Perkembangan Komputer

7,004 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
7,004
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
106
Actions
Shares
0
Downloads
46
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Perkembangan Komputer

  1. 1. Oleh : WidyaWahyuning PermataNadiah Mumtaz Darmawan SMP NEGERI 1 SIDOARJO
  2. 2.  Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Komputer Jaman Dahulu :
  3. 3.  Komputer Jaman Sekarang : Komputer Masa Depan :
  4. 4.  Mouse adalah perangkat penunjuk yang berfungsi dengan mendeteksi gerakan dua- dimensi relatif terhadap permukaan pendukungnya. Mouse Jaman Dahulu :
  5. 5.  Mouse Jaman Sekarang : Mouse Masa Depan :
  6. 6.  Perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU. CPU Jaman Sekarang :
  7. 7.  CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan.
  8. 8.  Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya. Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel. Keyboard Jaman Dahulu:
  9. 9.  Keyboard Jaman Sekarang : Keyboard Masa Depan :
  10. 10.  USB flash drive (sering juga USB flash drive ini disebut Flashdisk atau UFD) adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, dan ringan.
  11. 11. Printer atau pencetak adalah alat yangmenampilkan data dalam bentuk cetakan, baikberupa teks maupun gambar/grafik, di ataskertas. Printer biasanya terbagi atas beberapabagian, yaitu picker sebagai alat mengambilkertas dari tray. Tray ialah tempat menaruhkertas. Tinta atau toner adalah alat pencetaksesungguhnya, karena ada sesuatu yangdisebut tinta atau toner yang digunakan untukmenulis/ mencetak pada kertas. Perbedaantoner dan tinta ialah perbedaan sistem; toneratau laser butuh pemanasan, sedangkan tintaatau inkjet tak butuh pemanasan, hanyapembersihan atau cleaning pada print-headprinter tersebut.Ada pula kabel fleksibel untuk pengirimansinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner.Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Padabagian belakang printer biasanya ada portparalel atau USB untuk penghubung kekomputer.
  12. 12.  Pengeras suara Inggris loud speaker atau speaker saja) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar.

×