-matian, buru- buru.
  7. 7. Contoh kata keterangan : Contoh: - Bepergian keluar negeri sudah bukan suatu yang mengagumkan lagi karena hampir setiap orang mampu melakukannya. - Seharusnya pemerintah bisa lebih baik lagi dalam mempersiapkan dan menyempurnakan kurikulum 2012 ini. - Para pemain Juventus benar-benar termotivasi untuk memenangkan Liga Champion Eropa musim ini.

×