Jarkom10

640 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
640
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
12
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Jarkom10

  1. 1. PERKEMBANGANJARINGAN KOMPUTER  ISDN (Integrated Service Digital Network)  VSAT (Very Small Apperture Terminal)  HFC (Hybrid Fiber Coac)  DSL (Digital Subscribe Line)  Radio Packet
  2. 2. ISDN Integrated Services Digital Network• Pada dasarnya, ISDN merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.
  3. 3. • Sebuah standar telekomunikasi internasional untuk suara, video dan data melalui saluran telepon digital atau saluran telepon biasa. ISDN mendukung data transfer rates lebih dari 128 Kbps (128,000 bits per second).
  4. 4. Jenis ISDN1. Basic Rate Interface (BRI) terdiri dari dua 64-Kbps B-channels dan satu D- channel untuk transmisi control information2. Primary Rate Interface (PRI) terdiri dari 23 B-channels dan satu D-channel (US) atau 30 B-channels dan satu D- channel (Eropa).
  5. 5. • Versi asli ISDN menggunakan transmisi baseband. Versi lain, disebut B-ISDN, menggunakan broadband dan mendukung data rates sampai 1.5 Mbps. B-ISDN memerlukan kabel fiber optic cables.
  6. 6. VSAT (Very Small Aperture Terminal)VSAT adalah terminal pemancar danpenerima transmisi satelit yangtersebar di banyak lokasi danterhubung ke hub sentral melaluisatelit dengan menggunakan antenaparabola diameter hingga 4 meter.
  7. 7. Jaringan VSAT menyediakan akses yangsangat efisien. Metode ini cost effectiveuntuk distribusi data ke banyak lokasidengan tingkat pelayanan dan perawatanyang sama di tiap titik.VSAT mudah diatur dari satu tempat,dibanding dengan komunikasi terestrialyang menggunakan banyak jalurkomunikasi dan peralatan dari penyediajaringan dan vendor yang berbeda.
  8. 8. Teknologi ini sesuai bagi pengguna yangmembutuhkan komunikasi dan jaringanindependen yang menghubungkansejumlah tempat yang terpisah secarageografis.Jaringan VSAT adalah layanan tambahandari penyedia jasa satelit untukmendukung aplikasi Internet, data, LAN,suara dan faksimili seta VOIP. VSATsesuai dengan kebutuhan jaringankomunikasi publik maupun private.
  9. 9. Kelebihan VSAT Dibandingkan Kabel• Dalam hal biaya, sulit dibandingkan antara VSAT dengan layanan terestrial. Terestrial selalu memperhitungkan jarak dan kapasitas, sementara VSAT hanya memperhitungkan kapasitas, jauh maupun dekat jarak yang ditempuh tidak masalah. Pada VSAT biaya investasi awal tinggi namun abonemen akan semakin turun setiap client bertambah. Berbeda dengan layanan terestrial yang memerlukan tambahan investasi dan biaya operasional setiap kali client bertambah.
  10. 10. • Jaringan berbasis VSAT memberikan solusi efisien, metode cost effective dan reliable untuk distribusi data ke sejumlah lokasi berbeda tanpa terkait jarak.
  11. 11. Aplikasi VSAT Receive Only• Stock market & news broadcasting• Training dan distance learning• Distribusi financial trends & analisis• Memperkenalkan produk baru pada lokasi pasar yang terpisah secara geografis• Update data pasar, berita dan katalog (harga)• Distribusi video dan TV programs• Distribusi music ke toko & area publik• Relay iklan ke papan elektronik di toko retail
  12. 12. Aplikasi VSAT Transmit/Receive1. Transaksi interaktif berbasis komputer2. Aplikasi dan backbone Internet3. Video Teleconferencing4. Database inquiries5. Bank transactions, ATM6. Reservation systems7. Distributed remote process control dan telemetry8. Komunikasi suara dan VOIP9. Layanan darurat10. Transfer elektronik pada Point-of-Sale11. Medical data transfer12. Sales monitoring & stock control
  13. 13. Perusahaan Pengguna VSAT1. Pertambangan dan energi (minyak, emas dll.) yang berada di daerah terpencil2. Toko obat (apotik), supermarkets, kesehatan (rumah sakit)3. Perusahaan manufaktur, hubungan site plant ke head office4. Kurir, hotel, travel agents, car rental, food manufacturers5. Dealer kendaraan bermotor, bengkel dan pom bensin6. Bank, asuransi, lembaga keuangan lainnya7. Lembaga pemerintahan8. NAP, ISP, Warnet dll.
  14. 14. HFC Hybrid Fiber Coax• HFC merupakan teknik jaringan akses yang menggabungkan media transmisi Serat Optik dan Kabel koaksial.• Jaringan HFC dalam perkembangannya dapat dimanfaatkan untuk tiga layanan, yaitu layanan analog (analog services), layanan digital (digital services) dan layanan data (data services).
  15. 15. • HFC muncul karena kebutuhan dari teknologi untuk mendeliver service- service baru terutama yang menggunakan service interaktif broadband multimedia.• Perkembangan HFC sendiri dimulai dari operator cable TV yang mulai merger dengan operator telekomunikasi. Dengan memanfaatkan infrastruktur yang ada untuk menngirim service-service baru
  16. 16. Keuntungan Teknologi HFC• Bandwidth transmisi yang besar ( < 1 GHz)• Redundancy, untuk meningkatkan Availability jaringan• Transmisi dua arah menggunakan return path• Monitoring jaringan• Dapat memberikan layanan multimedia modern seperti Video on Demand (VoD).
  17. 17. Perangkat utama Jaringan HFC1. Headend2. Distribution Hub3. Fiber Node4. Terminal
  18. 18. DSL Digital Subscriber Line• Jaringan telepon dari sentral lokal ke pelanggan masih menggunakan (twisted pair copper), sementara itu layanan jasa telekomunikasi saat ini tidak hanya terbatas pada suara (telepon) saja.• Penggantian saluran kawat tembaga dari sentral ke pelanggan dengan saluran fiber (fiber optik) untuk transmisi multimedia dirasa masih sangat mahal.• Oleh sebab itu, peningkatan layanan ke pelanggan tetap diusahakan dengan mengoptimalkan saluran kawat tembaga, yakni dengan teknologi DSL (digital subscriber line; jalur pelanggan digital).
  19. 19. • Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama- sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.
  20. 20. Jenis-jenis DSL• ADSL (asymmetrical digital subscriber line),• HDSL (high-data-rate digital subscriber line),• SDSL (single-line digital subscriber line),• VDSL (Very-high-data-rate digital subscriber line)
  21. 21. ADSL (asymmetrical digital subscriber line),• Teknologinya secara mendasar cocok untuk mengakses internet karena ia dibuat untuk memberikan lebih banyak lebarpita untuk aliran ke “bawah” ( istilahnya downstream; yakni dari sentral ke pelanggan) daripada sebaliknya (upstream; dari pelanggan ke sentral).• Laju downstream-nya berkisar dari 1,5 Mbps sampai 9 Mbps (megabit per detik), sementara upstream-nya dari 16 kbps sampai 640 kbps (kilobit per detik).
  22. 22. Transmisi ADSL bekerja pada jarak sampai 18.000 kaki (5,48 Km) pada sepasang kawat tembaga pilin (single twisted pair).Bersama dengan akses Internet, perusahaan telekomunikasi berkemungkinan untuk dapat memberikan layanan akses LAN jarak jauh (remote LAN) dan layanan VOD (video -on- demand) melalui ADSL.
  23. 23. HDSL (high-data-rate digital subscriber line),Tidak seperti ADSL, HDSL ini bersifat simetrik, ia dapat memberikan lebarpita 1,544 Mbps di setiap jalurnya pada dua pasang kawat tembaga pilin.Dalam kenyataannya, karena kecepatan HDSL sesuai dengan saluran T1, ia dapat dipakai untuk menyediakan layanan T1. Rentang operasi HDSL lebih terbatas daripada ADSL; sesudah 12.000 kaki (3,65 Km), harus disediakan penguat sinyal (repeater) untuk memperpanjang jarak layanannya.
  24. 24. Karena HDSL membutuhkan dua pasang saluran, ia digunakan terutama untuk koneksi-koneksi jaringan PBX, sistem pembawa ikal digital (digital loop carrier system), antar sentral, server-server internet dan jaringan data pribadi. Transportasi komunikasi melalui HDSL dapat diterapkan pada akses primer ISDN (ISDN PRA), Jalur sewa 2Mbit/detik dan layanan fraksional yang menempati n x 64 kBit/detik. HDSL merupakan basis universal untuk layanan pelanggan (suara, data, video) dan dapat pula melayani (sebagai transportasi khusus atau sementara) seperti pada misalnya base station network; selular, GSM, dan PCN.
  25. 25. SDSL (single-line digital subscriber line),• Sama dengan HDSL dalam hal memberikan 1,544 Mbps baik untuk downstream maupun upstream-nya, tetapi pada sepasang kawat tembaga pilin.• Penggunaan sepasang kawat saluran ini membatasi rentang operasi SDSL; dalam praktek, 10.000 kaki (3 Km) merupakan batas aplikasi SDSL. Celah-celah aplikasinya adalah seperti pada residential video converencing atau akses Lan jarak jauh.
  26. 26. VDSL (Very-high-data-rate digital subscriber line)• Bersifat asimetrik.• Rentang operasinya terbatas pada 1.000 sampai 4.500 kaki (304 meter - 1,37 Km), tetapi ia dapat menangani lebarpita rata-rata 13 Mbps sampai 52 Mbps untuk downstream dan 1,5 Mbps sampai 2,3 Mbps untuk upstream-nya melalui sepasang kawat tembaga pilin.• Lebarpita yang tersisa memungkinkan perusahaan telekomunikasi memberikan program layanan HDTV(high-definition television) dengan menggunakan teknologi VDSL.
  27. 27. RADIO PACKET• General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.
  28. 28. MELAKUKAN KONEKSI INTERNETDAN BEKERJA DENGAN INTERNET
  29. 29. Overview• Pengantar internet• Koneksi Internet• Web Browser• Search Engine• Web Mail
  30. 30. Apa itu Internet??Merupakan sekumpulan jaringan komputer yangmenghubungkan berbagai macam situs.Apa Kelebihannya??Komunikasi murahSumber informasi besarTantangan baru untuk berusahaKeterbukaan “tanpa sensor”Jangkauan yang tidak terbatas
  31. 31. Sejarah InternetSebelum Internet ada, ARPAnet (US Defense AdvancedResearchProjects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindarkanterjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudahdihancurkan. Jadi bila satu bagian dari sambungan network terganggu dariserangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatisdipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu Internet digunakan olehkalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian danpengembangan teknologi. Dan baru setelah itu Pemerintah AmerikaSerikat memberikan ijin ke arah komersial pada awal tahun 1990.
  32. 32. ARSITEKTUR INTERNET InternetPC MODEM LINE ISP : TELEPO TELKOM N NET
  33. 33. Koneksi InternetLangkah-langkah yang perlu disiapkan adalah :• Siapkan seperangkat PC• Modem (Modulator Demodulator)• Koneksi ke internet melalui penyedia layanan akses internet atau ISP (Internet Service Provider).
  34. 34. ILUSTRASI KERJA INTERNET
  35. 35. MODEMModem singkatan dari Modulator Demodulator yangberfungsi untuk mengkonversikan data digital kedata analog dari komputer pengguna ke komputerserver melalui jalur telpon, dan sebaliknya
  36. 36. Jenis Modem Modem eksternal Modem internalAdalah Modem yang terletak di Adalah Modem yang terletak diluar PC atau terpisah dengan PC dalam CPU sebuah PC danyang dilengkapi dengan panel LED terpasang pada salah satu Slotatau LCD yang dapat dipindah- Ekspansipindahkan ke tempat yang lain
  37. 37. PEMASANGAN MODEM EXTERNALBacalah Buku Petunjuk Installasi ModemPastikan Komputer dalam keadaan OffSambungkan Kabel Konektor ke Modem dan Komputer (pada COM1)Sambungkan Modem ke jaringan telepon dengan menggunakan kabel telepon yang telah dilengkapi dengan konektor RJ-11 pada “Line” dan sambungkan pula kabel Telepon pada Modem yang bertuliskan “Phone”Pasangkan Konektor Adapter pada Modem dan sambung Adaptor pada steker listrik
  38. 38. PEMASANGAN MODEM INTERNAL• Pastikan Komputer dalam keadaan Off• Buka Casing CPU• Pasang Modem pada Slot Ekspansi sesuai dengan slot pada modem• Tutup kembali Casing CPU• Sambungkan kabel telepon ke Modem pada “Line”• Nyalakan komputer PC• Selanjutnya lakukan penginstalan Driver dan Software
  39. 39. Koneksi internet menggunakan jaringan GPRS / 3G• Pastikan jaringan GPRS/3G sudah diaktivasi• Install PC suite berdasarkan ponsel yang digunakan• Koneksikan ponsel dengan komputer via kabel data, bluetooth atau infrared• Setting koneksi internet berdasarkan provider sim card
  40. 40. Apa itu Web Browser Web Browser adalah suatu software yang digunakan untuk mencari alamat suatu web site yang terdapat pada jaringan Internet. Web Browser yang sering dan umum digunakan a.l:• Internet Explorer• Netscape Navigator• Mozilla
  41. 41. Menjalankan Web Browser• Klik tombol START yang terdapat pada Taskbar• Pilih All Program  Internet Explorer,
  42. 42. Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya terdiri dari 4 bagian :• Nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi).• Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide Web)• Nama organisasi yang mengatur situs.• Sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial)
  43. 43. Alamat internet – cont..Contoh alamat internethttp://www.dikmenjur.net/ yang berarti:
  44. 44. HyperlinkDi dalam situs web biasanya anda akan melihatteks yang warnanya berbeda, bergaris bawah atauberada dalam kotak (tombol)Alamat Internet Hyperlink Hyperlink
  45. 45. Apa itu cookies?Cookies adalah file teks yang diciptakan olehsitus internet untuk menyimpan informasi dikomputer anda, informasi itu seperti preferensiketika anda mengunjungi situs tersebut.
  46. 46. Menyimpan halaman web Halaman web dalam Internet Explorer dapat disimpan ke dalam file di komputer anda. Ini bertujuan nantinya halaman web tersebut dapat dibuka kembali tanpa melakukan koneksi ke internet (work offline). Langkah-langkah penyimpanan file halaman web :Di Internet Explorer, klik menu Files lalu pilih Save As...Tentukan lokasi penyimpanan dalam Save inPada kotak teks File name ketik nama file (atau biasanya nama halaman web telah tersedia), klik Save untuk mulai menyimpan.
  47. 47. Download Download adalah proses pengambilan informasi berupa file, data atau program yang disediakan oleh sebuah situs web dan menyimpannya ke dalam komputer anda. Cara download :Perhatikan terlebih dahulu link atau icon dalam halaman web yang menunjukkan bahwa itu akan mengarah pada kandungan file baik itu file data maupun program.Klik link atau icon tersebut.Selanjutnya akan muncul kotak dialog file download, klik tombol Save untuk mulai download.Salah satu link downloadKotak dialog Save as akan muncul, ketik nama file yang diinginkan, lalu klik Save.
  48. 48. Search EngineKarena begitu banyaknya web dan situs padamasa sekarang ini maka kita membutuhkan suatualat untuk melakukan pencarian situs atau webtersebut. Alat ini dikenal dengan istilah box Text searchengine Text box
  49. 49. Prosedur menggunakan Search EngineDalam penggunaan mesin pencari (Search Engine) yang perlu diperhatikan adalah ketika hendak memasukan kata yang akan dicari harus pada posisi text box yang disediakan oleh mesin pencari.Perlu diingat ketika anda akan melakukan pencarian anda minimal mengenal satu suku kata dari web yang akan anda cari hal ini akan mempermudah pencarian dan mempercepat pencarian dan meminimalisasi pencarian web-web yang tidak diharapkan.
  50. 50. Web EmailAplikasi Email berbasis Web.antara lain: plasa, yahoo, graffiti, hotmail dan sebagainya
  51. 51. Langkah-langkah membuat email• Aktifkan Internet browser dari Start | Internet Explorer• Masuk di halaman situs Internet misalnya http://mail.yahoo.com• Maka akan keluar tampilan sebagai berikut:
  52. 52. • Lalu klik sign up
  53. 53. • Isi formulir dengan data yang anda miliki.• Masukkan kode verifikasi sesuai dengan tulisan yang tertera• Beri tanda centang pada pernyataan Do you agree?• Klik pada hyperlink ‘create my account’• Jika data yang anda masukkan benar, maka akan muncul tampilan sebagai berikut
  54. 54. Mengecek Email• Masuk dihalaman situs Internet misalkan http://mail.yahoo.com• Maka akan keluar menu seperti dibawah ini:
  55. 55. Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya
  56. 56. • Klik tombol untuk masuk ke dalam email kita.• Akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
  57. 57. Untuk mengecek banyaknya surat yang masuk, klikpada
  58. 58. Mengirim Email• Masuk di halaman situs Internet misalkan http://mail.yahoo.com• Massukkan Id dan Password.• Setelah masuk pada halaman awal email, pilih menu New  Email Message, seperti gambar di bawah ini:
  59. 59. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut :
  60. 60. • Jika pesan sudah dianggap cukup, tekan tombol send ( )• Akan muncul tampilan sebagai berikut :
  61. 61. • Centang pada alamat email yang akan dituju dan kemudikan klik OK.
  62. 62. Mengirim Email beserta lampiran ( attachment)• Langkahnya sama dengan mengirim email biasa, tetapi pada saat penulisan pesan ada tambahan yaitu tidak langsung tekan tombol send, tetapi tekan tombol attach ( )• Pilih file yang akan dikirim.
  63. 63. Jika file berhasil di lampirkan, hasilnya sebagai berikut :
  64. 64. • Ada simbol file yang akan dikirim• Tekan tombol send ( )
  65. 65. EMAIL ( ELECTRONIC MAIL )Email (Electronic Mail) merupakan suatu proses dancara pengiriman pesan atau gambar melalui internet.Yang kita lakukan bila kita berkomunikasi menggunakane-mail adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirimpada program komputer yang dikhususkan untukkeperluan ini misalnya Outlook Express, Yahoo Mailatau yang lainnya.
  66. 66. biasa (snail mail) yang harus melewatiCara Kerja Email sebelum sampai kebeberapa kantor postujuannya, begitu dikirimkan olehseseorang melalui komputer yangtersambung ke internet sebuah emailmasuk ke beberapa komputer lain disepanjang jaringan internet yang disebutdengan mail server.Ketika email tersebut sampai ke serveryang menjadi tujuan (seperti yangditunjuk pada alamat email - kepada siapakita menulis email), maka email tersebutdisimpan pada sebuah emailbox. Sipemilik alamat email baru bisamendapatkan email itu kalau yangbersangkutan mengecek emailbox-nya.
  67. 67. Anatomi Alamat Email Bilamana kita membaca alamat sebuah snail mail, kita bisa membayangkan seberapa jauh lokasi si pengirim surat dari kita. Sedangkan untuk alamat email terdiri dari dua bagian yaitu dipisahkan dengan tanda axon / @ misalnya alamat : e-rafi@vedcmalang.or.id Di sebelah kiri @ disebut user name (e-rafi ), yang menunjuk padaidentitas si pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga.User name juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server. Di sebelah kanan @ (vedcmalang.or.id) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki emailbox.
  68. 68. Variasi Bentuk Komunikasi Dengan Email Dalam beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelasemail memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan email. •Point to Point •Carbon Copy / CC •Blind Carbon Copy / BCC •Distribution List •Discussion List
  69. 69. Etika Penulisan EmailNetiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasimelalui e-mail. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat ataubertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacarasendiri. Bisa dibayangkan. Hampir setiap hari ada jutaan e-maildikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan,jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan 1. Jangan terlalu banyakhuruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita mengutip.kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan 2. Perlakukan e-mail secaraucapan, "saya kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal pribadi.itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya : 3. Jangan gunakan huruf kapital. 4. Jangan Membicarakan Orang Lain. 5. Jangan gunakan CC. 6. Jangan gunakan format HTML

×