Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

[Rancangan Percobaan] Pengaruh Kelembapan terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan

6,308 views

Published on

Created and Uploaded by Agatha Christy Ernesta

Published in: Education
  • Be the first to comment

[Rancangan Percobaan] Pengaruh Kelembapan terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan

  1. 1. Pengaruh Kelembapan terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Created by: Team 3 of Biology Society
  2. 2. PENDAHULUAN
  3. 3. LATAR BELAKANG Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua aktifitas kehidupan yang tidak dapat dipisahkan, karena prosesnya berjalan bersamaan. Pertumbuhan diartikan sebagai suatu proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible, atau tidak dapat kembali ke bentuk semula. Sedangkan perkembangan adalah peristiwa perubahan biologis menuju kedewasaan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tetapi dengan perubahan bentuk tubuh (metamorfosis) dan tingkat kedewasaan. Sesuai pengan penjelasan diatas maka penulis akan membuat sebuah laporan pengamatan mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan khususnya dalam dunia tumbuhan yaitu tumbuhan kacang hijau.
  4. 4. TUJUAN PENELITIAN Tujuan dari percobaan ini adalah membuktikan bahwa kelembapan dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang hijau.
  5. 5. METODOLOGI PENELITIAN
  6. 6. Alat dan Bahan Biji Kacang Hijau 4 buah. Air. Tanah. Gelas air mineral 4 buah (wadah penanaman) Penggaris
  7. 7. Prosedur Kerja  Isi wadah gelas air mineral dengan tanah yang gembur.  Tanamkan biji kacang hijau ke masing masing wadah yang telah berisi tanah.  Kemudian letakkan tanaman pada tempat dengan kondisi yang konstan.  Siramlah dengan air tanaman biji kacang hijau tersebut dengan cara: *) Wadah pertama, siram dengan 100 ml air. *) Wadah kedua, siram dengan 200 ml air. *) Wadah ketiga, siram dengan 500 ml air. *) Wadah keempat, siram dengan 1.000 ml air.  Pertimbangkan bahwa tanaman tersebut mendapat sinar matahari yang cukup dan konstan.  Amati pertumbuhannya selama seminggu.  Ukurlah keadaan tumbuhan sesuai indikator dan catat di tabel pengamatan yang telah dirancang sebelumnya.
  8. 8. Tabel Pengamatan
  9. 9. Hipotesis Tanaman yang disiram dengan 200 ml air akan memiliki pertumbuhan paling baik karena kelembapannya paling tepat.
  10. 10. TERIMA KASIH

×