Paradigma keperawatan menurut imogene king

471 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
471
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
4
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Paradigma keperawatan menurut imogene king

  1. 1. PARADIGMA KEPERAWATAN MENURUT IMOGENE KING MAKALAH MATA KULIAH: KEPERAWATAN PROFESIONAL DOSEN : INDRI HERI SUSANTI , S.Kep.,Ns DISUSUN OLEH: MARTINUS CATUR KURNIAWAN MELIANA RAHAYU MUJIONO STIKes HARAPAN BANGSA PURWOKERTO 2011/2012
  2. 2. BAB I. PENDAHULUAN Keperawatanmerupakansuatudisiplinilmudanprofesi yang memilikicirikhas yang berbedadaricabangilmudanprofesilainnya.Dalammenjalankantugasprofesidanpraktikkeilm uannya, praktisikeperawatanmempunyai pandangandasartersendiridalammenghadapiberbagaimac ampermasalahanyangada.Carapandangdasardalammelihatsuatupermasalahandalamsuatud isiplinilmudisebutdenganparadigma.Paradigmajugaseringdiartikansebagaisuatuperangkat bantuan yang memilikinilaidansangatmenentukanbagi penggunanyauntukdapatmemilikipoladancarapan dangdasardalammelihat, memikirkan, menentukanmaknasertamenyikapidanmemilihtindakandalammenyelesaikanmasalahkehid upanmanusia (Poerwanto,1997). Keperawatanadalahsuatuprofesi yang memberikanbantuanpadaindividudankelompokuntukmencapai, memeliharadanmempertahankanderajatkesehatandenganmemperhatikan, memikirkan, menghubungkan, menentukandanmelakukantindakanperawatansehinggaindividuataukelompokberprilaku yang sesuaidengankondisikeperawatan.Keperawatanberhubunganlangsungdenganlingkungan, tempatatauruangdanwaktuuntukmembentuksuatuhubunganmenanggulangi status kesehatandalam proses interpersonal reaksiinteraksidantransaksidimanaperawat dank lien berbagiinformasimengenaipersepsinyadalamkeperawatan.Kerangkainidikenaldengan system kerangkaterbuka Keperawatanadalah proses aksidaninteraksi, untukmembantuindividudariberbagaikelompokumurdalammemenuhikebutuhannyadanme nangani status kesehatannyapadasaattertentudalamsuatusikluskehidupan.
  3. 3. BAB II. ISI PEMBAHASAN A. PengertianParadigmaKeperawatan Sebagaimanapengertianumumtentangparadigmadiatas, makaparadigma keperawatandapatdiartikansebagaisuatucarapandang yang harusdimilikiolehperawatdalammemandangpermasalahan yang adadalamkehidupanmanusiabaikdalamrentangsehatmapunsakit.Sampaisekarangparadigm akeperawatanberfokuspadaempatkomponendasaryaitumanusia, lingkungan, keperawatandankesehatan. ParadigmaKeperawatanmenurut Imogene King 1. Manusia : Menurut King, manusiamerupakanmakhluksosial yang rasionaldanselaluingintahu. Manusiamemilikikemampuanuntukberfikir, berpersepsi, perasaan, memilihdanmenetapkantujuan, sertamembuatkeputusan.Karenaitu, manusiamemiliki 3 kebutuhandasar : - Manusiamembutuhkaninformasikesehatan yang dapatdigunakannya - Manusiamembutuhkanpencegahanterhadapsakit - Manusiamembutuhkanperawatansaatiamengalamisakit 2. Lingkungan : Lingkunganmerupakanlatarbelakanginteraksimanusia, terdiriatas : - LingkunganInternal :didalamnyaterdapattransformasienergi yangakanmemungkinkanmanusiauntukmengaturperubahanlingkunganeksternal -LingkunganEksternal :meliputiorganisasi formal daninformal. Keperawatanmerupakanbagiandarilingkunganklien. 3. Kesehatan : Menurut King, kesehatanadalahsuatupengalamandinamispadakehidupanmanusia, dimanahaltersebutmerupakanpenyesuaianterhadapadanya stressor lingkunganbaik internal maupuneksternaldenganmenggunakansumber-sumber optimum sehinggadicapaipotensiyangmaksimumdalammenjalankanaktivitassehari-hari. 4. Keperawatan : Keperawatandidefenisikansebagai proses aksi, reaksidaninteraksiantara perawatdanklien yang salingtukarmenukarinformasitentangpersepsikeduanyadankondisikeperawtan. Proses interaksiperawat-klienmelibatkankomunikasi, menentukantujuan, eksplorasidanmenyetujuimaknadaritujuan. - Aksi :didefenisikansebagaiperilaku mental danphisic - Reaksi :perilakutidakspesifik, tapibergantungpadaperilakuaksi - Tujuankeperawatan :membantuindividuuntukmempertahankankesehatan agar perannyadapatberfungsi.
  4. 4. B. KonsepSehatSakit Sejak dahulu sekitar abad 1 bahwa konsep sehat sakit telah dipergunakan walaupun pengertian masih sangat terbatas. Pada saat ini sehat banyak diartikan dalam kadar yang normal atau lazim yang terjadi pada individu dalam arti bahwa individu tersebut tidak merasakan keluhan sebaliknya sakit diartikan suatu keadaan yang tidak normal atau lazim pada diri seseorang, misalnya adanya keluhan pusing yang tidak tertahankan, panas, dan sebagainya, sehingga pada saat itu dapat disimpulkan bahwa sehat itu bukan dari suatu penyakit. Konsepsehat. Aturandinamikdari stressor dalamlingkungan external dan internal melaluipenggunaan optimal untukmencapaipotensimaksimaldalamkehidupansehari-hari. Pengertian Sakit. Pengertian sakit dalam bahasa inggris diartikan illness dan disease perbedaan kedua istilah ini sebagai berikut; 1. Illness: · Konsepnya abstrak. · Sifatnya subyektif. · Akibat mekanisme koping (pertahanan) tak adekuat. 2. Disease: · Suatu kondisi yang patologis · Terdapat sign dan symptom Menurut Imogene King, sakit adalah gangguan dalam siklus hidup.
  5. 5. C. KonsepUtamaKeperawatan Suatu proses interaksimanusiaantaraperawatdanklien. Konsepkonseputamadalamteoripencapaiantujuanadalahsebagaiberikut : 1. Interaksisebagai proses presepsidankomunikasiantara orang danlingkungandan orang dengan orang, di representasikanolehperilaku verbal dannonverbalyang di arahkanuntukmencapaitujuan. 2.Persepsisebagairepresentasisetiap orang tentang realitas. 3.Komunikasisebagai proses pemberianinformasidarisatu orang ke orang berikutnya, baiksecaralangsungatautidaklangsung. 4.Transaksisebagaimaksudtujuaninteraksi yang membawakepadapencapaiantujuan. 5.Peransebagiseperangkattingkahlaku yang diharapkand ari orang yang memiliki posisidalam system sosial, peraturan-peraturan yang menjelaskanhakhakdankewajiban-kewajiban. 6.Stresadalahtingkatandinamisdalainteraksiantaramanusiadenganlingkungan. 7.Pertumbuhandanpengembangansebagaiperubahanterus menerusdalamdiriindividusecaraselular, molekular, dantingkattingkataktivitasperilakukondosif untukmenolongindividuindividubergerakmenujukedewasaan. 8.Waktusebagaitahapankejadian- kejadianbergerakmenujukemasadepan. 9.Tempatsebagaikeberadaan di seluruhjarakdan di tempat yang sama. Waktumerupakandurasiantarakejadiandan yang lainsebagaipengalamanuniksetiapmanusia.
  6. 6. DAFTAR PUSTAKA http://sely-biru.blogspot.com/2010/08/konsep-sehat-sakit.html#ixzz1i0CxMyvM http://keperawatankomunitas.blogspot.com/2009/04/paradigma-keperawatan-menurutbeberapa.html http://www.scribd.com/doc/22920485/PARADIGMA-KEPERAWATAN

×