Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Aturan baru pak

Aturan Baru : Angka Kredit Jenjang Jabatan Guru

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Aturan baru pak

  1. 1. Aturan Baru: Angka Kredit dan Jenjang Jabatan Guru Posted on 14 Januari 2015 by Kak Ichsan Rate This Berdasarkan Peraturan Menpan RB No. 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pasal 2, yang dimaksud jabatan fungsional Guru adalah jabatan tingkat keahlian termasuk dalam rumpun pendidikan tingkat taman kanak-kanak, dasar, lanjutan, dan sekolah khusus. Kemudian Pasal 3 menyebutkan jenis Guru berdasarkan sifat, tugas, dan kegiatannya meliputi: a. Guru Kelas; b. Guru Mata Pelajaran; dan c. Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor. Jenjang jabatan dan pangkat guru dalam Per Menpan RB 16/2009 diatur sebagai berikut. Pasal 12 (1) Jenjang Jabatan Fungsional Guru dari yang terendah sampai dengan yang tertinggi, yaitu: a. Guru Pertama; b. Guru Muda; c. Guru Madya; dan d. Guru Utama. (2) Jenjang pangkat Guru untuk setiap jenjang jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), yaitu: a. Guru Pertama: 1. Penata Muda, golongan ruang III/a; dan 2. Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b; b. Guru Muda: 1. Penata, golongan ruang III/c; dan 2. Penata Tingkat I, golongan ruang III/d. c. Guru Madya: 1. Pembina, golongan ruang IV/a; 2. Pembina Tingkat I, golongan ruang IV/b; dan 3. Pembina Utama Muda, golongan ruang IV/c.
  2. 2. d. Guru Utama: 1. Pembina Utama Madya, golongan ruang IV/d; dan 2. Pembina Utama, golongan ruang IV/e. (3) Jenjang pangkat untuk masing-masing Jabatan Fungsional Guru sebagaimana dimaksud pada ayat (2), adalah jenjang pangkat dan jabatan berdasarkan jumlah angka kredit yang dimiliki untuk masing-masing jenjang jabatan. (4) Penetapan jenjang Jabatan Fungsional Guru untuk pengangkatan dalam jabatan ditetapkan berdasarkan jumlah angka kredit yang dimiliki setelah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang menetapkan angka kredit sehingga dimungkinkan pangkat dan jabatan tidak sesuai dengan pangkat dan jabatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2). Secara sederhana, jenjang jabatan guru dan angka kredit yang diperlukan untuk menduduki jabatan lebih tinggi (naik tingkat/ pangkat) dapat digambarkan dalam tabel berikut.
  3. 3. Angka Kredit Karya Tulis Ilmiah Posted on 17 Oktober 2008 by Kak Ichsan 8 Votes Guru dapat naik menjadi Guru Pembina Tk I (IV/b) apabila memenuhi 12 angka kredit dari unsur pengembangan profesi juga memenuhi jumlah angka kredit kumulatif yang disyaratkan, sebagaimana Keputusan Menteri PAN Nomor 84/1993, tanggal 24 Desember 1993. Berikut tabel nilai angka kredit karya pengembangan profesi atau karya tulis ilmiah sebagaimana Lampiran 1 keputusan Menpan tersebut. Unsur : Pengembangan profesi Subunsur : Melaksanakan kegiatan karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan. B u t i r Ukuran Penilaian Angka Kredit a. Karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survei dan atau evaluasi di bidang pendidikan yang dipublikasikan. 1) dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional. Setiap karya 12,5 2) dalam majalah ilmiah yang diakui oleh departemen yang bersangkutan Setiap karya 6 b. Karya ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survei dan atau evaluasi di bidang pendidikan yang tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasikan di perpustakaan sekolah. 1) dalam bentuk buku Setiap karya 8 2) dalam majalah ilmiah yang diakui oleh departemen yang bersangkutan Setiap karya 4 c. Karya tulis berupa tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan yang dipublikasikan 1) dalam bentuk buku diterbitkan dan diedarkan secara nasional Setiap karya 8 2) dalam majalah ilmiah yang diakui oleh departemen yang bersangkutan Setiap karya 4 d. Makalah berupa tinjauan atau ulasan Setiap 7
  4. 4. ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan yang tidak dipublikasikan tetapi didokumentasikan di perpustakaan sekolah. 1) dalam bentuk buku buku 2) dalam bentuk makalah Setiap makalah 3,5 e. Tulisan ilmiah populer di bidang pendidikan dan kebudayaan yang disebarluaskan melalui media massa. Setiap tulisan yang merupakan satu kesatuan 2 f. Menyampaikan prasaran berupa tinjauan, gahasan atau ulasan ilmiah dalam pertemuan ilmiah. Setiap kali 2,5 g. Buku pelajaran atau modul 1) bertaraf nasional 2) bertaraf provinsi Setiap buku Setiap buku 5 3 h. Diktat pelajaran Setiap diktat 1 i. Mengalihbahasakan buku pelajaran/karya ilmiah yang bermanfaat bagi pendidikan. Setiap buku/ karya ilmiah 2,5

×