Jawaban soal ujian akhir semester vi

5,479 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
5,479
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
70
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Jawaban soal ujian akhir semester vi

  1. 1. JAWABAN SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER VIMata Kuliah "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN"UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Nama : HUSNUL KHOTIMAHNIM : 2010.69.04.0004Jurusan / Prodi : Teknik Informatika--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Jawaban Nomor 1: • Sistem informasi terstruktur (Formal) yaitu sistem yang berjalan menurut norma-norma organisasi yang berlaku pada semua orang, sesuai dengan kedudukannya dalam organisasi. Sistem ini tergantung kepada tugas, wewenag, dan tanggung jawab yang dibebankan kepada pemegang jabatan organisasi. Contoh: Kenaikan pangkat pegawai, Kenaikan gaji berkala, dan sebagainya • Sistem Informasi tidak terstruktur (Non Formal) yaitu sistem yang berlaku di lingkungan organisasi melalui saluran-saluran tidak resmi, tetapi mempunyai pengaruh cukup kuat dalam kehidupan organisasi yang bersangkutan (Gordon,1999). Contoh: Surat izin tidak masuk karyawan, dan sebagainyaJawaban Nomor 2:Aktifitas-aktifitas manajemen yang terdapat dalam: 1. Pengendalian Operasional adalah proses penempatan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasional menggunakan prosedur dan aturan keputusan yang telah ditentukan lebih dahulu dalam jangka waktu yang relatif pendek. Dukungan pengolahan untuk pengendalian operasional terdiri atas: pengolahan transaksi, pengolahan laporan, dan pengolahan pertanyaan. etiga jenis pengolahan berisikan berbagai macam pembuatan keputusan yang melaksanakan aturan keputusan yang telah disetujui atau menyajikan suatu keluhan yang mengeluarkan yang akan diambil (Gordon,1999). 2. Pengendalian Manajemen diperlukan oleh berbagai manajer bagian, pusat laba dan sebagainya untuk mengukur prestasi, memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk ditetapkan personalian operasional dan mengalokasikan sumber daya. Proses pengendalian manajemen memerlukan jenis informasi yang berkaiatan dengan tingkat ketelitian yang lebih tinggi menyangkut: pelaksanaan yang direncanakan, alasan adanya perbedaaan, dan analisa atas keputusan atau arah tindakan yang mungkin. 3. Perencanaan Strategi mengembangkan strategi sebagai sarana suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Kegiatan perencanaan strategi tidak mempunyai keteraturan meskipun sebenarnya bisa dijadwalkan dalam periode waktu yang relatif panjang. Informasi yang dibutuhkan haruslah memberikan gambaran yang lengkap dan menyeluruh, walaupun tidak mempunyai ketelitian yang tinggi.
  2. 2. Jawaban Nomor 3:proses dalam pengontrolan informasi:Semua data mentah yang di perolah di kumpulkan menjadi satu dan di proses. padaproses itu data di bedakan menjadi dua, yakni informasi yang berguna dan informasiyang tidak berguna. dan untuk selanjutnya informasi yang tidak berguna akan dibuang.Jawaban Nomor 4:Dalam perjalannya Sistem Informasi Manajemen tidak serta merta langsung menjadisebuah sistem yang seperti kita rasakan saat ini melainkan ada tahapan-tahapanperkembangan dari sistem yang terfokus untuk menghimpun,menyimpan danmemproses data saja sampai terciptanya sistem yang mengelola data tersebut menjadisebuah informasi dan dari informasi tersebut terciptalah sistem pendukung keputusanseperti: • Fokus awal pada data (EDP) • Fokus baru pada Informasi (SIM) • Fokus Revisi pada pendukung keputusan (DSS)Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Komputer: • Sistem Informasi Eksekutif (Exceutive Information System -EIS-) : merupakan sistem yang dirancang khusus bagi manager pada tingkat perencanaan strategis. • Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System) : merupakan subjek dari SIM yang menyediakan informasi untuk memecahkan masalah pemasaran perusahaan. • Sistem Informasi Manufaktur (Manufacturing Information System): Merupakan subsistem SIM yang menyediakan informasi untuk digunakan dalam pemecahan masalah manufaktur .Jawaban Nomor 5:Perbedaan antara EDP, DSS dan SIM.EDP • melakukan pemrosesan data secara berulang kali terhadap data yang sejenis dengan bentuk pemrosesan yang relatif sederhana. • menggunakan metode otomatis dalam pengolahan data komersil. • koksistensi pengolahan dan ketergantungan terhadap bukti pendukung elektronik.DSS • menawarkan fleksibilitas, adaptilitas dan respon yang cepat. • DSS dapat bekerja dengan hanya mengandalkan sedikit bantuan, bahkan tanpa bantuan seorang proggramer. • DSS menyediakam bantuan untuk pengambilan keputusan dan masalah yang jalan keluarnya tidak dapat di spesifikasi. • DSS menggunakan peralatan dan metode analisis data yang mutakhir.
  3. 3. SIM • Mendukung pengambilan keputusan yang bersifat terstruktur pada level operasional dan manajemen. • Umumnya SIM berorientasi pada laporan dan pengawasan. SIM di desain untuk membantu membuat laporan kegiatan yang ada serta menyediakan pengawas harian terhadap kegiatan tersebut. • SIM bergantung pada data gabungan dan alur data. • SIM tidak terlalu memiliki kemampuan analisis. • umumnya digunakan untuk mengambil keputusan dengan menggunakan data lampau dan data kini. • relatif tidak fleksibel dan lebih memiliki orientasi internal dari pada eksternal.Jawaban Nomor 6:Keamanan Sistem mengacu pada perlindungan terhadap semua sumber daya informasiperusahaan dari ancaman oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.Ancaman-ancaman terhadap keamanan sistem informasi antara lain:a. Kerusakan perangkat keras.b. Perangkat lunak tidak berfungsi.c. Tindakan-tindakan personal.d. Penetrasi akses ke terminal.e. Pencurian data atau peralatan.f. Kebakaran.g. Permasalahan listrik.h. Kesalahan-kesalahan pengguna.i. Program berubah.j. Permasalahan-permasalahan telekomunikasiJawaban Nomor 7:Proses dalam pengambilan keputusan dalam organisasi mencakup:a. Identifikasi dan diagnosis masalahb. Pengumpulan dan analisis data yang relevanc. Pengembangan dan evaluasi alternatif-alternatifd. Pemilihan alternatif terbaike. Implementasi keputusan dan evaluasi terhadap hasil-hasilKerangka kerja dalam pengambilan keputusan mencakup:a. Sistem pengambilan keputusanb. Pengetahuan tentang hasilc. Tanggapan keputusan
  4. 4. d. Uraian tentang pengambilan keputusane. Kriteria untuk pengambilan keputusanf. Inferensi statistik klasikg. Relevansi Metode Keputusan pada Perancangan SIMJawaban Nomor 8:James H. Moor menyataka alas an pentingnya etika komputer ada 3, yaitu :1. Kelenturan Logika (Logical Malleability)Kelenturan logika oleh moor adalah kita mampu memprogram komputer untukmelakukan apapun yang kita inginkan. Komputer bekerja akurat seperti yangdiinstruksikan programernya. Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap teknologikomputer karena apabila komputer digunakan untuk aktivitas yang tidak etis, makaorang yang berada di belakang komputer yang harus dipersalahkan.2. Faktor TransformasiAlas an etika komputer menjadi demikian penting karena terbukti bahwa penggunaankomputer tellah mengubah secara drastis cara-cara kita dalam melakukakn sesuatu.Inilah yang dimaksud factor transformasi. Kita bisa melihat jelas transformasi yangterjadi dalam caramelakukan tugas-tugas perusahaan. Contohnya surat elektronik (E-mail).3. Faktor Tidak Terlihat (Invisibility Factor)Alas an ketiga perlunya etika komputer karena umumnya masyarakat menganggapkomputer sebagai “kotak hitam” karena semua operasi internal komputer tidak dapatdilihat secara langsung. Tersembunyinya operasi internal komputer membuka peluanguntuk membuat program secara sembunyi, membuat kalkulasi kompleks diam-diam,bahkan penyalahgunaan dan pengrusakan tiak terlihat.

×