Tutorial Mikrotik Sebagai Gateway

500 views

Published on

Tutorial Mikrotik Sebagai Gateway

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
500
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tutorial Mikrotik Sebagai Gateway

  1. 1. Setting Routeer Sebagai GatewaySaya akan jelaskan step by step mengenai setting router ,pada tutorial kali ini saya tidak membahascara installasi mikrotik, mikrotik yang saya gunakan adalah PC yang dijadikan router.1. Anda harus mengetahui ada berapa ether/Lan card yang terpasang pada router anda,Gambar ini menunjukan bahwa Router yang digunakan ada 3 buah Ether/Lan Card yangnantinaya akan menentukan manasaja yang di jadikan WLAN dan LAN.2. Setelah anda mengetahui ether yang terpasang pada sebuah router ,maka saya gunakan ether1sebagai WLAN (internet) ,untuk seving ipnya ini sudah ditentukan oleh ISP anda.dari gambardibawah ini pertama saya seving IP ISP.
  2. 2. 3. Untuk seving IP address Pada Client pada perinsipnya sama, hanya saja ada sedikit perbedaanyaitu pada Interface/Ether mana yang nantinya ip tersebut di arahkan.Setelah disaving IP Internet dan IP Locak,maka akan tampak gambar dibawah ini :4. Setelah stting IP Address,langkah selanjutnya adalah setting gateway-nya dimana untuk sevingmerujuk pada langkah No. 3 yaitu dengan ip 10.10.0.1 ip ini yang akan dijadikan gateway.
  3. 3. 5. Berikutnya setelah setting Router selesai,maka setting DNS ,dan DNS ini sudah ditentukan olehmasing-masing ISP.6. Langkah terakhir anda buat NAT ,ip yang dijadikan nat nantinya adalah ip gateway yangdisetting sebagai ip LAN. berikut ini gambaranya.Lanjut...
  4. 4. 7. Berikut hasil akhir setting router .

×