Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Konsep ERP

2,948 views

Published on

Membahas tentang konsep-konsep ERP menurut proses bisnis SAP

Published in: Business
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Konsep ERP

  1. 1. Abd. Charis Fauzan KONSEP ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP)
  2. 2. Pengertian Enterprise Makna Enterprise tidak bisa diwakili oleh Organisasi atau Perusahaan. Enterprise menggambarkan situasi bisnis secara umum dalam satu entitas korporat dalam berbagai ukuran, mulai dari bisnis ukuran kecil hingga bisnis raksasa.
  3. 3. Pengertian Resource Resource dapat diartikan sebagai sumber daya. Kaitannya dengan enterprise, resource dapat berupa aset perusahaan, SDM, konsumen, supplier, order, teknologi dan strategi. Recource inilah yang nantinya dikelola oleh enterprise agar menghasilkan keuntungan.
  4. 4. Pengertian ERP ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan.
  5. 5. Mengapa ERP? Bisnis yang saya jalankan ini untung atau rugi ya.. ?? Bagaimana bisa diketahui?
  6. 6. Mengapa ERP? Sangat berbeda dari situasi persaingan satu dekade lalu dimana perusahaan-perusahaan baik itu manufaktur maupun trading bisa terus bersaing hanya dengan mengandalkan insting dalam mengambil keputusan. saat ini dengan semakin kompleksnya variabel yang bergerak menentukan hasil menyebabkan perusahaan membutuhkan alat untuk mengukur.
  7. 7. Mengapa ERP? berefek kepada kecepatan proses serta meningkatnya keuntungan perusahaan. Alasan utama yang membuat sistem ERP sangat penting didalam bisnis ialah persentase keberhasilan perusahaan dalam efisensi akan meningkat. Solusi yang ditawarkan oleh sistem ERP membuat perusahaan mendapatkan otomatisasi bisnis proses yang tentu saja akan
  8. 8. Mengapa ERP? Laporan yang dihasilkan oleh ERP dapat digunakan pula dalam menganalisa strategi perusahaan kedepannya Sistem ERP banyak memberikan kemudahan di semua level dalam perusahaan mulai dari tingkat bawah sampai dengan tingkat managerial karena data yang dihasilkan oleh sistem dapat dijadikan sebuah acuan untuk menilai kinerja perusahaan di banyak elemen dalam waktu yang sangat cepat.
  9. 9. Mengapa ERP? ERP menjadi jembatan untuk menganalisa tingkat keberhasilan bisnis..
  10. 10. Bagaimana sistem ERP dibuat ?
  11. 11. Business Process Dalam prosesnya, pembuatan ERP harus didahului oleh analisa proses bisnis suatu perusahaan. Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.
  12. 12. Core Business Process ERP  Sell – Sales Distribution  Buy – Procurement  Plan – Production Planning  Make – Manufacturing  Track – Financial Accounting  Track – Controlling
  13. 13. Core Business Process ERP
  14. 14. Sales Distribution  Bagian SD (Sales and Distribution) merupakan divisi penting dalam sebuah perusahaan apapun.  Secara umum, gugus tugas divisi sales adalah menciptakan sales sejak kontak pertama kali dilakukan hingga sesudah sales support dan mencatatkannya secara prosedural ke dalam sistem.  Sedangkan bagian distribusi mengatur inventory di semua warehouse dan lokasi, memastikan distribusi ke semua outlet yang ada dengan jenis barang yang lengkap, dan melakukan tracking serta recording terhadap pergerakannya.
  15. 15. Sales Distribution
  16. 16. Procurement (MM) Procerement merupakan bagian ERP yang memiliki arti pengadaan atau pembelian barang pra-produksi. Proses procurement ini tidak hanya terkait dengan proses pembelian itu saja tetapi juga meliputi negosiasi-negosiasi barang dan pengambilan keputusan atas kontrak dengan pemasok barang yang dibutuhkan selama berjalannya proses produksi. Proses produksi tidak akan berjalan tanpa adanya pemasok barang. Sehingga proses procurement ini sangat mempengaruhi keberlangsungan proses bisnis yang akan dikerjakan.
  17. 17. Procurement
  18. 18. Production Planning Production planning adalah tahap untuk merencanakan produksi manufaktur maupun jasa dalam enterprise untuk selanjutnya diterapkan dalam proses manufacturing maupun material manajemen. Production Planning meliputi : Perencanaan Infrastruktur Perencanaan Material Perencanaan Sumber Daya Manusia dll
  19. 19. Manufacturing Manufacturing adalah tahap untuk melaksanakan proses produksi. Pembagian manufacturing berbeda satu sama lain antar enterprise. Misal dalam peternakan ayam, tahapan manufacturing adalah :  Pembibitan  Produksi Telur  Pengafkiran
  20. 20. Production Planning
  21. 21. Kesimpulan ERP ERP merupakan sistem informasi yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan.
  22. 22. Kesimpulan ERP (Lanjutan) Meski kebutuhannya berbeda, ERP harus mampu memenuhinya. Satu syarat yang tidak boleh ditawar-tawar lagi adalah terintegrasi, yang menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi.
  23. 23. Company Logo

×